Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Prinsip Tempat Perawatan Paliatif dan Perannya

By Perawathomecare Writer

 

Tempat perawatan paliatif jadi salah satu pilihan untuk meningkatkan kualitas hidup baik untuk pasien maupun keluarganya. Jenis perawatan ini umumnya berguna untuk pasien stadium lanjut seperti kanker, HIV/AIDS, diabetes, Alzheimer dan lain sebagainya.

Berguna untuk mengurangi rasa nyeri, masalah sosial yang dialami oleh pasien, fisik hingga spiritual. Melalui pendekatan yang tepat pasien dapat memperoleh berbagai manfaat seperti meningkatnya kualitas hidup.

Selain bagi pasien, perawatan ini juga berguna untuk keluarga terutama dalam menghadapi berbagai masalah terkait penyakit yang mengancam nyawa secara progresif. Prinsipnya yaitu memberikan dukungan pada pasien agar memiliki keinginan untuk berobat.

Berikut Mengenal Tentang Perawatan Paliatif

Perawatan paliatif memiliki pengertian sebagai pengawasan kesehatan yang keberadaannya untuk pasien dengan penyakit tidak bisa disembuhkan dan keluarganya. Caranya sendiri yaitu dengan memaksimalkan kualitas hidup serta mengurangi gejala.

Ada berbagai aspek dari pasien yang bisa menjadi perhatian mulai psikologis, spiritual hingga keluarga. Perawatan ini juga memiliki sistem pendukung demi menolong keluarga pasien.

Terdapat berbagai tujuan dalam pengawasan kesehatan ini termasuk meringankan penderitaan serta memaksimalkan kualitas hidup dari pasien. Tempat perawatan paliatif bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang memiliki keluarga dengan penyakit relatif parah.

Tempat tersebut menyediakan profesional kesehatan yang bisa memberikan dorongan berupa dukungan untuk mendapatkan kenyamanan. Jika tujuan tersebut terwujud maka tempat perawatan bisa jadi pilihan terbaik dalam merawat pasien.

Selama mengalami penyakit, pasien umumnya membutuhkan dukungan fisik dan emosional dari anggota keluarga. Pemenuhan kebutuhan dasar secara fisik, bisa jadi menjadi salah satu contoh dari dukungan tersebut.

Oleh sebab itu, tempat perawatan terbaik untuk paliatif adalah yang bisa melakukan kunjungan ke rumah pasien. Dengan begitu, pasien bisa tetap bersama keluarga dan mendapatkan dukungan yang dibutuhkan.

Ini Dia Tujuan Perawatan Paliatif

Selain memahami tempat perawatan paliatif secara tepat, penting juga mengetahui tujuannya. Salah satunya yaitu untuk memberikan pengawasan kesehatan sebanyak mungkin bagi penderita penyakit berat.

Biasanya penderita akan mengalami beberapa kondisi yang menyebabkan tidak nyaman. Seperti kesulitan bernapas, kelelahan, masalah pencernaan, sensitivitas suhu, ketidaknyamanan kulit, dan lain sebagainya.

Selama proses pengawasan kesehatan, penyedia layanan akan memberikan obat sesuai kebutuhan demi meredakan rasa sakit. Selain itu, hal tersebut juga dapat berguna dalam memenuhi kebutuhan akan kenyamanan secara mendasar.

Perawat bisa mengatur tempat tidur atau ruangan dengan memastikan agar mendapatkan sirkulasi udara demi meningkatkan kenyamanan. Selain untuk pasien dengan tingkat keparahan tinggi, perawatan ini bisa juga untuk orang lanjut usia.

Pada orang yang telah lanjut usia besar kemungkinan mengalami masalah kulit. Oleh sebab itu, keberadaan perawat sangat penting dalam memastikan penerima layanan dapat terawat dengan baik.

Tujuan berikutnya dari perawatan paliatif adalah menyediakan bantuan guna mengurangi keluhan dan gejala. Selain itu, ada beberapa tujuan lain dari tempat perawatan paliatif termasuk di dalamnya menjaga keseimbangan spiritual dan psikologis.

Ada juga tujuan lainnya yaitu untuk memberikan edukasi terkait kondisi dari penerima layanan kesehatan. Tujuan lain yaitu menghubungkan berbagai aspek spiritual dan psikologis demi mengurangi keluhan serta gejala.

Selain itu, tujuan dari perawatan yaitu menawarkan dukungan untuk keluarga. Tidak hanya bagi pasien yang sakit, dukungan juga diberikan bahkan setelah kematian.

Prinsip dari Tempat Perawatan Paliatif

Tempat perawatan paliatif selain menawarkan layanan kesehatan bagi pasien dengan tingkat lanjut juga memiliki beberapa prinsip tertentu. Jenis pengawasan kesehatan ini umumnya berguna meningkatkan perawatan bagi pasien yang menghadapi akhir hayat.

Terdapat beberapa prinsip layanan kesehatan untuk menggambarkan kepedulian dan tindakan yang bisa dilakukan dalam menghadapi akhir kehidupan. Meskipun keberadaannya tidak terbatas pada orang di akhir kehidupan, namun menjadi upaya terhadap penyakit serius.

