Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Berikut Jenis Caregiver Homecare Beserta Tanggung Jawabnya

By Perawathomecare Writer

Sebelum memutuskan menggunakan jasa pengasuh, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa jenis caregiver homecare yang tersedia. Hal ini sangat penting, karena satu dan lainnya ada perbedaan dalam beberapa hal.

Memang secara garis besar, mereka mempunyai tugas utama mengasuh dengan peran dan kriteria yang sama secara teori. Dalam praktiknya tetap berbeda, walaupun kalau dilihat seperti tidak terlihat.

Beberapa Layanan Berdasarkan Jenis Caregiver HomeCare

Perbedaan dari jenis ini akan terlihat saat tenaga kami mulai menangani pasien. Cara berkomunikasinya pasti terlihat berbeda, hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pasien dan bagaimana keadaannya.

Oleh karena itu, agar Anda tidak salah pilih dan sesuai dengan keinginan. Coba pahami beberapa jenis pengasuh yang tersedia, harapannya saat memutuskan untuk bekerja sama tidak kecewa.

1. Lanjut Usia

Jenis caregiver homecare pertama adalah untuk merawat lanjut usia. Kondisinya orang tua Anda memang tidak bisa melakukan apapun akibat sakit atau memang usianya sudah sangat tua.Sebagai contoh, saat seseorang menderita alzheimer, para pengasuh akan mendampinginya, mengingatkan, dan membantu segala kegiatannya. Termasuk mengingat beberapa memori yang hilang agar tetap dalam keadaan tenang.

Tuntutan dari tenaga lanjut usia hanyalah sebatas membantu saja, jadi kasih sayang yang diberikan sebatas antara pasien dan perawat, tidak lebih. Tetap terlihat menyayangi hanya ketulusannya kurang.Tetapi dari segi kriteria dan peran memang sudah terpenuhi. Hanya saat melakukan tugasnya berbeda ketika membantu orang tua sendiri, effortnya bisa beberapa kali lipat dibandingkan saat bekerja.Begini contohnya, ketika pasien tidak mau makan, mereka tetap akan membujuk dengan baik dan juga melakukan berbagai macam cara. Tetapi, ada momen akan menyerah dan meminta bantuan Anda.

2. Pengasuh Rumah

Jenis caregiver homecare berikutnya adalah pengasuh rumah. Tenaga kami akan datang ke rumah Anda dan kalau memang diminta akan menginap sesuai dengan kontrak kerja sama yang sudah disepakati.Pada dasarnya jenis ini tidak jauh berbeda dengan babysitter, di mana mereka bertanggung jawab penuh terhadap orang tua. Bukan hanya soal medis atau membantu semua kebutuhannya.

Tenaga kami juga akan menjaga psikologi pasien, bisa dikatakan menggantikan posisi anaknya untuk merawat dan membantu memenuhi kebutuhan. Untuk jenis caregiver homecare ini punya kemampuan komunikasi bagus.Perbedaan dengan lanjut usia tadi adalah kalau pengasuh rumah ini hubungannya seperti orang tua kepada anaknya. Secara penanganan juga berbeda, biasanya lebih lembut dan mampu membuat nyaman.

Selain itu, sistem komunikasi serta caranya menyampaikan kepada Anda tidak kaku. Bila kategori di atas ibarat kata sesuai dengan buku, tetapi kalau ini mencoba merangkainya dengan baik.Dengan begini akan muncul emosi sesuai keinginan pasien. Misalnya saja, mereka sedang marah karena anaknya tidak punya waktu, melalui tenaga kami Anda bisa mengerti keadaannya dan mengalah.Tenaga kami juga akan membantu Anda dalam melihat bagaimana progres dari penyakit atau kondisi kesehatannya. Termasuk juga beberapa keluhan yang mungkin sedang dirasakan sehingga perlu disampaikan.Bisa dikatakan tugas utamanya adalah seperti babysitter, tetapi bukan anak melainkan orang lanjut usia. Sangat cocok untuk Anda yang mungkin sangat sibuk sehingga tidak ada waktu mengurus Ibu atau Ayah.

3. Poliaktif

Jenis caregiver homecare berikutnya adalah Poliaktif. Tingkatan pengasuh paling tinggi, tingkat kesabarannya, bagaimana cara menangani lanjut usia terasa sangat berbeda, karena mereka hanya menangani dengan kondisi akhir.Agar lebih mudah dimengerti dan bahasanya masih enak, kami memberi perumpamaan demikian jenis ini menangani pasien dengan diagnosa kanker stadium akhir. Dari sini sudah paham bukan bagaimana cara mengasuhnya.

