Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Layanan Caregiver Kemoterapi Pada Pasien Kanker

By Perawathomecare Writer

 

Layanan caregiver kemoterapi kini semakin banyak dipilih oleh pasien kanker. Hal ini disebabkan pasien tidak perlu ke rumah sakit untuk melakukan kemo, apalagi bagi pasien yang jarak ke rumah sakitnya jauh.

Adanya layanan Perawat HomeCare sangat membantu para pasien untuk tetap bisa melakukan kemo di rumah. Selain itu, dengan menggunakan layanan Perawat HomeCare juga telah sesuai dengan prosedur pengobatan dokter atau rumah sakit.

Mengenal Apa Itu Kemoterapi?

Kemoterapi adalah terapi pada penderita kanker atau prosedur pengobatan dengan memberikan obat-obatan untuk membunuh sel kanker dalam tubuh. Pada pasien penderita kanker ini terdapat sel dalam tubuhnya yang tidak terkendali.

Sehingga kondisi tersebut membutuhkan kemoterapi untuk menghentikan penyebaran atau sekadar memperlambat pertumbuhan sel kanker tersebut. Dalam hal ini, dibutuhkan terapi yang dikenal dengan istilah kemoterapi.

Jika tidak memungkinkan untuk bolak balik ke rumah sakit untuk melakukan terapi, Anda masih bisa melakukannya di rumah. Layanan caregiver bisa membantu Anda untuk tetap rutin terapi di rumah.

Selain itu, keberadaan layanan caregiver kemoterapi sangat mempengaruhi kesembuhan Anda. Hal ini dikarenakan perawat akan selalu memastikan dan mengontrol apa saja yang akan dikonsumsi dan memberikan perawatan sesuai dengan anjuran dokter.

Tujuan Kemoterapi Pada Pasien Kanker

Kemoterapi memang dikenal dengan prosedur atau terapi pada pasien kanker. Hal ini dilakukan bukan semata-mata tanpa alasan, melainkan memiliki tujuan dan maksud tertentu.

Terapi ini perlu dilakukan oleh pasien guna mencegah tingkat keparahan penyakit kanker yang diderita. Selain itu, tujuan lain dari kemoterapi adalah sebagai berikut:

  1. Menyembuhkan Kanker

Dalam beberapa kasusnya, para pasien pengidap kanker dapat sembuh total dengan melakukan terapi ini dengan rutin dan sesuai prosedur. Sehingga sel kanker tidak kembali lagi.

Hal tersebut menandakan bahwa proses terapinya telah dijalani pasien dengan baik sehingga berhasil menghancurkan sel kanker dalam tubuh.

Tetapi di sisi lain, tidak semua proses terapi memberikan hasil akhir yang sama. Hal inilah yang menyebabkan Anda harus bisa memilih perawat terbaik dan bersertifikasi untuk memandu proses kemoterapi di rumah.

Menggunakan layanan caregiver kemoterapi kami akan membantu Anda untuk melakukan terapi dengan rutin tanpa harus ke rumah sakit. Biasanya caregiver akan mengajak Anda ke rumah sakit beberapa kali hanya untuk mengecek perkembangan kesehatan.

  1. Mencegah Penyebaran Sel Kanker

Pada dasarnya, tujuan utama dari terapi ini adalah menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh pasien. Tetapi, jika ternyata kondisi tersebut sulit untuk disembuhkan, maka dapat dilakukan upaya perawatan paliatif sebagai langkah kemoterapi.

Perawatan ini berguna untuk mengontrol sel kanker dalam tubuh agar tidak menyebar dan berkembang dengan cepat. Selain dari dokter, perawatan paliatif bisa diberikan oleh Perawat HomeCare tanpa harus pergi ke rumah sakit.

Layanan caregiver kemoterapi telah dibekali dengan keahlian dan pengetahuan mendalam mengenai perawatan paliatif kemoterapi. Sehingga pasien bisa benar-benar di terapi dengan baik.

Melakukan terapi dengan baik dan sesuai anjuran dokter sangat mempengaruhi perkembangan kesehatan pasien, apalagi hal tersebut dilakukan secara rutin. Caregiver juga akan mengontrol terkait obat-obatan yang harus dikonsumsi sesuai dengan aturan dokter di rumah sakit.

Berikut Ini Jenis dari Kemoterapi

Kemoterapi umumnya adalah prosedur yang membutuhkan waktu lumayan panjang. Sehingga perlu perawatan yang rutin dan ditangani oleh perawat profesional. Untuk bisa mendapatkan terapi rutin dari rumah, Anda dapat menggunakan layanan homecare.

