Perawat Homecare

Jenis Teknologi Medis untuk Merawat Lansia di Rumah

By Perawathomecare Writer

Jenis teknologi medis yang seringkali digunakan untuk merawat lansia di rumah tentunya perlu untuk Anda pahami. Kemajuan beberapa teknologi tersebut tentunya telah memberikan solusi yang sangat inovatif khususnya untuk membantu dalam perawatan orang-orang lanjut usia dengan tujuan untuk efisiensi dan keefektifan.

Mulai dari alat pemantau kesehatan dan berbagai hal-hal lain seperti sensor yang mampu memberikan pemantauan mandiri dan perawatan secara intensif membuat keberadaan teknologi ini semakin perlu untuk diperhatikan secara maksimal sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan masing-masing.

Teknologi ini juga tidak hanya meningkatkan kapasitas hidup lansia tetapi juga mampu untuk memberikan kemudahan bagi para perawat dan keluarga dalam memberikan perawatan yang terbaik.

miniatur rumah yang bersampingan dengan stetoskop

Jenis Teknologi Medis Paling Banyak Digunakan dalam Merawat Lansia

Beberapa rekomendasi Berikut ini akan membahas mengenai rekomendasi dari jenis teknologi medis yang sangat populer dan tentunya terkini serta seringkali digunakan untuk merawat lansia di dalam rumah.

Dengan memanfaatkan beberapa teknologi berikut tentunya akan membuat Anda memiliki gambaran gambaran lebih spesifik terkait apa saja yang perlu untuk diperhatikan dan tentunya disiapkan agar pola kehidupan lansia menjadi lebih maksimal.

  1. Sensor Pemantau Kesehatan

Jenis teknologi medis pertama yang seringkali digunakan untuk merawat lansia khususnya di dalam rumah adalah sensor pemantau kesehatan. Teknologi ini Tentunya mencakup berbagai hal-hal penting terutama dalam kesediaan alat-alat yang sangat beragam.

Salah satunya alat yang dapat untuk memantau tanda-tanda vital seperti kondisi tekanan darah, kemudian detak jantung, hingga kadar oksigen secara Real Time. Aspek ini sangat berguna untuk mendeteksi kondisi medis yang memerlukan perhatian segera.

Dengan adanya pemantau secara sensorik tersebut maka semua perawat lansia diharapkan mampu untuk lebih efektif dalam menangani berbagai keluhan-keluhan yang terjadi terutama apabila terjadi gangguan kesehatan secara mendadak.

Misalnya karena tekanan darah tinggi akibat salah mengonsumsi makanan atau bahkan kondisi Oksigen yang tidak memadai sehingga mampu menimbulkan sesak napas. Melalui pemantauan alat tersebut maka perawat bisa mengambil inisiatif untuk pengobatan yang lebih cepat agar secara keseluruhan kendala tersebut bisa terselesaikan secara maksimal.

Baca juga tentang : Memenuhi Kebutuhan Cairan Lansia Bersama Perawat HomeCare

  1. Telemedicine

Jenis teknologi medis yang seringkali juga digunakan oleh perawat dalam membantu lansia di dalam rumah adalah telemendicine. Alat ini umumnya berguna untuk melakukan konsultasi secara maksimal dalam kondisi jarak yang sangat jauh.

Seringkali beberapa lansia tentu tidak bisa 24 jam dipantau dan dijaga oleh perawat. Sehingga jika ada kendala-kendala serius yang memungkinkan untuk dibawa ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat. Maka sebelumnya lansia tersebut bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada perawatnya melalui teknologi yang dikenal dengan telemendicine tersebut.

Hal ini tentunya sangat membantu untuk memberikan pertolongan pertama apabila ada kendala-kendala atau bahkan pertanyaan-pertanyaan mendesak yang mengganggu kondisi lansia.

Dengan adanya alat ini maka kemungkinan besar bisa sangat memberikan solusi sangat cepat daripada harus pergi ke fasilitas kesehatan yang tentunya bisa saja jaraknya jauh dan memakan waktu lama.

  1. Aplikasi Kesehatan Khusus Monitoring

ilustrasi gambar 2 orang perawat sedang tersenyum di depan rumah biru

Jenis teknologi medis berikutnya yang juga seringkali digunakan oleh perawat dalam membantu lansia di dalam rumah adalah aplikasi kesehatan khusus monitoring secara mandiri. Perlu untuk Anda pahami Bahwa saat ini tersedia beberapa aplikasi kesehatan yang memang membantu untuk para lansia dalam memantau kesehatannya secara mandiri.

