Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Manfaat Nebulizer untuk Pernapasan dan Prosedurnya

By Perawathomecare Writer

 

Pelayanan kesehatan langsung ke rumah seperti nebulizer untuk pernapasan merupakan sebuah layanan kesehatan jemput bola. Bukan pasien atau klien datang ke klinik, akan tetapi petugas profesional yang mengunjungi kliennya langsung ke alamat rumah.

Berbagai pelayanan yang diberikan beragam, salah satunya metode penguapan untuk sistem pernapasan ketika sedang mengalami sakit, terutama bagi penderita anak-anak. Informasi lebih detail akan kami ulas dalam pembahasan di bawah ini.

Kenali Tentang Nebulizer untuk Pernapasan

Nebulizer merupakan sebuah alat yang secara khusus mengubah obat berbentuk cair menjadi uap sehingga pengobatan pada pasien dilakukan secara intensif. Pasien akan menggunakan alat khusus pada area hidung serta mulut.

Dalam jangka waktu tertentu, nebulizer untuk pernapasan akan dilakukan untuk memperlancar napas yang bermasalah. Biasanya penderita asma dan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) yang menjadi pasien tetap sistem pengobatan ini.

Kesulitan mengambil napas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, apalagi jika terjadi berkepanjangan yang membuat dada semakin sesak. Secara ringkas, pengobatan dari alat ini sama dengan alat kecil bernama inhaler yang bisa dibeli secara mudah di mana saja.

Namun, bedanya dari segi ukuran dan pelaksanaan di bawah tenaga medis sehingga lama waktu dan dosis obat jadi lebih tepat. Tindakan nebulizer untuk pernapasan dapat dilakukan di rumah sakit, namun bisa juga dilakukan di rumah asalkan memahami caranya.

Sistem perawatan ini biasanya kerap diterapkan pada anak karena jika meminum obat langsung biasanya akan agak sulit. Waktu yang cenderung singkat untuk berobat juga terbilang lebih efektif daripada memaksa anak minum obat biasa.

Beberapa Manfaat Pengobatan dengan Uap

Seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, ada berbagai cara pengobatan untuk mengatasi sakit di saluran napas. Salah satunya penguapan yang dilakukan langsung dengan ragam manfaat seperti di bawah ini:

  1. Melebarkan Saluran Napas

Manfaat dari pelaksanaan prosedur nebulizer untuk pernapasan yang pertama adalah melebarkan saluran pernapasan yang mampet. Dengan adanya uap dari hidung ke paru-paru maka jalan napas yang menyempit bisa lebih mudah dan lebih efektif melebar.

Ketika saluran napas semakin lebar maka lebih mudah untuk oksigen keluar masuk tubuh. Dengan begitu maka napas yang tadinya sesak bisa perlahan membaik.

  1. Optimalisasi Obat Infeksi

Manfaat lainnya adalah mengoptimalkan pemberian obat dalam menyembuhkan infeksi pada saluran napas. Pemberian obat yang secara langsung diberikan melalui hidung akan otomatis diserap tubuh secara lebih baik daripada pemberian obat jenis biasa.

Tidak heran jika kebanyakan pasiennya adalah anak-anak, bahkan bayi karena biasanya umur-umur tersebut sulit minum obat. Daripada memaksa, lebih baik menggunakan alat ini.

  1. Mengencerkan Dahak

Manfaat lainnya dari pelaksanaan prosedur nebulizer untuk pernapasan adalah pengenceran efektif terhadap dahak. Kondisi sesak napas ini biasanya dibarengi dengan batuk berdahak atau mampet pada area saluran hidung.

Salah satu cara efektif agar tidak lagi sesak ketika flu adalah pengenceran dahak. Selain dengan uap, bisa dengan obat mint, tetapi efeknya lebih besar menggunakan uap.

  1. Mengempiskan Bengkak

Pemberian obat melalui uap dapat mengempiskan bengkak pada saluran napas sehingga jalan napas jadi lebih luas. Ketika jalur napasnya semakin luas maka alur keluar masuk udara lebih lancar dan penyakit bisa segera hilang.

Kondisi bengkak ini bukan hanya menghambat jalan napas, tetapi juga menyebabkan penyakit lebih serius. Sebelum menjadi lebih parah, bisa gunakan terapi uap sebagai penyembuhan.

