Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

4 Keuntungan Perawatan Homecare Dibanding Rumah Sakit

By Perawathomecare Writer

 

Apa saja keuntungan perawatan homecare di rumah pribadi dibanding di rumah sakit? Anda sekalian mungkin belum mengetahuinya, sehingga sangat direkomendasikan membaca informasinya hingga tuntas. Dengan begitu semakin mengenal dan memahami perihal perawatan kesehatan private tersebut.

Disebut private karena sosok perawatnya langsung mendatangi tempat tinggal pasien yang bersangkutan. Tentu saja untuk melakukan perawatan sebagai tugas, fungsi, pokok, dan tanggung jawabnya sebagai tenaga kesehatan.

Jadi, perawatannya benar-benar eksklusif yang dilakukan oleh perawat profesional. Tidak sembarangan nurse bisa melakukan homecare seperti itu karena harus bersertifikat. Pastinya pengalamannya merawat pasien di rumah sakit juga menjadikannya lebih berpengalaman.

perawat wanita sedang menyediakan makanan untuk lansia laki-laki

Mengapa Memilih Perawatan Homecare?

Sebelum membahas keuntungan perawatan homecare dibanding dirawat di rumah sakit, Anda sekalian perlu mengenalnya lebih dekat. Memang istilah tersebut masih awam dan belum populer di tengah masyarakat Indonesia. Khususnya untuk kalangan menengah ke bawah.

Alasannya, perawatan eksklusif di rumah oleh tenaga kesehatan profesional biasanya dilakukan oleh orang-orang kaya saja. Jadi, perawatannya sangat identik dengan biaya mahal dan hanya untuk orang tua saja. Anda yang berpikiran seperti itu memang perlu mendapatkan informasi lebih lengkap seputar bidang ini.

Memang benar, homecare memang selalu diidentikkan dengan merawat orang tua lanjut usia khususnya yang menderita penyakit tertentu, seperti diabetes, stroke, atau lainnya. Padahal kenyataannya, jenis perawatan tersebut bisa dilakukan oleh semua orang dan berbagai umur.

Mulai dari bayi, anak-anak, remaja, orang tua, hingga manula. Semua orang yang membutuhkan perawatan lebih intensif dengan sifat eksklusif bisa merasakan keuntungan perawatan homecare. Sementara untuk biaya perawatannya, pastinya bervariasi atau berbeda tergantung dari jenis dan macam tindakan medis untuk pasiennya.

Semakin banyak pasien membutuhkan perawatan medis dengan beragam tindakannya mendetail, tentu saja biayanya lebih mahal. Apalagi harus mendatangkan perawat lebih dari satu hingga dokter spesialis. Namun untuk lebih mengetahui biayanya, Anda bisa bertanya langsung kepada pihak-pihak yang menawarkan jasa caregiver semacam itu.

Biasanya dari rumah sakit negeri atau swasta yang menawarkan jasanya. Namun, ada juga dari perseorangan perawat menawarkan langsung untuk pasiennya. Anda yang menginginkannya seharusnya memilih nurse yang bersertifikat, profesional, serta berpengalaman sebagai tenaga medis.

Jadi, tidak sia-sia saat mengundangnya ke rumah pribadi tanpa perlu mengenal keuntungan perawatan homecare lebih detail. Namun bagi Anda yang masih merasa ragu, memang direkomendasikan untuk bertanya dan berkonsultasi terlebih dulu.

Mengenal Keuntungan Perawatan Homecare yang Lebih Baik

Selanjutnya, Anda sekalian perlu mengetahui lebih dekat perihal keuntungan memilih perawatan eksklusif di rumah saja. Jika dibandingkan dengan rawat inap di rumah sakit, tentu saja ada perbedaannya. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahuinya agar bisa membandingkan sendiri.

Setelah membandingkan, lalu bisa mempertimbangkan sendiri memilih di rumah saja atau menginap di rumah sakit. Terutama saat mengalami sakit yang perlu tindakan medis khusus, sehingga membutuhkan penanganan lebih serius di rumah sakit.

Namun setelah agak pulih kesehatannya, tidak ada salahnya memilih pulang. Lalu, memilih homecare saja daripada terus menerus menginap di rumah sakit. Jadi, apa sebenarnya keuntungan perawatan homecare di rumah?

1. Lebih Dekat dengan Keluarga

Memang benar, pasien yang dirawat di rumahnya bisa lebih dekat dengan keluarga besarnya. Lagipula, bantuan semangat, spiritual, dan doa sangat penting untuk kesembuhan orang sakit. Oleh karenanya, memilih merawat di rumah menjadi sebuah solusi yang cukup bijaksana.

