Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Penggunaan Layanan Homecare dan Cara Kerjanya

By Perawathomecare Writer

 

Penggunaan layanan homecare memberikan kesempatan kepada setiap keluarga untuk lebih praktis dalam melakukan perawatan pasien selama berada di rumah. Dengan begitu, pasien tidak harus melakukan kontrol setiap saat dengan mengujungi rumah sakit.

Dengan menggunakan layanan tersebut, para penderita penyakit tertentu bisa lebih terkontrol, bahkan gejala penyakit bisa segera diatasi apabila ditemukan tanda-tandanya. Tentu saja semua itu membutuhkan para ahli dalam menanganinya.

Menjaga kesehatan keluarga merupakan hal paling penting untuk dilakukan oleh siapa pun. Oleh sebab itu, pemeriksaan terhadap beberapa penyakit sudah semestinya diperhatikan sedini mungkin demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi usia muda, pencegahan penyakit tersebut memang bisa dilakukan karena masih ada peluang untuk menghindari. Namun, berbeda halnya untuk orang-orang yang memiliki kondisi lemah seperti lansia, anak-anak, dan juga orang dengan riwayat penyakit tertentu.

Biasanya saat seorang lansia terkena penyakit tertentu seperti diabetes tidak bisa disembuhkan secara tuntas. Butuh perawatan lebih lanjut agar kondisi tubuh bisa tetap terjaga, sehingga penanganan para profesional sangatlah dibutuhkan.

Dari sanalah, penggunaan layanan homecare hadir memberikan solusi kepada keluarga agar para penderita penyakit bisa lebih terkontrol dan bisa menghindari hal-hal terburuk. Umumnya pelayanan tersebut mengarah kepada cek atau pemeriksaan rutin.

Setidaknya para pasien rawat jalan bisa mendapatkan layanan tersebut seminggu sekali. Perawatan tersebut sangatlah penting agar saat ditemukan hal buruk bisa langsung menuju rumah sakit. Jadi, identifikasi penyakit bisa ditemukan lebih dini.

Bagaimana Cara Kerja Penggunaan Layanan Homecare?

Bagi Anda yang awam tentang hal ini tentu sangat wajar apabila banyak pertanyaan-pertanyaan terkait bagaimana cara kerja layanan tersebut. Oleh sebab itu, untuk mengetahuinya secara singkat, Anda bisa menyimak informasinya sebagai berikut.

  1. Perawatan Dasar

Salah satu cara kerja penggunaan layanan homecare yaitu perawatan dasar, di mana para perawat nantinya melakukan beberapa pemeriksaan secara mendasar. Salah satunya yaitu dengan melakukan pemantauan terhadap tekanan darah.

Sedangkan para penderita diabetes, melakukan pemantauan gula darah juga dilakukan, sekaligus memberikan terapi agar bisa menjalani rutinitas sesuai kadarnya. Kebanyakan pemantauan tersebut dilakukan kepada pasien lansia.

  1. Perawatan Medis secara Sosial

Cara kerja dari penggunaan layanan homecare berikutnya adalah melakukan perawatan mesin secara sosial. Dalam prosesnya, para perawat nantinya akan menjelaskan terkait hal-hal yang berhubungan dengan pentingnya ukuran tensi darah normal.

Sedangkan untuk pelaku atau perawat yang melakukannya adalah seseorang tanpa sertifikasi, namun di supervisi oleh seseorang yang melakukan sertifikasi. Secara langsung berhubungan dengan dokter yang berada di bidang tersebut.

  1. Persediaan Alat Kesehatan

Cara kerja dari penggunaan layanan homecare berikutnya penyediaan alat-alat kesehatan seperti obat-obatan, alat bantu napas, dan lain sebagainya. ketersediaan alat-alat tersebut digunakan untuk menunjang hidup pasien agar bisa lebih stabil.

Kegiatan seperti ini memang bisa dilakukan oleh seseorang non-medis, namun tindakan yang dilalukan tersebut tidak bisa diasuransi. Meskipun begitu, tetap ada pengalaman di bidang tersebut, meskipun tanpa sertifikasi tertentu.

  1. Kegiatan Non Medis

Cara kerja dari layanan tersebut juga tidak hanya berhubungan dengan medis, seperti pemantauan darah, suhu, dan lain sebagainya. Namun, tindakan tersebut berhubungan dengan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh pasien.

Sebagai contoh layanan tersebut berhubungan dengan aktivitas seperti grooming diri, mandi, latihan fisik, makan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, keluarga bisa tetap melakukan aktivitas lainnya tanpa perlu khawatir keadaan pasien.

Selain itu, pihak perawat juga akan melakukan evaluasi selama perawatan berlangsung, sehingga bisa mengetahui bagaimana perkembangan pasien. Catatan-catatan tersebut bisa disampaikan kepada keluarga pasien tentang apa saja yang bisa dilakukan ke depannya.

