Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Kenali Macam-macam Injeksi Obat dan Prosedur Pemakaiannya

By Perawathomecare Writer

 

Macam-macam injeksi obat ternyata ada beberapa yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Injeksi atau suntik merupakan jenis tindakan medis yang sering dilakukan oleh perawat kepada seorang pasien dengan tujuan tertentu.

Secara umum, 90 persen keberadaan injeksi dikerjakan dengan tujuan terapeutik, sementara sisanya sebagai tindakan preventif. Suntik harus dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah profesional dan terlatih supaya tidak menimbulkan risiko.

Keamanan tindakan medis satu ini sudah terbukti apabila dilakukan oleh ahlinya, sehingga tidak membuat khawatir pasien yang diobati. Dalam melakukan tindakan suntik harus menjaga kebersihan dari alat maupun lingkungan sekitarnya.

Karena macam-macam injeksi obat memerlukan alat steril agar tidak terkena virus jika peralatan suntik digunakan secara berulang. Dalam dunia medis, macam injeksi obat bisa menyesuaikan kegunaan beserta sasarannya.

Agar tidak bingung, kami sudah merangkum berbagai jenis injeksi yang perlu Anda tahu mulai sekarang juga. Ketahui jenis-jenis injeksi atau suntik obat untuk meningkatkan pengetahuan dalam dunia medis.

4 Macam-Macam Injeksi Obat dan Fungsinya

Cara pemberian obat lewat suntikan alias injeksi disebut dengan jalur parenteral. Injeksi parenteral merupakan pemberian obat lewat infus maupun suntikan atau medium lain yang dimasukkan melalui saluran pencernaan.

Apabila Anda ingin mengetahui macam-macam suntik, pastikan ikuti penjelasan ini sampai akhir. Berikut adalah 4 jenis injeksi yang disertai dengan fungsinya untuk proses penyembuhan pasien ketika mengalami gangguan kesehatan tertentu.

  1. Injeksi Subkutan

Injeksi subkutan merupakan proses suntik obat ke dalam jaringan lemak di bawah kulit. Jenis ini termasuk injeksi yang cukup mudah daripada macam suntik lainnya, oleh karena itu bisa dilakukan sendiri.

Diri sendiri bisa melakukan suntik subkutan apabila sudah diajarkan oleh perawat sebagai ahlinya. Kebanyakan orang menggunakan injeksi subkutan adalah penderita diabetes dengan suntik insulin ke dalam tubuh lewat saluran cerna.

  1. Injeksi Intravena

Macam-macam injeksi obat berikutnya adalah suntik intravena yang dilakukan dengan memasukkan jarum langsung ke pembuluh dara vena. Dalam proses penyuntikkan perlu infus sebagai alat memasukkan obat secara intravena.

Obat intravena secara umum diberikan sekali melalui infus dengan dosis yang tepat. Efek kerja obat dari injeksi intravena jauh lebih cepat daripada subkutan maupun intramuskular sehingga banyak perawat medis menerapkannya.

  1. Injeksi Intramuskular

Intra memiliki arti dalam, sedangkan muskular berarti otot, di mana suntik intramuskular dilakukan dengan menyuntikkan obat ke dalam otot. Suntik intramuskular paling sering digunakan untuk proses pemberian vaksin.

Macam-macam injeksi obat intramuskular antara lain antiobiotik dan obat hormon. Penyuntikkan dengan intramuskular dipilih biasanya karena dosis obat lebih besar sehingga tidak masuk lewat mulut untuk mengurangi risiko efek samping.

  1. Injeksi Intratekal

Berikutnya, terdapat suntik obat intratekal yang dilakukan dengan memasukkan obat di antara ruas tulang belakang bagian bawah. Obat yang disuntik akan masuk ke ruang di sekitar sumsum tulang belakang pasien.

Cara ini dilakukan karena obat harus segera bekerja untuk otak, selaput otak, atau sumsum tulang belakang. Kebanyakan obat dimasukkan secara intratekal berupa obat anti nyeri untuk ibu hamil.

Baca juga artikel kami tentang : Penerima Injeksi Vitamin Booster penjelasannya

Prosedur Waktu Pemakaian Injeksi Secara Tepat

Jika orang masih awam, pasti akan penasaran dengan prosedur penggunaan injeksi secara tepat. Oleh karena itu, kami akan membagikan waktu seseorang yang membutuhkan pengobatan dengan cara paranteral atau suntikan.

Pertama, prosedur waktu menggunakan suntik obat ketika pasien baru saja menyelesaikan operasi besar di saluran pencernaan. Setelah operasi tersebut membuat kerja saluran cerna sementara waktu akan terganggu, makanya memilih suntik.

