Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Efek Positif Suntik Infus Vitamin C, Tujuan dan Tips Amannya

By Perawathomecare Writer

 

Suntik infus vitamin C telah muncul sebagai tren baru di masyarakat untuk tetap menjaga stamina supaya tetap fit saat melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak energi. Banyak pria maupun wanita baik muda maupun tua yang memanfaatkannya untuk menjaga stamina dan kulit.

Cara ini juga lebih disukai daripada obat-obatan karena memberikan efek yang lebih cepat. Maka tidak heran jika banyak masyarakat baik masyarakat biasa, artis, hingga pejabat yang melakukan suntik vitamin C.

Dengan teknik ini Anda bisa merasakan badannya terasa lebih segar dan kulit tampak lebih cerah. Untuk Anda yang tertarik melakukan suntik vitamin, simak ulasan berikut ini.

Efek Positif Suntik Vitamin C Pada Tubuh

Berikut beberapa manfaat injeksi vitamin C bagi tubuh. Mungkin Sebagian orang masih bingung apa saja manfaatnya, kami hadir untuk Anda yang ingin melakukan suntik vitamin namun tidak mengetahui apa saja manfaatnya.

  1. Mengontrol Tekanan Darah Anda

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition berjudul Effects of Vitamin C Supplementation on Blood Pressure: a Meta-Analysis of Randomized Controlled Trials, meningkatkan asupan vitamin C atau pemberian infus vitamin C membantu dalam pengelolaan tekanan darah yang stabil dan rendah.

  1. Mengobati Kekurangan Vitamin C

Secara umum, dokter akan merekomendasikan infus vitamin C untuk tubuh pasien yang rendah molekulnya. Ini karena tubuh tidak cukup menyerap vitamin C dari makanan. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk gusi berdarah, radang gusi, dan terhambatnya pembentukan tulang dan gigi.

Menurut data yang di publikasikan di situs Vitamin C (Ascorbic Acid) National Library of Medicine, individu yang berisiko mengalami kekurangan vitamin C antara lain adalah orang lanjut usia, perokok, pengguna pil KB, alkohol, dan mereka yang konsumsi vitamin C-nya terganggu. Misalnya alergi atau pola makan tertentu.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Infus vitamin C memberikan manfaat yang sama seperti mengoleskan vitamin C langsung ke kulit. Bahan ini dapat membantu mencegah dan mengobati kulit keriput atau kemerahan (eritema). Vitamin ini juga dapat membantu mencerahkan kulit sehingga tampak lebih bersinar.

Selain itu, tubuh membutuhkan infus vitamin C atau disebut juga asam askorbat, untuk produksi kolagen dan penyembuhan jaringan. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal dengan judul Ingested Hyaluronic Moisturiser Dry Skin, ditemukan bahwa pemenuhan kebutuhan vitamin C dapat meningkatkan kadar asam hialuronat dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin C. Ketika tubuh menyerap zat besi dengan baik, maka dapat menghasilkan sel darah merah secara efisien. Hal ini akan mencegah Anda mengalami kekurangan darah.

  1. Mengobati Kelelahan yang Berkepanjangan

Pemberian infus vitamin C dapat mengurangi kelelahan pada pekerja kantor, dengan menyuntikkan vitamin C membantu mengurangi rasa lelah. Vitamin C dapat menghilangkan rasa lelah dalam waktu dua jam setelah perawatan.

Efek penggunaan vitamin C mungkin terasa di tubuh hingga 24 jam. Dengan cara ini, suntikan vitamin C aman dan bermanfaat untuk menghilangkan rasa lelah, untuk Anda yang mengalami kekalahan mungkin bisa mencoba cara ini untuk mengembalikan stamina Anda.

Tujuan Menerima Suntikan Infus Vitamin C

Vitamin C dapat Anda temukan dalam berbagai makanan bergizi, antara lain buah dan jus jeruk, paprika merah dan hijau, brokoli, stroberi, dan masih banyak lagi. Suplemen vitamin C tersedia dalam berbagai format, termasuk tablet, tablet kunyah, dan kapsul. Selain itu, vitamin penting ini juga tersedia dalam bentuk suntikan.