Menggunakan layanan caregiver kemoterapi akan memberikan perawatan intensif di rumah tanpa harus bolak balik ke rumah sakit. Adapun jenis layanan kemoterapi yang akan dilakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Melalui Suntikan

Metode suntikan untuk kemoterapi dapat dilakukan dengan penyuntikan di bagian otot paha, lengan, atau pinggul. Selain itu, suntikan ini dapat dilakukan pada bagian lemak lengan, perut, dan kaki.

  1. Melalui Intravena (V)

Metode intravena akan dilakukan oleh layanan caregiver kemoterapi dengan memberikan obat melalui selang infus. Pemberian obat dari selang infus ini akan bekerja dengan mengalirkan obat ke pembuluh darah vena.

  1. Secara Oral

Metode oral ini dapat diberikan kepada pasien dengan mengonsumsi obat-obatan berupa pil atau kapsul. Konsumsi obat-obatan ini harus dilakukan secara rutin agar dapat menghambat penyebaran sel kanker.

  1. Secara Topikal

Berbeda dengan metode oral, pada metode tropikal ini layanan caregiver kemoterapi akan memberikan pasien berupa obat-obatan dalam bentuk krim atau gel. Penggunaan obat-obatan ini harus dioleskan pada kulit.

  1. Kemoterapi Langsung

Pada metode ini dapat dilakukan secara langsung ke pasien pengidap kanker dengan berbagai terapi. Biasanya metode ini dilakukan setelah operasi membunuh sel kanker yang masih tersisa.

Efek Samping Kemoterapi yang Harus Diantisipasi

Kemoterapi merupakan salah satu pengobatan untuk membunuh dan menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh. Selama melakukan terapi dengan layanan caregiver kemoterapi, terdapat beberapa efek samping bagi pasiennya.

Hal ini dikarenakan terapi ini cukup serius dan memiliki efek yang harus diantisipasi. Adapun efek setelah menjalani terapi ini adalah sebagai berikut:

  1. Badan terasa lemas
  2. Penurunan sistem imun
  3. Rasa mual dan muntah
  4. Kehilangan nafsu makan
  5. Sembelit
  6. Perubahan pada kulit dan kuku
  7. Konsentrasi terganggu
  8. Demam dan anemia
  9. Sariawan atau terdapat luka pada mulut

Meski terdapat efek sampingnya, namun efek tersebut masih bisa diatasi dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Tetapi jika Anda ingin menghilangkan efek samping dengan lebih cepat, maka bisa melakukan olahraga atau memastikan nutrisi tercukupi.

Dalam hal ini, keberadaan layanan caregiver kemoterapi sangat berguna untuk memantau dan mengontrol pasien pada saat terapi dan sesudahnya. Dengan perawatan dan pemantauan yang lebih teliti, maka akan mempengaruhi kesembuhan yang lebih cepat.

Apalagi proses terapi untuk penderita kanker ini tidak harus dilakukan di rumah sakit, dan bisa dilakukan di rumah apabila hanya sekadar mengonsumsi obat-obatan dan mengatur pola hidup sehat.

Untuk mendapat pengobatan kemoterapi berkualitas, Anda dapat mempercayakan layanan kemoterapi homecare dengan didampingi oleh perawat yang sudah ahli di bidangnya. Dengan menggunakan layanan homecare, maka Anda tidak perlu bolak-balik ke rumah sakit untuk terapi.

Layanan Caregiver Kemoterapi dari Perawat HomeCare

Mengingat tidak semua pasien kanker memiliki tempat tinggal yang jaraknya dekat dengan rumah sakit, maka layanan caregiver kemoterapi bisa membantu mengatasi masalah Anda. Agar bisa selalu rutin melakukan terapi, Anda dapat terapi di rumah dengan Perawat HomeCare.

Memberikan perawatan yang sama seperti di rumah sakit, menjadikan layanan kami bisa diandalkan untuk digunakan pada pasien kanker. Perawat kami telah berlisensi (ber-STR) dan mampu memberikan perawatan tingkat tinggi kepada para pasiennya.

Selain itu, perawat kami akan membantu melakukan beberapa prosedur kecil, seperti pemberian obat, pengendalian nyeri, pemantauan tanda-tanda vital, dan beberapa dukungan kesehatan lainnya.

Perawat HomeCare kami kini tersedia di 10 kota area JABODETABEK dan sekitarnya. Untuk menggunakan layanan kami, Anda dapat menghubungi +62 895-03800-997 untuk bisa mendapatkan layanan caregiver kemoterapi tepercaya.