Bukan hanya kesabaran saja, melainkan waktunya akan penuh mendampingi bahkan bisa sampai 24 jam. Bukan hanya menjaga, merawat dan bertindak sebagai teman saja, melainkan mencoba memberikan dukungan moral.Karena tim kami selalu percaya bahwa vonis dokter bisa saja salah. Semua keputusan ada di tangan Tuhan maka dari itu bentuk pendekatannya juga berbeda, bila dibandingkan dengan pengasuh rumah.

Tuntutannya adalah langsung jatuh cinta walau baru pertama kali bertemu. Kalau sudah seperti ini kedepannya akan mudah dan menyenangkan, karena pasien harus merasa nyaman dan bahagia.Jenis caregiver homecare ini memang paling sering dicari. Karena banyak orang salah dalam melakukan penanganan untuk kondisi semacam ini, maka dari itu tenaga kami siap membantu Anda.Harapannya dengan hadirnya tenaga kami, ada semangat baru untuk meraih semua keinginan yang mungkin belum terwujud. Sekaligus berdoa kalau vonis dokter tersebut salah, tetapi kalau benar mereka bisa merasa bahagia.

4. Orang Dewasa

Jenis caregiver homecare berikutnya adalah untuk orang dewasa di mana kesulitan dalam melakukan sesuatu. Jadi dalam prosesnya baik bersosialisasi atau melakukan berbagai aktivitas membutuhkan bantuan pengasuhSebenarnya dari sisi tugas tidak jauh berbeda dengan lanjut usia, hanya saja mereka mengurus orang dewasa. Hal itu terjadi karena kecelakaan atau kejadian lain sehingga sulit melakukan apa-apa sendiri.

Jenis caregiver homecare ini akan memberikan semua waktunya termasuk kalau harus melakukan bimbingan pelajaran. Dari perlakuannya memang berbeda, karena tidak sepenuhnya tenaga kami yang mengerjakan.Ada sedikit bimbingan dan motivasi agar bisa melakukannya sendiri. Sebagai contoh saat makan sebenarnya mampu maka akan dicoba secara perlahan terlebih dulu sampai pada akhirnya bisa.

Pada dasarnya tingkatan kesabaran untuk jenis ini sedikit berbeda ketika menangani lansia. Karena masih terbawa emosi dan situasi, tetapi hal itu hanya berlangsung sesaat saja, semuanya pasti berjalan dengan baik.Jika memilih layanan ini, kami sudah menyediakan tenaga khusus. Penanganan dewasa dan lansia memang sangat berbeda jauh, walaupun dari segi kriteria dan peran pada dasarnya sama saja.

5. Pengasuh Spesialis

Jenis caregiver homecare terakhir adalah pengasuh spesialis, jadi tenaga kami akan mendampingi orang tua dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, perlu penanganan fisioterapi, maka di rumah akan di setting sedemikian rupa.Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan, jadi walau hanya dirumah kebutuhan fisioterapi tetap bisa dilakukan. Ketika pasien sudah sembuh dan kembali seperti semula maka, hubungan kerja sama akan berakhir.

Dari segi penanganan, tidak ada kedekatan emosional yang berlebih. Berbeda dengan pengasuh rumah dan poliaktif, hampir mirip kategori lanjut usia tetapi tingkatannya lebih tinggi sedikit, karena perlu ada motivasi.Ketika Anda mengetahui berbagai jenis seperti ini, akan mudah menentukan mana yang sebenarnya dibutuhkan. Jadi tidak asal memilih untuk merawat lanjut usia saja, tetapi tidak paham bagaimana cara kerjanya.

Bila masih bingung dengan berbagai jenis di atas, tenang saja ada Perawat HomeCare yang siap membantu Anda. Kami akan memberikan layanan konsultasi untuk menentukan mana yang dibutuhkan.Tertarik untuk menggunakan jasa kami? Langsung saja hubungi di nomor +62 895-03800-997 dengan pelayanan memuaskan, mempunyai tenaga profesional yang ahli dibidangnya, membuat Anda tenang.Tenaga kami sudah berpengalaman, profesional dan hanya bermitra langsung dengan perawat terverifikasi langsung dari kemenkes. Bukan hanya satu, semua jenis caregiver homecare tersedia tinggal pilih sesuai kebutuhan saj a.