Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Tugas dan Tanggung Jawab Caregiver Profesional

By Perawathomecare Writer

Tanggung jawab caregiver pastinya maksimal untuk klien atau pasien yang menderita penyakit tertentu. Namun demikian, Anda perlu mengetahui lebih mendetail lagi agar bisa semakin yakin. Selain itu, bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum benar-benar menyewa jasa perawatnya nanti.

Jadi, anda sebagai konsumen atau klien memang seharusnya mengetahui lebih dalam dan detail perihal Perawat HomeCare. Jenis perawat atau pengasuh yang lebih banyak beraktifitas di dalam rumah. Lebih tepatnya, rumah klien yang menyewa jasa perawatnya tersebut.

Hal itu dikarenakan sang klien ingin mendapatkan perawatan lebih intensif agar bisa memulihkan kesehatannya pasca menderita sakit. Oleh karenanya, perlu bantuan nurse atau perawat rumahan yang terpercaya. Tentu saja dengan melaksanakan semua tanggung jawab caregiver sepenuhnya.

Tugas Caregiver Sesuai Kebutuhan Pasien

Seorang caregiver harus melaksanakan semua tugas dan tanggung jawabnya sesuai arahan dari klien. Semuanya harus sesuai kebutuhan dari setiap orang yang menyewanya karena tidak menutup kemungkinan berbeda kondisinya.

Dalam artian, setiap klien dalam kondisi fisik dan mental berbeda, sehingga membutuhkan perawatannya juga berlainan. Sebagai contoh, Anda menyewa jasa Perawat HomeCare untuk buah hati di rumah yang baru saja keluar dari rumah sakit.

Anak tersebut menderita patah tulang kaki, sehingga tidak bisa berjalan normal. Oleh karenanya, sangat membutuhkan bantuan perawat yang bisa menjaga sekaligus mengasuhnya. Tentu saja juga bisa melatih dengan dasar-dasar fisioterapi agar sang anak dapat berjalan lagi seperti anak-anak lainnya.

Dengan begitu, perawatan dan pengasuhannya benar-benar ada hasilnya yang memuaskan pihak keluarga. Jadi, tidak sia-sia menyewa jasa Perawat HomeCare karena sangat membantu proses penyembuhannya.

Berbeda dengan orang lain yang juga membutuhkan tanggung jawab caregiver untuk perawatannya, tetapi kondisinya mungkin berlainan. Misalnya, merawat pasien stroke, orang disabilitas dan berkebutuhan khusus, lanjut usia (lansia), dan lain sebagainya.

Perawatnya harus dipilih dengan keahlian dan spesialisasi sesuai kebutuhan perawatannya di rumah. Oleh karenanya, Anda perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan pihak-pihak lebih kompeten di bidang ini. Tujuannya untuk menemukan solusi terbaik.

Bukan hanya solusi menemukan caregiver yang paling cocok saja. Namun, solusi detail perawatannya juga didapatkan. Setelah itu, bisa segera dimulai secepatnya program terapi atau sejenisnya demi kebaikan klien itu sendiri.

Maka dari itu, mengenal tanggung jawab caregiver lebih lengkap dan detail penting bagi masyarakat umum. Khususnya yang belum pernah sama sekali mengenal Perawat HomeCare, sehingga bisa menambah pengetahuan sekaligus rekomendasi terbaik.

Mengenal Beberapa Tanggung Jawab Caregiver yang Penting

Selanjutnya, anda sekalian perlu mengenali beberapa tanggung jawab profesi perawat rumahan. Informasinya cukup penting agar Anda bisa mengetahui masing-masing tanggung jawabnya. Jadi, bukan hanya merawat dan mengasuh saja secara umum.

Tidak sedikit orang penasaran dengan informasinya, sehingga bisa langsung menanyakan langsung kepada pihak perawatnya. Siapa tahu Anda sangat membutuhkan jasanya tersebut sekarang atau suatu hari nanti. Jadi, bisa segera menghubungi rekomendasi caregivernya.

Lalu, apa saja tanggung jawab caregiver yang perlu dikenali lebih lanjut? Berikut uraian dan informasi selengkapnya untuk Anda ketahui.

  1. Merawat Pasien Sesuai Kebutuhannya

Tanggung jawab utamanya memang merawat kliennya yang sudah menyewa jasanya. Sementara untuk bentuk dan detail perawatannya, tentu saja perlu dibicarakan lagi dengan pihak keluarga klien. Dengan begitu, perawatnya bisa bekerja sesuai kebutuhan orang yang dirawatnya tersebut.

Bentuk perawatannya bisa sangat mendetail, seperti membuatkan asupan makanan dan minuman setiap hari. Pastinya asupannya harus sesuai gizi serta nutrisi yang dibutuhkan oleh kliennya. Dengan begitu, proses pemulihan kesehatannya bisa berlangsung lebih cepat.