Dari ketiga pilihan asupan vitamin C, banyak orang yang memilih suntik infus vitamin C. Tujuannya untuk menjaga atau memperkuat sistem imun tubuh. Suntikan vitamin C juga dapat membantu menyembuhkan kekurangan vitamin C.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah menyetujui suntikan vitamin C sebagai terapi kekurangan vitamin C. Suntikan ini juga telah mendapat izin untuk mengobati luka parah akibat trauma atau luka bakar.

Namun, suntikan vitamin C seringkali hanya digunakan ketika kadar vitamin C perlu ditingkatkan dengan cepat atau ketika suplemen oral tidak dapat dikonsumsi karena ketidakmampuan tubuh untuk menyerapnya secara memadai, dan lain-lain. Walaupun diperbolehkan menggunakannya, pengguna juga dianjurkan untuk membatasi, karena akan ada efek samping yang akan ditimbulkan.

Tips Aman Suntik Vitamin C untuk Para Pemula

Tidak masalah jika Anda berencana mencoba perawatan ini. Namun, sebaiknya Anda mengunjungi tenaga yang berpengalaman terlebih dahulu. Ikuti seluruh petunjuk dan saran dokter, termasuk saat Anda diharuskan melakukan pemeriksaan ginjal secara rutin selama suntik vitamin C.

Tidak ada gunanya memiliki kulit cemerlang jika ginjal Anda rusak karena Anda tidak sering menjadwalkan pemeriksaan. Ingatlah bahwa suntikan infus vitamin C hanyalah pengobatan tambahan, bukan terapi utama. Ada beberapa alternatif teknik yang lebih efektif dan aman untuk mencerahkan kulit.

Suntikan vitamin C juga dapat menimbulkan rasa sakit dan rasa terbakar pada kulit. Namun hal ini masih dianggap tipikal. Mual juga umum terjadi setelah dosis vitamin C melebihi 1 gram. Jika Anda mengalami gejala lain selama atau setelah suntik vitamin C, sebaiknya segera temui dokter.

Ketika Anda ingin melakukan suntik vitamin dengan jenis ini, tentunya pengguna harus mempertimbangkan beberapa langkah terbaik supaya hasilnya dapat maksimal. Kami sarankan untuk menggunakan vitamin C sesuai dengan kebutuhan jangan berlebihan karena tidak baik untuk tubuh Anda.

Proses yang Harus Anda Lakukan Saat Injeksi Infus Vitamin C

Meski lebih cepat dan praktis di bandingkan pendekatan lain, suntikan vitamin C tidak memberikan hasil langsung. Untuk mendapatkan kulit secerah mungkin, Anda harus melakukan banyak tindakan.

Pada tahap awal, Anda bisa ke rumah sakit dan mendapatkan suntikan vitamin C seminggu sekali selama dua minggu. Untuk tahap selanjutnya, suntikan vitamin C diberikan setiap dua minggu sekali selama empat minggu.

Pada tahap ketiga, Anda dapat menerima suntikan vitamin C setiap tiga minggu selama enam minggu. Setelah itu, suntikan dapat diberikan sebulan sekali atau sesuai kebutuhan. Pasien akan menerima antara 500 mg dan 1000 mg dalam satu suntikan. Ini merupakan dosis yang sedikit besar bila di bandingkan dengan jumlah vitamin C yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran.

Setelah suntik infus vitamin C, sebaiknya Anda melindungi kulit agar tidak kusam lagi. Anda bisa memakai tabir surya dengan SPF yang cukup untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari langsung. Berolahraga dan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup dapat semakin memperpanjang efek suntikan vitamin C pada kulit Anda.

Namun jika Anda ingin melakukan di rumah, keberadaan Perawat HomeCare memenuhi setiap kebutuhan akan layanan suntik vitamin yang tepercaya. Kini Anda dapat merasakan layanan suntik vitamin dengan aman dan praktis untuk memenuhi kebutuhan pasien. Hubungi kami segera di +62 895-03800-997.

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang suntikan vitamin C. Ingatlah bahwa suntikan infus vitamin C tidak dirancang untuk memutihkan kulit Anda, melainkan untuk membantu Anda mendapatkan kulit cerah.