Selain itu, macam-macam injeksi obat diberikan kepada seseorang jika membutuhkan pengobatan dengan hasil bekerja sesegera mungkin. Kebutuhan mendesak terhadap kinerja obat sesegera mungkin bisa menggunakan teknik injeksi.

Prosedur menerapkan suntikan juga dapat berlangsung ketika jenis obat hanya terdiri dalam bentuk injeksi parenteral. Hal ini membuat obat tidak bisa masuk melalui saluran pencernaan atau mulut pasien.

Waktu suntik dilakukan ketika kebutuhan dosis lebih besar sehingga harus dieksekusi secara tepat dan berkelanjutan. Melalui injeksi, pasien tidak akan merasakan efek samping obat berlebihan seperti mengonsumsi lewat saluran pencernaan.

Keunggulan Perawat HomeCare Jasa Suntik Vitamin

Setelah mengetahui macam-macam injeksi obat, Anda dapat menggunakan layanan Perawat HomeCare sebagai jasa suntik injeksi tepercaya. Ada beberapa keunggulan kami yang bisa memberikan keuntungan bagi Anda ketika mempercayai Perawat HomeCare.

  1. Servis Cepat

Kami dapat memberikan layanan suntik obat maupun vitamin dengan servis yang cepat. Kemudahan menggunakan layanan kami bisa dipesan secara online lewat website resmi Perawat HomeCare yang bersedia 24 jam nonstop.

  1. Efektif

Menggunakan jasa layanan kami jauh lebih efektif karena Anda tidak perlu pergi keluar. Cukup di rumah, pasien akan didatangi tenaga ahli dari kami untuk memperoleh layanan injeksi sesuai kebutuhan.

  1. Aman

Tenaga perawat profesional kami telah berpengalaman sehingga dapat menggunakan macam-macam injeksi obat sesuai kebutuhan pasien. Keamanan terjamin karena perawat Perawat HomeCare sudah terjamin profesional tanpa perlu diragukan lagi.

  1. Harga Terjangkau

Anda dapat memperoleh layanan cepat, efektif, dan aman dari perawat profesional dengan harga terjangkau. Layanan home visit dengan Perawat HomeCare dengan harga mulai dari Rp 199.000 saja.

  1. Tanpa Antre

Jika Anda tidak ingin ribet antre, maka jawabannya adalah menggunakan layanan macam-macam injeksi obat dan vitamin dari kami. Layanan berlangsung di rumah pasien dengan home visit tidak perlu menunggu antrean.

  1. Berkualitas

Kami memiliki keunggulan lain seperti layanan infus dan suntik dengan kualitas terbaik. Setiap alat suntik obat vitamin kami jamin steril dan selalu menggunakan alat baru sehingga meningkatkan kualitas pengobatan.

  1. Tepercaya

Banyak pelanggan sudah menggunakan jasa kami sebagai salah satu home care terbaik dan tepercaya di Indonesia. Anda tidak perlu ragu ketika ingin menggunakan jasa kami mulai dari sekarang juga.

Suntik Vitamin di Perawat HomeCare, Ini Manfaatnya

Injeksi biasa dilakukan untuk proses pengobatan, namun juga bisa digunakan sebagai proses memasukkan vitamin ke dalam tubuh. Proses memasukkan vitamin lewat infus atau suntik dinilai dapat memberikan hasil lebih optimal.

Dengan macam-macam injeksi obat, suntik vitamin bersama Perawat HomeCare memberikan manfaat bagi Anda. Infus dan suntik vitamin booster ke dalam tubuh melalui suntik akan bekerja maksimal sesuai kebutuhan tubuh.

Manfaat suntik vitamin bisa mengembalikan tubuh kembali fit dan prima hanya dengan sekali injeksi. Selain itu vitamin tambahan dapat menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit atau virus berbahaya.

Perawat HomeCare memiliki perawat berpengalaman yang sudah ahli di bidangnya masing-masing, sehingga tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan layanan kami. Proses perawatan bisa dilakukan di rumah Anda dengan home visit.

Tunggu apalagi, segera konsultasikan kebutuhan injeksi obat maupun vitamin yang Anda butuhkan agar tubuh tetap dalam kondisi prima. Sekarang banyak virus bermunculan menyerang tubuh bila berada dalam kondisi lemah.

Untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan layanan kami bisa menghubungi Perawat HomeCare melalui +62 895-03800-997. Dapatkan layanan terbaik dengan macam-macam injeksi obat vitamin sesuai kebutuhan tubuh Anda.