Perawat Homecare

Perawatan Luka Infeksi, Cara Mudah Agar Cepat Sembuh

By Perawathomecare Writer

 

Perawatan luka infeksi jadi prosedur penting ketika seseorang mengalami cedera. Terlebih jika cedera terjadi pada bagian kulit. Kulit sendiri merupakan bagian yang cukup lebar dan luas.

Jika terjadi cedera terbuka terutama pada kulit penting untuk mendapatkan perawatan secara intensif. Karena jika cedera terbuka tidak mendapat penanganan secara segera, dapat menyebabkan infeksi.

Pengertian dan Tujuan Perawatan Luka Infeksi

Merawat luka secara segera merupakan langkah untuk mencegah terjadinya infeksi. Penyebab dari masalah ini sendiri yaitu bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit. Meski menangani cedera terlihat sebagai tindakan sepele, tetapi memiliki tujuan penting bagi kesehatan.

Hal ini sendiri berkaitan dengan kulit sebagai salah satu bagian tubuh yang penting. Fungsinya yaitu untuk mengatur suhu tubuh, menghasilkan vitamin, serta indra peraba. Sebagai bagian tubuh terluar, kulit sangat rentan untuk mengalami cedera.

Untuk tujuan dari melakukan penanganan cedera ini sendiri yaitu agar tidak semakin buruk. Bahkan menimbulkan masalah kronis hingga kondisi berbahaya. Oleh sebab itu, penanganan terhadap cedera luar sangat dibutuhkan.

Untuk mencegah cedera memburuk bisa menggunakan layanan Perawat HomeCare agar mendapatkan perawatan secara tepat. Karena perawat sudah terlatih dan memiliki sertifikasi dalam penanganan berbagai masalah terkait cedera bagian luar.

Beberapa jenis luka bisa jadi membutuhkan penanganan lebih serius agar tidak terjadi infeksi. Berikut beberapa tujuan dari menggunakan Perawat HomeCare, baik untuk anak-anak maupun dewasa:

  1. Membersihkan Luka Secara Menyeluruh

Tujuan utama dari perawatan luka infeksi adalah untuk membersihkan cedera secara menyeluruh. Termasuk di dalamnya sel-sel mati bahkan nanah. Dengan melakukan ini dapat mencegah dari terjadinya infeksi.

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan

Tujuan berikutnya yaitu membantu cedera sembuh lebih cepat. Salah satu caranya yaitu mengganti perban secara berkala.

  1. Meminimalisir Bekas

Tujuan lainnya yaitu mencegah adanya bekas yang timbul akibat luka. Selain itu, juga mencegah terbentuknya keloid.

Baca juga tentang : Solusi Luka Sedang dan Berat Mencegah Infeksi

Perawatan Luka Infeksi yang Bernanah

Luka bernanah jadi salah satu jenis yang cukup sering terjadi. Cara dalam mengobati biasanya menggunakan berbagai obat agar membuat cedera cepat kering. Oleh sebab itu, mengobati cedera bernanah membantu membuatnya jadi cepat kering secara tepat.

Nanah sendiri merupakan cairan berwarna dengan tekstur kental dan berbau tidak enak. Warna dari nanah bisa hijau, putih, serta kuning. Munculnya nanah ini sendiri sebagai tanda jika cedera telah terinfeksi bakteri.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan penanganan secara tepat. Melalui penanganan secara tepat juga membantu mencegah terjadinya komplikasi penyakit. Ada beberapa cara bisa dilakukan sebagai perawatan luka infeksi akibat nanah.

Salah satu hal yang perlu jadi perhatian adalah mengobati luka agar cepat kering. Untuk mengobatinya biasanya membutuhkan penggunaan salep antibiotik. Meskipun berbagai jenis salep tersedia secara luas di apotek, namun penggunaannya tetap tidak boleh sembarang.

Cara termudah untuk memastikan penggunaan obat tepat adalah dengan menggunakan jasa Perawat HomeCare. Selain dapat memastikan penggunaan obat tepat, fungsi lainnya yaitu membantu membuat cedera cepat sembuh melalui penanganan yang benar.

Tidak hanya sebagai pertanda terjadinya infeksi, keberadaan nanah juga karena berbagai faktor. Berikut beberapa faktor penting yang menjadi pengaruh terjadinya luka yang bernanah:

  1. Faktor dari Dalam

Ini mempunyai arti sebagai faktor yang berasal dari diri sendiri. Faktor dari diri sendiri contohnya adalah orang dengan riwayat diabetes. Jika terluka biasanya akan rentan jadi lebih parah.

Baca juga tentang : Penyebab Luka Diabetes Semakin Parah

  1. Usia

Faktor berikutnya yaitu karena pengaruh umur. Orang dengan yang telah berusia tidak lagi muda biasanya mempunyai tubuh cukup rentan. Agar cedera lekas sembuh, tubuh membutuhkan kemampuan penyembuhan sendiri, namun tubuh mempunyainya.

  1. Faktor Luar

Perawatan luka infeksi bernanah juga terpengaruh oleh faktor luar. Cedera penderita bisa bernanah jika ada luka terbuka. Itu sebabnya penting untuk membersihkan secara sempurna agar debu maupun bakteri tidak menempel.

