Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Berbagai Tugas Perawat Lansia

By Perawathomecare Writer

 

Penting untuk mengetahui tugas perawat lansia sehingga dapat mengetahui seberapa penting menggunakan jasa ini. Seperti kita ketahui tidak semua orang memiliki waktu luang untuk merawat lansia.

Apalagi proses perawatan lansia tidak boleh sembarangan dilakukan jika dalam kondisi seperti sakit. Penting perawatan lansia dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya sehingga bisa sehat secara fisik dan emosional.

Walaupun tugas seorang perawat lansia tidak selalu sama tetapi umumnya pasti melakukan hal ini. Karena informasi di bawah ini merupakan tugas dasar dari seorang perawat sehingga cukup membantu Anda dan layak mempertimbangkan menggunakan jasa ini.

Apa Saja Tugas Perawat Lansia Itu?

Jika selama ini Anda masih menganggap remeh jasa ini maka harus mengetahui apa saja tugas perawat lansia. Apalagi jasa ini juga bisa bekerja di berbagai tempat mulai dari panti jompo sampai dengan rumah pribadi. Inilah beberapa tugas umum yang ditawarkan oleh caregiver yaitu:

  1. Mempersiapkan makanan bergizi

Karena orang lanjut usia memiliki daya tahan tubuh berbeda dengan orang yang masih muda maka penting memperhatikan asupan makanan. Apalagi asupan makanan memberikan pengaruh terhadap kesehatan tubuh orang yang mengonsumsinya.

Tidak heran jika salah satu tugas perawat lansia adalah mempersiapkan dan mengontrol makanan yang akan dikonsumsi oleh pasien apakah memiliki gizi tinggi atau tidak. Walaupun perawat tidak memiliki skill memasak khusus seperti chef tetapi mampu mempersiapkan makanan ringan dan pokok dengan gizi tinggi.

Dengan langkah seperti ini maka kebutuhan gizi pasien tetap terpenuhi. Sebenarnya hanya perlu dilakukan langkah sederhana jika ingin mempersiapkan makanan sehat untuk para lansia seperti menggunakan lebih sedikit garam.

Tujuan minim penggunaan garam agar tidak meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Jadi tugas perawat lansia harus memastikan bahwa pasien tidak mengonsumsi makanan tinggi garam seperti daging yang diawetkan, makanan ringan dan saus.

Jadi untuk meminimalisirkan penggunaan garam berlebihan maka makanan dapat dibumbui dengan bumbu dan rempah sehingga tetap terasa dan enak. Selain itu hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti gorengan.

Tentunya makanan tersebut apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama dan secara berlebihan bisa memicu permasalahan kesehatan. Ada baiknya mengganti makanan tersebut dengan yang lebih sehat seperti buah-buahan segar atau yoghurt.

Perawat juga harus memperhatikan asupan air agar pasien tidak dehidrasi. Apalagi air merupakan salah satu hal yang memberikan pengaruh vital terhadap tubuh seperti pencernaan dan volume darah.

Jadi dengan kehadiran jasa ini maka kebutuhan makanan pasien akan terkontrol dengan baik sehingga menunjang proses penyembuhan apabila mengalami masalah kesehatan.

  1. Memantau kesehatan dan merawatnya

Apabila orang tua di rumah memiliki permasalahan kesehatan maka wajib menggunakan caregiver. Karena salah satu tugas perawat lansia adalah memantau kesehatan sekaligus merawatnya sehingga proses pemberian obat dan vitamin bisa dilakukan secara rutin. Hal ini bisa membantu proses pemulihan menjadi lebih cepat.

Pengguna dari jasa ini selain datang dari orang memiliki keterbatasan waktu juga berasal dari orang-orang dengan permasalahan kesehatan di bawah ini. Apalagi permasalahan kesehatan ini dibutuhkan kontrol dan perawatan telaten serta banyak kasusnya di lapangan.

  1. Penurunan fungsi penglihatan

Seiring bertambahnya usia maka terjadi penurunan penglihatan yang cukup berbahaya. Satu penyakit banyak menyerang yaitu katarak di mana lensa mata menjadi keruh sehingga pandangan buram. Hal ini bisa membahayakan lansia dalam beraktivitas sehari-hari sehingga tugas perawat lansia bisa membantu pasien dalam beraktivitas.

