Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Kenali Perbedaan Caregiver dan Perawat yang Signifikan

By Perawathomecare Writer

 

Masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan caregiver dengan perawat. Sama-sama berprofesi sebagai tenaga kesehatan, tetapi ada perbedaannya. Terutama dalam tugas dan tanggung jawabnya saat bekerja dan merawat pasien sakit.

Anda mungkin sudah familiar dengan profesi nurse atau perawat. Profesi tersebut biasanya bekerja di rumah sakit, Puskesmas, klinik serta berbagai fasilitas kesehatan lainnya. Identik dengan pakaian kerja berwarna putih yang menandakan kebersihan.

Namun, bagaimana dengan caregiver? Mungkin sebagian masyarakat masih belum mengetahuinya karena memang tidak populer. Oleh karena, tidak ada salahnya mengenal lebih dekat perbedaan caregiver dengan perawat untuk menambah pengetahuan yang suatu hari nanti bisa Anda butuhkan.

perawat yang sedang memberikan perhatian kepada lansia wanita yang duduk di kursi roda

Mengenal Lebih Dekat Caregiver dan Perawat Lebih Dekat

Sebelum mengenal lebih jauh perbedaan caregiver dengan perawat, Anda perlu mengetahui masing-masing profesi tersebut. Sudah disinggung diatas bahwa keduanya merupakan profesi di bidang kesehatan yang sama-sama merawat orang sakit.

Namun demikian, Caregiver dan perawat mempunyai tugas serta tanggung jawab masing-masing. Selain itu, sangat mungkin tempat atau lingkungan kerjanya juga berlainan karena masih berkaitan dengan pasien yang dirawatnya.

Caregiver sangat identik dengan pelayanan homecare yang sekarang semakin banyak peminatnya. Sebutan atau istilahnya memang seperti itu karena orang yang melakukan profesi tersebut memberikan bantuan serta kepedulian.

Tentu saja bantuannya masih dalam lingkup perawatan medis untuk orang-orang yang membutuhkannya. Baik masih dalam status sakit atau masa penyembuhan. Sementara itu, pasien yang sakit berada di rumah pribadinya, sehingga lepas dari tanggung jawab rumah sakit.

Dengan kata lain, sang pasien sudah masuk rawat jalan, tetapi masih membutuhkan bantuan medis untuk kesehatannya. Misalnya mengecek tensi darah, temperatur tubuh, berat badan, pasang infus, dan masih banyak lagi lainnya.

Oleh karenanya, sangat membutuhkan bantuan Caregiver yang bertugas merawatnya. Lalu, bagaimana dengan perawat? Sosok perawat bekerja di rumah sakit atau Puskesmas.

Tugas mereka sudah diatur dan dibagi sedemikian rupa karena bekerja di instansi tertentu. Jadi, pekerjaannya memang tidak bisa lepas dari merawat pasien untuk melakukan berbagai tindakan medis.

Misalnya, memasang infus, kateter, mengecek tensi darah, suhu tubuh, dan memberikan laporan kesehatan dari pasien yang ditanganinya. Anda yang mungkin sudah pernah dirawat inap di rumah sakit pastinya sudah mengenal pekerjaan para perawat.

Jadi, ada perbedaan caregiver dengan perawat yang benar-benar nyata. Perbedaan tersebut bisa Anda manfaatkan nantinya saat membutuhkan perawatan kesehatan di rumah sakit atau rumah.

Mengetahui Perbedaan Caregiver dengan Perawat

Selanjutnya, Anda perlu mengenal perbedaannya agar lebih mendetail. Jangan hanya mengetahuinya sekilas saja karena siapa tahu di kemudian hari Anda membutuhkan bantuan dari kedua profesi tersebut.

Khususnya Caregiver yang menawarkan jasa HomeCare hingga sekarang masih banyak orang mencarinya. Tentu saja yang terbukti sudah bersertifikat resmi, profesional, dan berpengalaman dalam merawat pasien sakit.

Lalu, apa saja perbedaan caregiver dengan perawat yang perlu diketahui? Berikut informasi selengkapnya untuk Anda baca dan simak.

1. Latar Belakang Pendidikannya

Perbedaan yang pertama pada latar belakang pendidikannya. Seorang Caregiver tidak harus berpendidikan kesehatan secara umum, seperti pendidikan gizi, keperawatan, atau sejenisnya. Namun, pendidikannya bisa dari berbagai backgroud, tetapi sudah mendapatkan pelatihan profesional untuk merawat orang sakit.

Akan tetapi, tidak sedikit Caregiver sekarang yang mengambil sekolah atau berkuliah di fakultas atau jurusan kesehatan. Dengan begitu, kualifikasi pendidikannya memang sudah sesuai dengan profesi yang dijalankannya.

