Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Perawatan Gagal Jantung dari Perawat HomeCare

By Perawathomecare Writer

Penyakit gagal jantung bukanlah akhir dari kehidupan para pasiennya karena ternyata Anda tetap bisa menjalani kehidupan secara sehat. Dengan begitu, Anda tetap bisa menikmati hari bersama keluarga ataupun teman tercinta.

Seperti sudah diketahui bahwa jantung menjadi salah satu organ tubuh yang sangat penting karena fungsinya untuk memompa darah agar mengalir ke semua tubuh. Meski menjadi organ penting, tetapi bagian tubuh tersebut tidak bisa dipisahkan dari namanya penyakit.

Selain ada jantung koroner, terdapat juga gagal jantung dimana tidak boleh Anda anggap sepele begitu saja. Sebab apabila tidak memperoleh penanganan dengan benar, maka penyakit tersebut bisa merenggut nyawa seseorang.

Adapun kondisi satu ini biasanya ditandai dengan adanya sesak napas, pembengkakan pada tungkai hingga pasien cepat lelah. Di samping itu, gejala juga akan terus berkembang secara bertahap apabila tidak diatasi segera.

Oleh sebab itulah penting bagi Anda agar memahami penyakit gagal jantung tersebut lebih dalam. Di bawah ini, sudah kami siapkan uraian mengenai gangguan dalam organ tubuh tersebut yang tidak boleh dianggap remeh.

Memahami Tentang Penyakit Gagal Jantung

Gagal jantung adalah suatu kondisi ketika otot pada jantung mengalami pelemahan yang cukup signifikan. Karena hal itulah maka organ ini tidak bisa lagi memompa darah secara cukup ke seluruh tubuh sesuai dengan tekanan normal.

Kendati keberadaan dari gangguan tersebut dapat terjadi di semua umur, tetapi para lansia lebih sering terkena. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, bahwa kondisi tersebut tidak boleh disepelekan begitu saja dan harus memperoleh penanganan secara medis.

Dengan adanya penanganan medis pada pasien penyakit gagal jantung maka bisa meminimalisir adanya risiko komplikasi berbahaya. Untuk proses penanganannya biasanya mempunyai tujuan buat meredakan gejala sekaligus membuat organ ini lebih kuat.

Dibandingkan dengan pria, wanita ternyata lebih berisiko terkena penyakit tersebut terutama yang sudah berusia lanjut. Risiko lainnya juga dapat terjadi pada kelompok orang dengan penyakit tekanan darah tinggi, obesitas hingga mempunyai pola hidup tidak sehat.

Untuk gejala dari penyakit gagal jantung yang terjadi pada pasien biasanya akan berbeda-beda dan tergantung dari penyebab utama. Meski begitu terdapat sejumlah gejala umum yang terjadi pada penderita penyakit ini diantaranya adalah:

  1. Sesak napas ketika sedang melakukan aktivitas seperti naik tangga, berjalan hingga tidur terlentang
  2. Tubuh terasa lemas hingga lelah sehingga membuat tidak produktif
  3. Adanya pembengkakan yang terjadi di area kaki
  4. Denyut lebih cepat
  5. Seringnya terbangun saat malam hari karena sesak napas
  6. Mudah gelisah
  7. Alami batuk ketika malam hari
  8. Perasaan nyeri di dada.

Ketahui Penyebab Penyakit Gagal Jantung

Penyakit gagal jantung ini ternyata juga bisa terjadi akibat beberapa penyebab lho. Inilah mengapa masyarakat juga harus mengetahui, terutama kalau terdapat anggota keluarga yang menderita gangguan tersebut.

Dengan mengetahui penyebab dari penyakit tersebut akan memberikan manfaat dimana lebih mudah dalam menangani berdasarkan penyebab. Berikut ini sejumlah penyebab umum yang memicu terjadinya penyakit ini:

  1. Adanya gangguan jantung koroner
  2. Ritme pada organ tersebut terganggu
  3. Kerusakan yang terjadi pada katup jantung
  4. Gangguan otot jantung
  5. Tekanan darah tinggi
  6. Adanya kelenjar tiroid terlalu aktif
  7. Menderita anemia
  8. Radang otot pada organ tersebut
  9. Adanya kecatatan jantung sejak lahir
  10. Diabetes

Disamping penyebab penyakit gagal jantung di atas, ternyata juga terdapat faktor risiko lainnya dimana bisa meningkatkan terjadinya penyakit tersebut. Misalnya saja adalah seseorang kelebihan berat badan, merokok, konsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi, konsumsi alkohol hingga tidak pernah berolahraga.

