Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

6 Kriteria Caregiver Membuat Lansia Nyaman

By Perawathomecare Writer

Memahami apa saja kriteria penting caregiver merupakan langkah awal bagi Anda sebelum merekrutnya. Hal ini perlu jadi perhatian khusus karena berhubungan langsung dengan kenyamanan orang tua.

Semua jasa pengasuh bagus dan berpengalaman, tetapi tidak semuanya mampu memberikan rasa senang, tenang, dan bahagia setiap saat. Memilih secara detail juga berdampak positif ke diri Anda.

Misalnya, tidak perlu lagi cemas memikirkan keadaan orang tua karena sudah bersama orang yang tepat. Jadi fokus bekerja dan tetap memberikan perhatian kepada mereka sebagai penguat sekaligus menggenapkan kebahagiaan.

Berbagai Kriteria Penting Caregiver Meliputi

Sebenarnya memilih seorang pengasuh itu mudah, karena kriterianya singkat. Tidak perlu yang paham tentang penyakit dan obat, karena ranah pekerjaannya memang bukan di sana, pemilihannya jadi sulit akibat kompleksitas.

Artinya, saat Anda mencoba merekrut seseorang kinerjanya bukan hanya seperti matematika yaitu pasti. Melainkan harus menggunakan hati serta emosi, disinilah kesulitannya karena tidak semua bisa.

Maka dari itu, sebelum memberikan kepercayaan penuh coba lihat beberapa Kriteria penting caregiver yang perlu diketahui. Siapa tahu menjadi rekomendasi penting sehingga, mudah dalam menemukan orang tersebut.

1. Stamina Harus Bagus

Seorang pengasuh harus punya stamina yang bagus, karena mereka bukan hanya mendampingi saja. Tetapi juga harus menyiapkan segala kebutuhan pasien, termasuk disuruh-suruh mengambilkan sesuatu lebih dari sekali.

Walau terasa ringan, namun mondar-mandir menguras cukup banyak energi. Belum lagi kalau ada yang nakal sehingga membuat orang tersebut marah, tetapi sulit mengatakannya, kondisi ini begitu menguras energi.

Maka dari itu, kriteria penting caregiver adalah staminanya benar-benar hebat dan sebisa mungkin jarang sekali sakit. Kalau perlu selama satu tahun jangan ada izin atau sakit.

Stamina yang bagus memberikan dampak positif juga kepada pengasuh. Karena semua pekerjaan pasti sudah siap dan beres sebelumnya, kemampuan fokusnya masih sanga tinggi, jadi meminimalkan kesalahan saat bertugas.

2. Rasa Kasih Sayang Tinggi

Kriteria penting caregiver berikutnya adalah mempunyai rasa kasih sayang tinggi. Kondisi ini yang memang sulit dicari karena, rasa tersebut ada dalam hati. Tidak semua orang mampu melakukannya.

Ketika seseorang mengerjakan sesuatu karena langsung dari hati nanti hasilnya pasti lain. Orang tua sangat mampu merasakan bagaimana pura-pura dan ketulusan bahkan Anda sendiri juga bisa.

Ketika para pengasuh sudah sayang dengan pasiennya, semua hal menyakitkan akan berubah menjadi menyenangkan. Bukan hanya itu, mereka juga akan menerima bahkan menganggapnya biasa.

Mungkin ada yang masih melihat pekerjaan ini dari uang. Jadi mereka hanya memastikan SOP dan landasan lainnya, memang sedang berdua dan terlihat baik tetapi, dalam hati tidak sama sekali.

Ada rasa kesal ketika nanti di suruh untuk sesuatu. Tetapi, dengan rasa kasih yang tinggi, hubungannya keduanya akan sangat dekat dan nyaman mau berbicara apa saja tetap aman karena koneksinya.

Dengan adanya rasa kasih sayang ini, para pasien lebih bisa merasakan kebahagiaan. Bukan tidak mungkin, mereka akan sembuh dan punya semangat untuk terus hidup hingga jangka waktu tidak ditentukan.

3. Pandai Berbicara dengan Bahasa yang Baik

Kriteria penting caregiver berikutnya adalah pandai dalam berbicara karena, para pengasuh ini hubungannya bukan dengan pasien saja. Ada teman, anak, saudara, dokter, dan masih banyak lagi.

Mereka harus mampu menerjemahkan segala isi hati tanpa harus mendengarkan secara langsung. Sebagai contoh saat orang tua marah kepada anaknya dan tidak ingin berbicara lagi, tetapi sulit mengatakan.