  1. Membantu Perawatan Pribadi

Tanggung jawab caregiver ini lebih fokus membantu perawaan pribadi dan sehari-hari klien. Misalnya, menyiapkan peralatan mandi, pakaian bersih, hingga makan serta minumnya. Tugas tersebut haris dilakukan perawatnya setiap hari selama kontrak jasanya belum habis.

Maka dari itu, seorang Perawat HomeCare profesional harus mengetahui terlebih dulu informasi perihal perawatan pribadi kliennya. Caranya dengan mewawancarai langsung kliennya atau anggota keluarganya. Dengan begitu, bisa direncanakan program perawatannya lebih mendetail.

Apalagi kliennya sudah berusia lanjut usia, sehingga perlu lebih memperhatikan kebutuhan pribadinya sehari-hari. Bahkan, bukan hanya itu saja, tetapi hingga menyiapkan pernak-pernik yang mungkin seperti anak kecil.

  1. Memberikan Dukungan Emosional

Tanggung jawab caregiver yang satu ini sangat membantu orang atau pasien saat melakukan rawat inap di rumahnya. Dukungan emosional yang bisa membantunya melewati masa-masa sulit saat proses penyembuhan dan pemulihan kesehatannya.

Sebenarnya anggota keluarganya bisa berperan lebih dalam hal ini. Namun demikian, caregiver berpengalaman lebih mengetahui cara dan langkah-langkahnya yang lebih efektif. Dengan begitu, pasiennya bisa merasa lebih nyaman saat dirawatnya di dalam rumah.

Dukungan emosional tersebut bisa dalam bentuk ucapan dan perbuatan. Meskipun terkesan sepele dan ringan, tetapi sangat membantu pasien menghadapi masa-masa sulitnya saat harus memulihkan kondisi kesehatannya.

  1. Memantau dan Melaporkan Kesehatan Pasien

Tanggung jawab caregiver berikutnya, yaitu memantau dan melaporkan kesehatan klien kepada pihak keluarganya. Hasil pantauannya bisa naik atau turun tergantung kondisi kesehatannya secara menyeluruh. Semuanya perlu dipantau setiap hari dan bisa mencatatnya dalam sebuah buku khusus.

Catatannya berisi hal-hal penting seputar kondisi kesehatan klien yang nyata dan jujur. Selanjutnya, hasilnya bisa langsung dilaporkan kepada pihak keluarganya setiap hari, minggu, atau bulan. Dengan begitu, keluarga klien mengetahui kondisi kesehatannya untuk menentukan rekomendasi langkah berikutnya.

Oleh karenanya, Anda jangan sampai salah memilih caregivernya. Pastikan sosoknya benar-benar mengetahui dan memahami proses pemantauan serta pelaporan seperti itu.

  1. Mendampingi Pasien ke Dokter atau Rumah Sakit

Anda juga perlu mengetahui tanggung jawab caregiver lainnya, yaitu mendampingi klien saat mengunjungi dokter atau rumah sakit. Misalnya, melakukan kontrol kesehatan untuk mengetahui progress kondisinya. Perawat harus mendampinginya dan ikut mengetahui pemeriksaan kliennya.

Bahkan, hasil kontrol kesehatannya juga perlu mengetahui karena masih berkaitan dengan tindakan perawatannya di rumah. Lagipula, sang pasien juga perlu pendampingan fisik dan psikis mendalam dalam proses pemulihannya.

  1. Membantu Mobilitas atau Pergerakan

Dalam artian, pergerakan dari pasien saat ingin melakukan berbagai hal. Terutama yang memang kesulitan berjalan atau bergerak karena kondisi kesehatannya kurang memungkinkan. Misalnya, klien umur lansia, mengalami patah tulang, disabilitas, atau yang lainnya.

Perawat HomeCare harus bisa membantu pergerakannya dengan menggunakan tongkat, kursi roda, atau alat sejenisnya. Dengan begitu, pasien masih bisa bergerak sesuai keinginan dan kebutuhannya meskipun masih terbatas.

Hal tersebut sangat membantu untuk pemulihan pasca keluar dari rumah sakit. Misalnya, pasien yang membutuhkan fisioterapi agar dapat menggerakkan tubuhnya seperti orang normal.

Semua tanggung jawab perawat rumahan diatas seharusnya dilaksanakan oleh perawat dengan sebaik-baiknya. Seperti halnya Perawat HomeCare yang sudah terbukti profesional dan berpengalaman dalam menjalankan semua tugasnya. Anda bisa segera menghubunginya di nomor HP +62 895-03800-997.

Sekali lagi, jangan sampai salah memilihnya agar jasanya benar-benar menjalankan semua tugas serta tanggung jawab caregiver. Terutama Anda yang membutuhkan jasanya sekarang harus lebih jeli dan teliti saat memilihnya.