Baca juga tentang : Manfaat Nebulizer Bagi Pernapasan Anda

Ini Dia Prosedur Nebulizer di Rumah

Anda dapat memanfaatkan alat bernama nebulizer untuk pernapasan secara mandiri di rumah asalkan tahu prosedurnya. Di bawah ini adalah tata cara pemanfaatan alat dengan baik dan benar untuk penyembuhan maksimal:

  1. Wajib mencuci bersih tangan yang akan menyentuh semua peralatan serta obat.
  2. Pastikan selang penghubung dalam kondisi steril.
  3. Tempatkan nebulizer di atas permukaan handuk untuk mengurangi suara berisik dari alatnya.
  4. Baca secara cermat aturan penggunaan obat pada kemasan.
  5. Sambungkan selang penghubung kompresor ke tempat obatnya.
  6. Tempatkan pasien pada posisi nyaman, jika pasiennya anak-anak maka dapat dipangku supaya lebih tenang.
  7. Pastikan maskernya terpasang secara rapi dan tidak ada celah untuk uap bisa keluar.
  8. Nyalakan mesinnya dan biarkan bekerja minimal 5 menit, maksimal 15 menit.
  9. Jika sudah selesai maka alat nebulizer untuk pernapasan bisa dilepas kemudian dibersihkan dengan cara direndam air panas selama 5 menit.
  10. Keringkan semua alat, lalu simpan di tempat steril.

Tata cara penggunaan alat di atas terlihat tidak sulit, Anda dapat melakukan pengobatan pertama sendiri di rumah. Bagi pemilik riwayat sakit asma dan PPOK lainnya rasanya memiliki alat ini secara pribadi dapat membantu dan mendukung kesembuhan.

Baca juga tentang : Layanan Perawatan di Rumah

Cara Pembersihan Nebulizer yang Benar

Melakukan prosedur pengobatan sendiri, artinya juga harus membersihkan alat-alatnya sendirian. Selain merendam dengan air panas, ada berbagai cara lainnya yang membantu sterilisasi nebulizer, yaitu:

  1. Lepaskan cangkir nebulizer untuk pernapasan serta corong yang menempel pada mulut serta hidung.
  2. Bersihkan menggunakan air hangat yang sudah terdapat larutan pembersih.
  3. Untuk bagian selang sebaiknya diganti berkala sehingga tidak perlu dicuci lalu digunakan kembali kemudian waktu.
  4. Keringkan alat secara benar di tempat steril.
  5. Jika alatnya sudah kering sempurna maka Anda dapat menyimpan kembali ke tempat penyimpanan yang aman dan steril.

Berbagai metode pembersihan di atas menyempurnakan upaya penyembuhan saluran napas keluarga di rumah secara mandiri. Anda tidak selalu harus pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis karena di rumah saja sudah bisa melakukannya sendiri.

Syaratnya adalah asalkan memiliki peralatan lengkap, mengetahui tata caranya, rutin mengganti selang, dan jangan lupa berkonsultasi dengan ahli. Tindakan nebulizer untuk pernapasan secara tepat dapat menjadi pengobatan pertama yang efektif.

Baca juga tentang : Jangan Sampai Salah Pilih Jasa Perawat di Rumah untuk Keluarga

Gunakan Jasa Homecare Tepercaya untuk Tindakan Nebulizer

Semua layanan kesehatan bisa didapatkan melalui layanan profesional kami. Tidak perlu khawatir soal harga karena cukup terjangkau sudah bisa mendapatkan layanan terbaik dari para pekerja profesional.

Tidak perlu datang ke klinik sendiri, biarkan profesional datang mengunjungi Anda langsung ke lokasi. Perawatannya dijamin lebih nyaman dan fleksibel karena Anda dapat menentukan sendiri kapan waktu kunjungan dan di mana lokasinya.

Layanan Perawat HomeCare yang kami berikan sudah mendapatkan perhatian dari banyak media Indonesia. Ini artinya profesionalitas para pekerja sudah tidak perlu diragukan karena kami berani menampilkan cara kerja kami kepada publik tanpa ragu.

Pendaftaran bersama kami sangat mudah, tinggal hubungi admin lalu buat jadwal kapan saja. Semua harga yang akan kami berikan sesuai dengan pelayanan dan secara transparan juga kami memberikannya kepada Anda.

Selain memberikan dukungan untuk mengobati saluran napas, kami juga mendukung pemberian vitamin serta perawatan medis lainnya. Sudah banyak klien sebelumnya yang mengakui betapa bermanfaatnya memanfaatkan jasa Perawat HomeCare bersama kami.

Pembayaran dapat dilakukan dengan mudah baik secara tunai maupun nontunai melalui berbagai bank. Anda dapat menghubungi jasa nebulizer untuk pernapasan kami segera melalui nomor +62 895-03800-997 untuk mendukung penyembuhan dan kesehatan.