Sementara itu, perawat harus menempuh kuliah di bidang kesehatan atau keperawatan. Mulai dari D1, D2, D3, hingga S1 yang sekarang sudah banyak perguruan tinggi menawarkan jurusan tersebut karena cukup banyak peminatnya.

Sebelum lulus, seorang nurse akan magang dulu di berbagai rumah sakit untuk mendapatkan pengalaman langsung. Setelahnya, barulah bisa bekerja sebagai perawat dengan tanggung jawabnya masing-masing.

2. Tempat atau Lokasi Bekerjanya

Perbedaan caregiver dengan perawat berikutnya, yaitu tempat atau lokasi bekerjanya. Caregiver dipastikan bekerja di luar rumah sakit atau klinik kesehatan dan lebih sering di rumah-rumah pribadi.

Alasannya, tanggung jawabnya memang untuk merawat orang-orang sakit di rumah pribadinya. Setelah rawat inap di rumah sakit berakhir, lalu mulai masa penyembuhan atau rawat jalan di rumah sendiri. Tentu saja tubuhnya masih lemas dan mengonsumsi obat-obatan dari rumah sakit.

Meskipun rawat jalan, tetapi masih sangat membutuhkan bantuan medis mulai dari hal-hal sepele hingga yang membutuhkan keahlian khusus. Oleh karenanya, peran Caregiver disini sangat penting untuk masa penyembuhan dari orang-orang sakit.

Sementara untuk perawat, pastinya bekerja dari kantor atau instansi kesehatan, seperti rumah sakit, Puskesmas, dan klinik-klinik lainnya. Mereka bisa bekerja di dalam atau luar ruangan sesuai kebutuhan dan tugasnya masing-masing. Perawat juga bisa bekerja sebagai Caregiver secara freelance atau bersama instansi tertentu.

3. Lingkup dan Detail Pekerjaannya

Perbedaan caregiver dengan perawat lainnya, yaitu pada lingkup serta detail pekerjaannya. Seorang petugas homecare ternyata tidak hanya mampu merawat orang sakit untuk kondisi medisnya saja. Misalnya, mengecek tensi darah, temperatur tubuh, meredakan demam, dan lain sebagainya.

Namun, Caregiver juga dituntut bisa menjadi seorang psikolog saat mendengarkan cerita serta keluh kesah pasiennya. Selain itu, harus mampu membuatkan makanan dan minuman yang sesuai gizi serta nutrisi pasiennya. Dengan kata lain, skill atau keahliannya begitu lengkap dan sangat dibutuhkan oleh orang sakit.

Berbeda dengan nurse yang lingkup pekerjaannya hanya seputar merawat pasien di rumah sakit saja. Mulai dari mengontrol kesehatannya, memeriksa tensi darah serta temperatur tubuh, memasang atau mengganti infus, memberikan obat, dan sebagainya.

Perawat tidak bertugas untuk mendengarkan curhatan pasiennya, mengganti pakaiannya, menuntun ke kamar mandi, dan hal-hal lainnya yang bersifat personal. Jadi, perbedaan caregiver dengan perawat dalam lingkup pekerjaannya memang lebih banyak untuk petugas HomeCare.

4. Bayaran atau Gajinya

Untuk perbedaan caregiver dengan perawat yang ini, juga tidak boleh dilupakan karena berkaitan dengan kesejahteraan hidup kedua profesi tersebut. Caregiver yang bekerja di rumah tentu saja bayarannya menyesuaikan pekerjaannya.

Semakin lama dan detail tugas-tugasnya lebih banyak, maka bayarannya tentu juga lebih banyak atau tinggi. Jadi, menyesuaikan dengan kualitas serta kuantitas semua tugasnya saat merawat pasien sakit di rumah.

Berbeda dengan nurse di rumah sakit yang digaji tiap setiap bulannya, baik oleh pemerintah atau swasta. Beban pekerjaannya yang tetap, baik bertambah atau menurus, gajinya tetap sama. Tentu saja nominal tiap perawatnya berbeda tergantung pangkat, jabatan, dan golongan.

Ternyata perbedaan caregiver dengan perawat cukup signifikan khususnya pada tugas dan tanggung jawabnya. Anda sekalian saat ini membutuhkan jasa homecare profesional dan berpengalaman seharusnya memilih dari instansi atau pihak yang kompeten di bidangnya.

Salah satunya yang direkomendasikan yaitu Perawat HomeCare karena sudah terbukti sebagai Caregiver terpercaya. Jika belum mempercayainya juga, Anda bisa menghubungi nomor telepon +62 895-03800-997 sekarang juga.

Dengan begitu, bisa langsung bertanya, berkonsultasi, serta memesan cara mendapatkan jasa perawatan kesehatan homecare yang terbaik. Tentu saja tanpa perlu menanyakan lagi perbedaan caregiver dengan perawat karena sudah membahasnya panjang lebar diatas.