Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Macam-macam Injeksi Intramuskular yang Harus Diketahui

By Perawathomecare Writer

Macam-macam injeksi memang cukup banyak, kali ini kami akan membahas lebih detail tentang intramuskular. Menurut pengertiannya, nanti tenaga kesehatan akan memberikan obat langsung ke bagian otot.

Metode tersebut dinilai paling ampuh dibandingkan dengan macam suntikan lainnya, karena dalam memiliki begitu banyak suplai darah jadi, saat obat tersebut masuk akan dialirkan oleh pembuluh ke seluruh tubuh.

Macam-macam Injeksi Intramuskular yang Perlu Dipahami

Ada informasi penting yang perlu Anda pahami terlebih dulu, dalam melakukan teknik ini setiap perawat tidak boleh melakukannya di sembarang tempat. Lokasinya sejak awal memang sudah ditentukan, mengapa demikian?

Tempat penyuntikan tersebut memiliki kekayaan darah dan jaringan, jadi nantinya penyerapan dan penyaluran obat ke seluruh tubuh bisa lebih cepat. Selain itu mampu meminimalkan berbagai macam risiko seperti komplikasi.

Bagi yang penasaran apa saja macam-macam injeksi intramuskular ini, kami akan membahasnya lebih jauh lagi di bawah ini. Mohon perhatikan agar tidak salah dalam melakukannya di rumah.

1. Ventrogluteal

Ventrogluteal merupakan area penyuntikan yang letaknya berada di bagian bawah pinggul di sisi tubuh atau sekitar bokong. Posisi tersebut dinilai paling aman karena beberapa alasan, seperti tingkat ketebalan dan kepadatan.

Ketika seorang tenaga medis menyuntikkan jarumnya ke bagian tersebut, mereka tidak akan khawatir kalau, alat tersebut akan mengenai saraf atau pembuluh darah. Kalau itu terjadi memang hasilnya sangat fatal.

Selain itu, area ventrogluteal merupakan lokasi yang jelas, dengan begini dokter bisa melakukan suntikan tanpa perlu mencari-cari titik yang tepat terlebih dulu. Bagi pasien sendiri bisa mengurangi rasa sakit. Macam-macam injeksi Intramuskular ini sering sekali dilakukan karena memiliki beberapa manfaat seperti.

  • Sangat cocok untuk mengobati beberapa penyakit karena bisa memasukkan obat semacam antibiotik ke dalam tubuh.
  • Obat yang diberikan bisa dalam volume cukup besar bila dibandingkan area lain
  • Mengurangi risiko iritasi
  • Bagi yang tidak mampu meminum obat melalui mulut maka teknik ini adalah solusi terbaik.

Walau memiliki manfaat cukup banyak, tetapi salah satu dari macam-macam injeksi intramuskular ini juga harus memperhatikan beberapa keadaan penting seperti.

  • Pasien mengalami infeksi, cidera atau gangguan pada kulit
  • Adanya atrofi otot di area tersebut

Inilah alasan penting mengapa sebelum melakukan tindakan ini, Anda diwajibkan untuk konsultasi terlebih dulu ke dokter. Setidaknya mengetahui riwayat kesehatan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Baca juga tentang : Kenali Macam-macam Injeksi Obat dan Prosedur Pemakaiannya

2. Dorsogluteal

Macam-macam injeksi intramuskular berikutnya adalah dorsogluteal di mana prosedur penyuntikannya berada di kawasan gluteal. Jadi lebih tepatnya ada pada bagian kuadran sisi atas, atau di bagian otot terbesar pada bokong.

Alasan utama mengapa harus area ini yang menjadi lokasi suntikan adalah otot gluteus maximus. Jadi bagian tersebut mempunyai volume paling besar sehingga sangat cocok untuk beberapa penyakit.

Sebagai contoh ada hepatitis B, bisa juga rasa nyeri parah di area punggung bawah. Selain itu untuk penyakit parkinson, beberapa tenaga medis juga sering melakukan suntikan dorsogluteal ini.

Bagi pasien yang memakai kursi roda, jenis injeksi ini juga bisa menjadi opsi. Harus diakui area suntikannya cukup luas, jadi pihak medis akan mudah melakukannya walaupun posisinya duduk.

Walaupun cukup efektif Dorsogluteal ini tidak bisa dilakukan oleh semua pasien. Ada beberapa keadaan khusus, sehingga dokter harus memilih cara lain, ini dia orang-orangnya.

  • Anak-anak, area tersebut belum berkembang dengan baik sehingga mempunyai risiko sangat besar
  • Jika Anda adalah penderita komplikasi vaskular, kami sangat sarankan jangan mencobanya, karena bisa berpotensi lebih tinggi mengalami cedera saraf dan cukup parah
  • Kondisi pasien sangat kurus, hal tersebut disebabkan jaringan adiposa atau lemak yang dimiliki sangatlah sedikit, pada dasarnya lemak tersebut sebagai bantalan untuk melindungi kulit serta berbagai struktur lainnya
  • Adanya gangguan pembekuan darah.