Tujuannya tentu untuk mempertimbangkan apakah ada kondisi-kondisi yang perlu ditangani secara khusus atau bahkan cukup ringan. Melalui aplikasi ini secara tidak langsung akan sangat membantu para lansia dan perawat untuk melacak apa saja obat-obat yang harus diminum, kemudian jadwal janji control/medis dan tentunya aktivitas sehari-hari.

Dengan begitu maka antara lain dan perawat juga bisa saling memberikan pengingat dan alarm apabila terjadi atau bahkan sampai pada waktu-waktu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Aplikasi ini juga sangat membantu untuk memberikan kesadaran dan percepatan dalam proses penyembuhan atau bahkan perawatan.

Baca juga tentang : Sakit Kepala Pada Lansia yang Wajib Diwaspadai

  1. Robot Asisten

Robot asisten merupakan jenis teknologi medis berikutnya yang juga banyak mendapatkan perhatian penting. Apalagi beberapa perawat lansia di dalam rumah seringkali menggunakannya sebagai alat bantu proporsional dalam proses penyembuhan atau bahkan membantu kondisi-kondisi lansia.

Salah satunya adalah robot seperti paro dan paper yang memang seringkali digunakan untuk memberikan dukungan emosional dan fisik. Perlu anda pahami bahwa dukungan emosional dan fisik ini tentunya sangat perlu untuk dilakukan, alasannya karena lansia seringkali memiliki kendala-kendala fisik atau bahkan emosional yang tidak stabil.

Paro adalah jenis teknologi medis dalam bentuk robot anjing laut yang akan memberikan kenyamanan kepada lansia dalam menemani atau bahkan memberikan hiburan kepada lansia dalam menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari.

Sementara robot seperti paper dapat berinteraksi dan membantu dalam menyelesaikan tugas sehari-hari kombinasi dua contoh perabot asisten ini tentu sangat menjadi salah satu hal yang perlu untuk dikembangkan untuk menjaga masa tua yang bahagia

  1. Alert System

Personal alert system merupakan rekomendasi berikutnya dari jenis teknologi medis yang seringkali digunakan oleh perawat lansia di dalam rumah untuk mendukung kinerja dan aktivitas sehari-hari.

Sistem tersebut akan memungkinkan para lansia untuk menghubungi perawat atau bahkan beberapa orang ketika terjadi hal-hal yang cukup mendasar sehingga memerlukan bantuan darurat. Cukup menekan tombol pada alat tersebut sistem ini sangat penting untuk memberikan keselamatan mereka di rumah terutama jika kondisi di dalam rumah sendiri.

Beberapa antisipasi kasus yang mungkin bisa saja terjadi adalah ketika lansia di dalam rumah sendirian dan kebetulan terjadi bencana seperti gempa bumi, banjir atau bahkan kebakaran, maka perlu pertolongan darurat.

Caranya adalah dengan menggunakan personal alert system tersebut untuk menghubungi beberapa orang mulai dari perawat, keluarga atau bahkan pihak keamanan terdekat agar segera mendapat pertolongan.

Baca juga tentang : Berbagai Tugas Perawat Lansia

  1. Internet of Medical Things (IoMT)

Jenis teknologi medis terakhir yang menjadi pertimbangan penting dan seringkali digunakan oleh para perawat lansia di dalam rumah adalah internet of medical things atau yang biasa disebut dengan jaringan perangkat medis dengan kesesuaian yang terhubung melalui internet.

Salah satu manfaatnya dan tujuannya adalah untuk memonitor bagaimana kondisi kesehatan pasien secara real time dan tentunya bisa memberikan data akurat kepada perawat dan dokter apabila diperlukan.

Khususnya jika terjadi beberapa masalah-masalah fisik atau bahkan metabolisme tubuh yang cukup mengganggu sehingga perlu untuk mendapatkan perawatan secara langsung.

Apabila anda merasa penting untuk menggunakan jenis alat di atas maka kami merekomendasikan kepada anda untuk menggunakan jasa dari Perawat Homecare. Dengan adanya Perawat HomeCare dapat membantu anda dalam menyediakan alat tersebut untuk kebutuhan perawatan lansia di dalam rumah.

Kini Anda dapat merasakan layanan kami dengan aman dan praktis untuk memenuhi kebutuhan beberapa teknologi yang memadai khususnya dalam menstimulus kesehatan lansia, cukup hubungi kami segera di +62 895-03800-997. Hubungi Perawat HomeCare untuk berkonsultasi lebih lanjut mengenai jenis teknologi medis dan perawat handal bagi lansia atau keluarga Anda.

More To Explore

Ingin tahu lebih lanjut atau hendak memesan layanan Perawat Homecare?

Tekan tombol di bawah untuk informasi selanjutnya
Paket Layanan Kami

Tekan tombol di bawah untuk informasi selanjutnya