Di samping itu, secara umum kondisi tersebut juga mempunyai beberapa jenis yang perlu diketahui. Misalnya adalah gagal jantung sebelah kiri yang terjadi ketika ventrikel kiri dari organ tersebut tidak bisa memompa darah secara maksimal ke semua tubuh.

Selain itu, terdapat gagal jantung sebelah kanan yang terjadi akibat kerusakan ventrikel kanan. Kondisi tersebut mengakibatkan proses pengambilan oksigen di dalam paru oleh darah tidak mampu berjalan dengan semestinya.

Terakhir terdapat juga tipe sistolik dimana kondisi otot pada organ ini yang tidak bisa melakukan kontraksi dengan baik. Kondisi tersebut nantinya akan mengakibatkan proses penyaluran darah dengan kandungan oksigen menjadi terganggu.

Tips Mengatasi dan Hidup Sehat Bagi Para Penderita

Kendati penyakit gagal jantung tidak bisa sembuh 100 persen, tetapi para pasien tetap bisa meminimalisir gejalanya agar bisa lebih ringan. Dengan begitu, Anda akan tetap merasa nyaman dan senang ketika tengah beraktivitas.

Terlebih lagi ada jutaan orang yang tengah mengidap kondisi tersebut dan masih bertahan hingga sekarang. Di bawah ini, sejumlah tips yang perlu diketahui apabila ingin mengatasi dan hidup sehat.

  1. Mempelajari Bagaimana Kondisi Gagal Jantung

Hal paling utama yang wajib dilakukan oleh para pasien adalah memahami kondisi dari penyakit tersebut. Sebab semakin Anda memahaminya, maka akan semakin mudah ketika menjalani kehidupan.

Dengan sejumlah pengetahuan terkait gangguan tersebut, akan membuat pasien lebih patuh terhadap rencana perawatan sekaligus pengobatannya. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi ke dokter agar memperoleh perawatan terbaik.

  1. Selalu Batasi Asupan Garam

Disadari atau tidak, konsumsi garam berlebihan ternyata bisa meningkatkan tekanan pada jatuh sekaligus pembuluh darah. Jika Anda tidak membatasi konsumsi dari garam maka akan membuat penyakit gagal jantung akan semakin parah.

  1. Jaga Berat Badan

Tips berikutnya agar tetap bisa menikmati hidup adalah selalu menjaga berat badan. Cobalah timbang berat setiap hari dan catat apabila terdapat perubahan berat. Jangan sampai terdapat kenaikan secara cepat karena bisa memperburuk kondisi.

  1. Lebih Rutin Bergerak

Perlu diingat apabila Anda malas untuk bergerak maka akan membuat kondisi juga akan semakin parah. Maka dari itu, cobalah lebih rutin untuk bergerak dan berolahraga untuk meningkatkan kekuatan pada otot organ ini.

Dengan aktif bergerak bukan hanya bermanfaat untuk otot ini saja, tetapi juga paru-paru. Sehingga bisa meningkatkan kualitas dari sistem pernapasan dalam tubuh.

  1. Konsumsi Buah dan Sayur Lebih Banyak

Untuk membantu menjaga kesehatan , maka penting agar meningkatkan konsumsi buah dan sayur. Dengan begitu, maka kebutuhan akan vitamin dan mineral untuk organ ini juga sangat penting.

Gunakan Layanan Homecare untuk Perawatan Gagal Jantung

Tidak bisa dipungkiri apabila penyakit gagal jantung memang membutuhkan kesabaran ekstra untuk proses perawatan. Sebab ini merupakan salah satu penyakit mematikan apabila dibiarkan begitu saja dan bisa berpengaruh terhadap kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Apabila Anda atau pihak keluarga menjadi pasien dari kondisi tersebut, maka kami sarankan agar segera menggunakan layanan homecare untuk penderita gagal jantung. Nantinya layanan tersebut akan datang ke rumah guna memberikan perawatan secara lebih optimal.

Dengan menggunakan layanan tersebut akan memberikan sejumlah keuntungan misalnya perawatan lebih maksimal dan anggota keluarga tidak perlu khawatir ketika meninggalkan pasien. Meski begitu, Anda tetap harus selektif dalam memilih layanan homecare penderita penyakit ini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi pasien dari kondisi di atas memang harus memperoleh perawatan secara maksimal. Segera hubungi Perawat HomeCare untuk penderita penyakit gagal jantung hanya di +62 895-03800-997.