Jadi hanya diam saja, sebagai pengasuh harus mampu dengan cepat membacanya. Kemudian memberikan pengertian kepada Anak untuk membiarkan semua ini terjadi sementara, agar hubungannya terjalin baik kembali.

Hal ini sangat sederhana tetapi, tidak semua orang mampu memiliki kepekaan seperti ini. Inilah pentingnya komunikasi, jadi mampu mengerti dan memahami kemudian menyampaikannya dengan bahasa yang enak.

Kriteria penting caregiver dalam berkomunikasi membuat situasi menjadi lebih menyenangkan. Seorang anak sendiri paham bagaimana kesalahan atau cara memberi tahu orang tuanya, begitu pula dengan sebaliknya.

Bukan tidak mungkin, keluarga tersebut menjadi hangat sehingga orang tua Anda tidak akan merasa kesepian. Walau sudah ada yang menemani tetap saja, perasaan sedih karena anak memilih sibuk dengan dunianya.

Maka dari itu perlu ada seseorang untuk menerjemahkan keinginan anak dan orang tua ini. Dengan begini hubungannya tetap erat dan nyaman, walau keduanya memiliki keinginan masing-masing.

4. Selalu Peka

Kriteria penting caregiver berikutnya adalah selalu peka terhadap semua keadaan yang terjadi. Sebagai contoh, saat pasien ternyata mengalami tambahan penyakit batuk di waktu tertentu, mereka harus paham itu.

Kemudian ketika waktu control hal tersebut disampaikan, kalau normal sekaligus tidak membahayakan kesehatan aman saja. Tetapi kalau sebaliknya, memberikan penanganan terbaik agar tidak mengandung risiko ke depan.

Kepekaan ini tidak mudah, karena seorang pengasuh harus detail membaca pasiennya. Dan setiap perubahan itu pasti ada maksud serta tujuan, bisa jadi memang bermasalah dengan kesehatan.

Tetapi karena takut dan ada perasaan tidak ingin merepotkan lagi maka saat ditanya dokter diam saja. Untuk mencari orang seperti ini memang tidak mudah, perlu jasa perawatan homecare terbaik.

Karena hanya yang paling bagus punya tenaga terampil, bagus, dan sesuai dengan kriteria. Termasuk soal kepekaan terhadap perubahan sikap dan tingkah laku pasiennya, sehingga berbagai hal bisa dilakukan dengan cepat.

5. Mampu Memenuhi Kebutuhan

Kriteria penting caregiver berikutnya adalah mampu memenuhi kebutuhan pasien dari mulai bangun pagi sampai nanti tidur kembali. Misalnya saja, setiap pagi hari mereka harus berjemur selama beberapa menit.

Maka sebagai seorang pengasuh harus siap untuk bangun dan mempersiapkan segalanya. Termasuk menyiapkan apa yang harus dipersiapkan mulai dari menu makanan dan minuman.

Ketika pasien menginginkan sebuah menu misalnya, caregiver ini harus tahu apakah permintaan tersebut boleh dinikmati ataukah perlu dibatasi. Selanjutnya, mengatur kegiatan yang perlu dilakukan selama satu hari.

Sebagai contoh ketika waktu makan sudah selesai dan masih ada waktu luang. Bisa digunakan untuk hal positif bisa membaca, melihat film, mendengarkan lagu atau berbincang dari hati ke hati.

6. Harus Bisa Sabar

Kriteria penting caregiver berikutnya dan yang paling penting agar semua hal di atas bisa dilakukan adalah mempunyai sifat sabar. Pasti ada momen pasien ini secara tidak sengaja melakukan hal menyakitkan.

Bisa dengan mereka bertutur kata karena suasana hati kurang bagus, atau sampai melakukan sebuah sikap. Maka dari itu, sifat sabar ini sangat penting agar dapat menjalankan semua tugasnya dengan baik.

Mencari seorang pengasuh orang tua dengan berbagai kriteria di atas memang tidak mudah. Tetapi sekarang sudah ada Perawat HomeCare yang siap membantu Anda memberikan caregiver terbaik.

Untuk info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kami di nomor +62 895-03800-997. Bukan hanya seorang pengasuh saja, ada perawat handal, profesional, dan terpercaya siap membantu memenuhi sebuah kebutuhan.

Memilih jasa pengasuh memang tidak mudah, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan terlebih dulu. Maka dari itu, perhatikan berbagai kriteria penting caregiver dan hubungi kami.