Beberapa Layanan Homecare Berdasarkan Prinsipnya

Layanan yang berhubungan dengan homecare melakukan landasan atau prinsip tersendiri. Dengan prinsip tersebut pelayanan akan berjalan lebih baik, sehingga pasien maupun keluarga bisa merasakan hasil positifnya dari hal tersebut.

  1. Perawatan Dilakukan oleh Tenaga Ahli

Proses perawatan yang dilakukan di rumah pasien menggunakan tenaga ahli, seperti perawat atau caregiver. Dengan begitu, dalam prosesnya perawatan tersebut bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

  1. Menerapkan Landasan Dasar

Dalam proses yang berlangsung pada penggunaan layanan homecare tentu tidak boleh dilakukan secara sembarang, terlebih saat mengambil keputusan. Oleh sebab itu, prinsip dari proses tersebut yaitu menerapkan landasan secara mendasar.

  1. Mencari Data secara Akurat

Dalam mencari masalah-masalah yang terjadi, tentu tidak bisa hanya menebak-nebak gejala dari pasien tersebut. Oleh sebab itu, salah satu prinsipnya perawatan tersebut selalu mengutamakan pencarian data-datanya terlebih dahulu secara akurat.

  1. Membuat Diagnosa Sesuai Data

Masih berhubungan dengan prinsip sebelumnya, bahwa penggunaan layanan homecare menggunakan prinsip yakni membuat diagnosa sesuai data. Sedangkan data-data yang diambil untuk keputusan tersebut menggunakan data-data teraktual.

  1. Penyusunan Rencana sesuai Data dan Diagnosa

Prinsip berikutnya terkait pelayanan tersebut yang berhubungan dengan perencaannya yaitu harus melibatkan dua hal penting. Perencanaan tersebut setidaknya harus sesuai dengan data dan diagnosa yang sudah ditemukan.

  1. Memberikan Pelayanan Promotif, Prepentif, Kuratif, dan Rehabilitatif

Selain itu, prinsip lain yaitu memberikan pelayanan secara promotif, kuratif, prepentif, dan rehabilitatif. Prinsip tersebut sudah menjadi landasan para perawat profesional, sehingga keluarga pasien bisa lebih tenang.

  1. Responsif Terhadap Perkembangan Pasien

Terakhir yaitu perawat dituntut untuk selalu merespon setiap adanya perkembangan yang terjadi pada pasien. Dari respon tersebut memunculkan evaluasi baru, sehingga dalam satu waktu bisa dilakukan penanganan lebih lanjut.

Keuntungan yang Didapatkan dari Penggunaan Layanan Homecare

Ada banyak keuntungan-keuntungan yang bisa dirasakan oleh para pengguna layanan tersebut untuk keluarga maupun pasien. Untuk perihal keuntungan-keuntungan tersebut, maka Anda bisa menyimaknya sebagai berikut ini.

  1. Efisien dalam Penggunaan Waktu

Di dalam sebuah keluarga pastinya ada saja aktivitas harus dilakukan di rumah maupun berhubungan dengan pekerjaan di luar. Sedangkan terkadang ada saja waktu perawatan dan aktivitas saling bertabrakan satu sama lainnya.

Oleh sebab itu salah satu manfaat dari penggunaan layanan homecare yaitu bisa lebih efisien dalam penggunaan waktu. Dengan begitu, keluarga pasien tetap bisa melakukan aktivitas kesehariannya, tanpa harus merasa khawatir dengan pasien tersebut.

  1. Efisien Perawatan

Perawatan yang dilakukan sendiri dengan perawatan oleh tenaga ahli jelas berbeda. Hal yang menjadi kekhawatiran ketika perawatan tersebut dilakukan secara mandiri, justru memberikan risiko apabila tidak memiliki keahlian dalam bidang tersebut.

Sedangkan dengan penggunaan layanan homecare, maka prosesnya bisa dilakukan secara tepat. Hal mendasar terkait hala tersebut yaitu para ahli mengetahui pelayanan seperti apa saja yang sekiranya dibutuhkan oleh pasien itu sendiri.

  1. Kualitas Perawatan Jauh Lebih Baik

Dengan memanfaatkan pelayanan home care sudah pasti kualitas perawatan akan jauh lebih baik. Mengingat beberapa prinsip dasarnya, tahapan-tahapan tersebut sangat membantu setiap kebutuhan pasien ketika berada pada kondisi tertentu.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara memilih layanan tersebut, maka bisa menghubungi Perawat HomeCare. Cara kerjanya sangat profesional dan Anda bisa langsung menghubungi kontak +62 895-03800-997.

Tenaga profesional memang selalu dibutuhkan untuk mengatasi semua hal tentang masalah kesehatan. Dengan mengandalkan penggunaan layanan homecare, maka rutinitas tetap terjaga dan pemulihan pasien bisa lebih lancar.