Bila melihat dari kondisi tersebut rasanya wajar saja, kalau dokter akan menanyakan secara serius bagaimana riwayat dari pasien. Hal tersebut demi menghindarkan Anda dari berbagai risiko setelahnya.

Baca juga tentang : Layanan Injeksi Vitamin Untuk Kesehatan Anda

3. Deltoid

 

Macam-macam injeksi intramuskular berikutnya adalah deltoid, otot bagian ini tepatnya berada di bagian lengan atas. Lebih tepatnya di antara bahu dan juga siku, bagi orang dewasa memang umum.

Salah satu contohnya adalah saat memberikan vaksin, hampir semuanya dilakukan di posisi tersebut. Selain itu, untuk pengobatan agar rasa nyeri sedikit mereda, biasanya juga di area tersebut.

Deltoid sendiri memiliki berbagai manfaat yang cukup banyak, tidak heran bila dokter sering melakukannya. Seperti, aksesnya mudah dijangkau, pasien sendiri juga hanya perlu duduk sehingga prosesnya cepat, selain itu juga:

  • Sangat aman, karena letaknya sendiri sangat jauh dari berbagai macam organ vital, misalnya saja paru, jantung, sampai dengan usus
  • Tidak perlu harus meraba atau mencari posisi tepatnya, hal ini yang menyebabkan pasien terkadang tersamarkan, dan rasanya hanya seperti digigit semut saja.

Macam-macam injeksi intramuskular ini walau memiliki banyak kelebihan, tetapi dokter tetap harus menanyakan riwayat kesehatan pasien terlebih dulu. Karena beberapa orang di bawah ini dilarang mendapatkan suntikan tersebut seperti.

  • Adanya gangguan pembuluh darah, kondisi tersebut bisa terjadi karena mampu meningkatkan risiko lebih besar hematoma
  •  Adanya pembengkakan di bagian tersebut
  • Alergi atau dulu pernah melakukan suntikan di area tersebut kemudian terasa nyeri parah
  •  Adanya kondisi anatomi khusus atau langka.

Kami berharap bagi para penderita di atas harap konsultasikan dulu kepada petugas medis. Keadaan yang terjadi pasca melakukan suntikan akan jauh lebih berbahaya, dan bisa menyebabkan beberapa risiko parah.

4. Vastus Lateralis

Macam-macam injeksi intramuskular berikutnya dinamakan Vastus lateralis tepatnya berada di area paha bagian depan. Biasanya dokter memilih bagian tersebut karena ototnya cukup besar, sehingga mudah di akses.

Walau begitu, beberapa tenaga medis tetap menjadikannya sebagai opsi terakhir, terlebih kalau injeksi deltoid memang tidak dapat diberikan. Baru mereka akan mempertimbangkan otot vastus sebagai solusinya. Pemberian suntikan di sini sebenarnya mempunyai berbagai manfaat, di antaranya.

  • Lokasi paling tepat untuk bayi dan anak-anak
  • Aman untuk berbagai jenis obat
  • Ketika melakukannya untuk memasukkan vaksin, maka tingkat efektivitasnya jauh meningkat daripada di berbagai lokasi lain, hal ini disebabkan responnya sangat baik terutama untuk penambah imun.

Macam-macam injeksi intramuskular ini memang cukup efektif dan biasa dilakukan oleh tenaga medis. Kami menyarankan jangan sembarangan memilih tempat bila memang dokter menyarankan untuk melakukan metode tersebut, lalu di mana?

Baca juga tentang : Pesan Home Care Jakarta Selatan dengan Layanan Lengkap

Langsung ke Perawat HomeCare Saja untuk Melakukan Injeksi

Jika melakukannya di rumah sakit atau puskesmas sudah takut dengan suasana dan bau obatnya, kenapa tidak di rumah saja? Sekarang ada Perawat HomeCare yang mengerti bagaimana keinginan Anda.

Tim kami berpengalaman dalam melakukan injeksi intramuskular, jadi tidak perlu bingung atau takut lagi. Semuanya sudah tertangani dengan tenaga yang ramah, dan bersahaja, bagaimana tertarik?

Langsung hubungi Perawat HomeCare di nomor +62 895-03800-997. Kami siap melayani Anda, karena ada banyak fasilitas yang tersedia, dan setiap layanannya langsung ditangani oleh tenaga profesional sekaligus berpengalaman.

Harus diakui metode suntik merupakan teknik paling tepat untuk beberapa pasien, terutama alergi obat. Macam-macam injeksi intramuskular adalah salah satunya dan kami dengan senang hati akan membantu Anda.