Ketahui Perawatan Infeksi Pasca Operasi

Perawatan pasca operasi sangat berguna demi mencegah terjadinya komplikasi maupun infeksi. Selain berguna mencegah timbulnya infeksi, memiliki fungsi lain berupa mempercepat proses pemulihan. Sekaligus menjadi dukungan bagi pasien agar sembuh lebih cepat.

Penanganan ini tidak hanya pada orang dewasa, anak kecil dan remaja juga perlu untuk mendapatkannya. Selain demi mencegah terjadinya komplikasi setelah operasi, penting juga guna memaksimalkan hasil dari operasi. Ini karena tindakan pasca operasi juga menjadi tolak ukur keberhasilan operasi. Berikut beberapa cara merawat pasien pasca operasi:

  1. Menjaga Bekas Operasi Agar Tetap Kering

Langkah pertama dalam perawatan luka infeksi pasca operasi adalah dengan menjaga agar tetap kering. Bahkan selama 24 jam ke depan, tidak boleh terkena air sama sekali. Untuk membersihkan dapat menyeka menggunakan spons maupun kain saja.

Jika bekas pasca operasi basah dapat mengakibatkan cedera kembali terbuka. Cara lebih mudah dalam penanganan pasien pasca operasi yaitu dengan menggunakan jasa Perawat HomeCare agar cepat sembuh.

  1. Melakukan Pergantian Perban Berkala

Hal berikutnya yang perlu jadi perhatian adalah menjaga perban tetap bersih. Keberadaan perban ini berguna dalam melindungi bekas operasi serta memberikan waktu agar cepat sembuh.

  1. Melindungi Jahitan

Dalam merawat pasien pasca operasi, apalagi jika jenisnya bedah, sangat penting menjaga jahitan. Terlebih jika operasi pada bagian perut. Berbeda dengan bagian lain, perut jadi bagian tubuh yang membutuhkan perhatian khusus.

Hal ini karena bekas operasi di perut sangat rentan mengalami robek daripada bagian tubuh lainnya. Penyebabnya adalah tekanan pada perut cukup sering mengalami peningkatan.

Baca juga tentang : Manfaat Layanan Homecare untuk Pemulihan Pasca Operasi

Ini Dia Penanganan Pada Luka Bakar

Perawatan luka infeksi berikutnya akibat terbakar. Derajat terbakar menjadi penentu kerusakan jaringan akibat suhu panas. Setiap derajat kebakaran mempunyai tingkat keparahannya sendiri serta risiko berbeda.

Oleh sebab itu, sangat penting merawat luka bakar agar tidak menyebabkan kerusakan lebih dalam. Salah satu cara dalam mengatasi tingkat keparahan akibat terbakar yaitu menggunakan jasa Perawat HomeCare.

Cara ini menjadi solusi agar cedera dapat mendapat penanganan secara tepat. Kulit yang mengalami kerusakan jaringan akibat terbakar perlu mendapatkan penanganan secara khusus. Berikut beberapa hal yang perlu jadi perhatian ketika merawat cedera akibat terbakar:

  1. Mengetahui Derajat Keparahan

Perawatan luka infeksi akibat terbakar mempunyai beberapa derajat keparahan. Dari mulai ringan sampai dengan berat. Tingkat 1 yaitu kerusakan pada bagian lapisan luar. Untuk proses penyembuhan, bisa sembuh dengan sendirinya dan tidak mengkhawatirkan.

Sementara tingkat 2 membutuhkan penanganan khusus namun tidak perlu operasi. Kerusakan terjadi pada bagian luar dan sedikit lapisan agak dalam. Pada tingkat 3, penderita membutuhkan operasi sebagai metode penanganan.

  1. Pengobatan Berdasarkan Derajat Keparahan

Hal lain yang perlu jadi perhatian ketika ada luka bakar adalah mengetahui cara mengobatinya. Dalam proses pengobatannya berbeda berdasarkan tingkat keparahan. Dengan mengetahui tingkat keparahan, dapat melakukan pengobatan secara sesuai.

Jika perawatan luka infeksi tidak dilakukan secara tepat dapat menyebabkan permasalahan serius. Oleh sebab itu, penting mengobati berdasarkan tingkat keparahan. Dapat melalui penggunaan obat-obatan hingga operasi jika terlalu parah.

Pada tingkat 1 dan 2, penderita hanya membutuhkan obat-obatan untuk menangani. Sementara pada tingkat 3, pasien membutuhkan operasi dan perawatan setelahnya.

Ketika tubuh mengalami luka dan tidak mendapatkan penanganan secara tepat dapat menyebabkan infeksi. Oleh sebab itu, penting mengetahui jenis-jenis luka dan penyebabnya sehingga bisa memperoleh penanganan secara tepat.

Agar perawatan luka baik itu pada anak-anak maupun dewasa dapat berjalan secara tepat, dapat menghubungi Perawat HomeCare di nomor +62 895-03800-997. Dengan menggunakan Perawat HomeCare perawatan luka infeksi jadi lebih mudah untuk dilakukan.

More To Explore

Ingin tahu lebih lanjut atau hendak memesan layanan Perawat Homecare?

Tekan tombol di bawah untuk informasi selanjutnya
Paket Layanan Kami

Tekan tombol di bawah untuk informasi selanjutnya