Lagipula, lingkungan rumah beserta seluruh isi dan penghuninya pasti sangat familiar. Hal tersebut secara tidak langsung membantu proses penyembuhan penyakit. Terlebih lingkungan rumahnya yang sepi sangat cocok beristirahat bagi orang-orang sakit.

Jangan menyepelekan orang-orang terdekat saat proses penyembuhan berlangsung di rumah. Keuntungan perawatan homecare ini mungkin tidak bisa Anda rasakan saat berbaring di tempat tidur rumah sakit. Oleh karenanya, semaksimal mungkin manfaatkan hal tersebut untuk kepentingan pemulihan kesehatan.

Anggota keluarga, seperti anak, menantu, cucu, atau lainnya tidak perlu jauh-jauh mengunjungi rumah sakit. Mereka cukup mengunjungi rumah dari keluarga yang sedang sakit tersebut. Suasananya menjadi lebih santai, kekeluargaan, dan pastinya menjadikan proses penyembuhan lebih efektif.

2. Lebih Efisien Terhadap Waktu

Anda yang mendapatkan perawatan intensif di rumah tidak perlu repot-repot hanya untuk melakukan pemeriksaan rutin, kontrol kesehatan, atau sejenisnya. Dengan begitu, efisiensi waktu lebih terjaga sehari-hari menjadi salah satu keuntungan perawatan homecare.

Selain itu, Anda tidak akan kelelahan hanya untuk bolak-balik ke rumah sakit atau praktik dokter. Lebih bisa fokus pada penyembuhan dan pemulihan kesehatan pribadi. Tentu saja dengan pendampingan dari perawat yang sudah berpengalaman.

Caregiver yang sudah sering menangani orang-orang sakit, baik di rumah sakit, puskesmas, klinik umum, atau fasilitas kesehatan lainnya. Pengalamannya tersebut sangat bermanfaat untuk Anda yang sangat membutuhkan bantuan penanganan medis tertentu.

Mulai dari cek tekanan darah, suhu tubuh, dan mengganti infus. Hingga tindakan merawat atau menolong, seperti menuntun ke kamar mandi, mengganti pakaian pasien, dan lain sebagainya.

3. Biayanya Lebih Terjangkau

Jika dibandingkan dengan rawat inap di rumah sakit, tentu saja biaya perawatan di rumah lebih mudah dan terjangkau. Keuntungan perawatan homecare ini dikarenakan tidak perlu membayar kamar, tempat tidur, dan makanan yang diberikan setiap hari oleh pihak rumah sakit.

Jadi, Anda tidur, berbaring, dan beristirahat di tempat tidur serta kamar milik sendiri. Sementara untuk makanan dan minumannya, tinggal mengusahakan sendiri dari orang-orang terdekat. Namun demikian, orang sakit tentu saja ada pantangan makanan atau minuman tertentu.

Dengan kata lain, mengonsumsi makanan serta minumannya benar-benar harus dijaga. Jika seperti itu, sudah tepat menyewa jasa perawat pribadi di rumah. Caregiver yang juga mampu memasak atau membuatkan makanan serta minuman sesuai kandungan nutrisinya untuk orang sakit.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan lagi perihal konsumsi sehari-harinya. Akan tetapi, Anda tetap menanggung biaya semua pengeluarannya yang sepertinya lebih bisa menghemat daripada di rumah sakit.

4. Perawat Sekaligus Teman Berbincang

Keuntungan perawatan homecare lainnya, yaitu Anda bisa menjadikan perawat-perawat tersebut sebagai teman berbincang. Sekedar bercerita pengalaman hidup, tempat curhat, hingga membicarakan penanganan medis yang tepat untuk penyakitnya.

Jadi, perawatnya bukan hanya bertugas merawat dan menjaga orang sakit saja, tetapi juga bisa menjadi teman mengobrol serta berbincang. Kegiatan yang sepele dan ringan, tetapi secara tidak langsung membantu proses penyembuhan orang-orang sakit.

Terutama pasiennya yang sudah tua dan biasanya ingin sekedar berbincang-bincang untuk melepaskan rasa bosan dan suntuknya. Oleh karenanya, Anda seharusnya memilih caregiver yang berkriteria seperti itu. Kriteria yang mampu menjadi pendengar baik sekaligus teman bercerita menyenangkan.

Sekarang, Anda sekalian yang membutuhkan Perawat HomeCare dengan kualifikasi serta pengalaman banyak. Silahkan segera menghubungi nomor telepon +62 895-03800-997 untuk dapat bertanya-tanya dan berkonsultasi seputar cargiver yang dibutuhkan.

Kami akan selalu siap membantu masyarakat Indonesia terutama yang sedang sakit serta membutuhkan perawatan intensif di rumah. Dijamin pelayanan caregiver dari kami memuaskan dan semua keuntungan perawatan homecare bisa Anda rasakan.