  1. Stroke

Stroke merupakan penyakit fatal yang memberikan pengaruh sulitnya orang lanjut usia beraktivitas sehari-hari. Penyakit ini disebabkan berhentinya aliran darah ke otak sehingga sel-sel di bagian tertentu kekurangan oksigen sehingga rusak dan mati.

Dengan adanya caregiver selain bisa membantu dalam hal mobilitas maka memantau proses pengobatan. Karena yang bekerja di bidang ini adalah orang ahli maka proses rawat jalan akan dilakukan sesuai dengan saran dokter.

Bahkan dalam merawat lansia mengalami permasalahan kesehatan tidak boleh dilakukan sembarangan dan wajib telaten. Apalagi saat seseorang sudah bertambah usia maka potensi untuk terkena penyakit parah akan meningkat.

Tidak heran jika saat ini sudah bermunculan jasa perawat dengan spesialis khusus penyakit tertentu. Apalagi untuk merawat orang tua memiliki penyakit berat harus dilakukan dengan sabar. Selain bisa merawat sesuai dengan ketentuan ditetapkan oleh dokter maka caregiver bisa sabar menghadapi berbagai tingkah laku klien.

  1. Merawat pasien dalam kebersihan diri

Beberapa klien caregiver ada yang mengalami permasalahan kesehatan seperti stroke sehingga tidak bisa membersihkan diri sendiri akibat anggota tubuh tidak bisa bergerak secara normal. Jadi salah satu tugas perawat lansia adalah membantu pasien untuk membersihkan diri sendiri.

Apalagi kebersihan diri merupakan kunci tubuh yang sehat sehingga perawat harus membantu dalam memandikan, berpakaian, dan berbagai macam kegiatan di kamar mandi. Walaupun pasien tidak bisa bergerak maka kesehatan tubuhnya tetap terjaga sehingga tidak menimbulkan permasalahan.

Karena tugas perawat lansia yang satu ini bersifat pribadi maka dalam menjalankannya harus dilakukan dengan halus sehingga tidak menyakiti pasien. Dengan cara ini maka tetap bisa menjaga martabat klien. Penting untuk memilih perawat yang bekerja dengan halus dan sabar sehingga tidak sembarangan orang yang bisa bekerja di bidang ini.

  1. Memberikan dampingan secara emosional

Walaupun tugas perawat lansia dalam memberikan dampingan secara emosional terlihat remeh sebenarnya sangat penting dan dibutuhkan. Selain harus bisa mengontrol dari segi kesehatan fisik maka perawat harus bisa menjadi sahabat bagi pasien.

Jadi tidak cukup memperhatikan kesehatan fisik pasien tetapi harus memastikan kesehatan emosional juga. Nantinya caregiver akan menghabiskan sebagian besar waktunya dengan klien sehingga selain memantau kapan makan dan minum obat maka harus menjadi teman ngobrol.

Hal ini bisa membantu pasien untuk tidak mudah stress karena ada teman ngobrol maupun menonton televisi. Apalagi kedua hal tersebut adalah kegiatan dasar yang bisa membangun hubungan lebih dalam dengan pasien.

Menghindari stres bisa membantu untuk mempercepat proses pemulihan klien. Bahkan stres yang berlebihan dirasakan oleh orang lanjut usia juga bisa memicu permasalahan kesehatan lainnya. Dengan menjadi sahabat maka pasien bisa sehat secara fisik dan juga mental.

Inilah alasan mengapa yang bekerja di bidang ini harus memiliki kriteria yang tidak hanya sabar tetapi harus peduli. Apalagi para perawat akan bertemu dengan pasien yang berbagai macam sifatnya.

Bahkan orang-orang memiliki usia lanjut tidak sedikit yang bersikap seperti anak kecil dan kehilangan kemampuan mengingat. Penting untuk selalu sabar dan peduli sehingga bisa merawat dengan maksimal. Sebagai klien penting untuk Anda memperhatikan kriteria perawat yang tepat.

Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah menggunakan Perawat HomeCare karena memiliki sertifikat khusus dalam penanganan medis sekaligus memiliki sifat yang baik. Untuk informasi lebih lanjut maka Anda bisa menghubungi di +62 895-03800-997. Apalagi tugas perawat lansia sangat vital dalam proses penyembuhan.