Tempat perawatan paliatif umumnya menerapkan beberapa prinsip sebagai cerminan akan semangat layanan kesehatan. Berikut beberapa prinsip dalam layanan pasien penderita penyakit serius:

  1. Menghormati Pilihan dan Tujuan Pasien

Prinsip pertama dari perawatan paliatif adalah menghormati pilihan dan tujuan pasien. Hal tersebut meliputi menghargai kebutuhan serta preferensi dari orang yang menderita penyakit serius.

Prinsip ini juga membantu memahami penyakit dengan lebih baik serta mengetahui apa yang bisa diharapkan di masa depan. Tempat perawatan paliatif umumnya menyediakan layanan sesuai kebutuhan.

  1. Memenuhi Kebutuhan Medis

Hal ini meliputi menawarkan cara meringankan gejala fisik dan rasa sakit. Selain itu, juga memastikan jika pasien tidak sendirian. Dengan adanya perawatan ini membantu mengatasi ketakutan dan kesulitan yang dialami oleh pasien.

  1. Mendukung Kebutuhan Anggota Keluarga

Salah satu prinsip dari perawatan ini adalah menawarkan layanan dukungan bagi anggota keluarga dalam merawat pasien yang sakit. Hal tersebut bisa memberikan waktu istirahat dan bekerja.

Keberadaan layanan ini juga bisa mencegah anggota keluarga berisiko sakit akibat merawat pasien. Prinsip ini menjadi bukti, jika keluarga membutuhkan bantuan dalam merawat orang yang sakit.

  1. Mendapatkan Layanan Kesehatan yang Tepat

Prinsip berikut dari keberadaan tempat perawatan paliatif adalah untuk mendapatkan layanan kesehatan secara tepat. Dengan keberadaan perawat dapat mempermudah Anda mendapatkan akses ke layanan kesehatan.

Selain itu, layanan ini juga memastikan kebutuhan pasien terpenuhi dan mendapatkan pengaturan pengawasan kesehatan secara tepat. Sekaligus menyesuaikan pilihan antara kebutuhan individu dan keluarga.

  1. Mengedepankan Standar Layanan Kesehatan

Prinsip ini meliputi membantu mengetahui cara terbaik dalam merawat orang sakit serta mendukung upaya pengawasan kesehatan secara berkualitas. Penyedia layanan paliatif biasanya menawarkan standar layanan kesehatan terbaik untuk keluarga Anda.

Peran Perawat pada Perawatan Paliatif

Selain mengetahui pengertian, tujuan serta prinsipnya, penting juga bagi Anda untuk tahu mengenai peran dari perawat paliatif. Perawat umumnya memberikan perhatian penuh pada pasien dengan pengetahuan serta keterampilan khusus.

Perawat pada tempat perawatan paliatif memiliki kemampuan yang komprehensif sesuai dengan kebutuhan dari individu. Berikut beberapa hal yang biasa dilakukan perawat untuk kategori ini:

  1. Membuat Rencana Pengawasan Kesehatan

Pada tahap awal dari layanan, perawat akan membuat rencana perawatan berdasarkan kondisi pasien, keluarga, serta profesional kesehatan. Perawat akan secara aktif memberikan kontribusi untuk menilai kebutuhan fisik dan emosional.

Selanjutnya yaitu merumuskan rencana pengawasan kesehatan secara individu yang bisa berubah sesuai perkembangan penyakit. Rencana tersebut umumnya mengambil pendekatan secara holistik terhadap kesehatan dari pasien.

  1. Memberikan Dukungan Secara Emosional dan Spiritual

Peran selanjutnya dari perawat tempat perawatan paliatif adalah memberikan dukungan secara emosional serta spiritual. Perawat tentunya memiliki pemahaman jika mengatasi penyakit serius tidak hanya secara fisik.

Dukungan secara emosional dan spiritual juga tidak kalah pentingnya. Perawat akan memberikan konseling penuh empati pada pasien serta anggota keluarganya.

  1. Membantu Pasien Tetap Mandiri

Peran berikutnya adalah membantu pasien meningkatkan kemandiriannya. Perawat bekerjasama dengan dokter membantu dalam menjalankan aktivitas harian. Melalui hal tersebut, sangat memungkinkan untuk pasien tetap berada di tempat pilihannya.

  1. Melakukan Kolaborasi dan Koordinasi

Perawat menggunakan pendekatan multidisiplin dengan peran penting di dalamnya. Di mana pada peran tersebut, perawat akan berkolaborasi dengan profesional kesehatan lainnya.

Hal tersebut berguna untuk memastikan individu mendapatkan dukungan secara tepat terhadap tekanan fisik serta emosional. Perawatan tersebut berguna demi memastikan individu mendapatkan layanan terbaik.

Perawat HomeCare menjadi solusi untuk Anda yang membutuhkan layanan perawat inap, perawat visit, caregiver untuk perawatan paliatif. Untuk mendapatkan info seputar tempat perawatan paliatif dapat menghubungi kami di nomor +62 895-03800-997.