Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Berikut Informasi Tentang Perawatan Homecare Disabilitas

By Perawathomecare Writer

 

Perawatan homecare disabilitas merupakan jenis layanan yang bisa membantu Anda mendapatkan akses kesehatan lebih mudah. Sebab, perawatlah nantinya akan berkunjung ke rumah untuk memberikan penanganan, sehingga Anda tidak harus datang ke fasilitas kesehatan.

Salah satu layanan yang diberikan adalah pendampingan untuk penderita disabilitas, baik sekadar visit hingga inap. Jika ada salah satu anggota keluarga dengan kondisi disabilitas dan butuh layanan ini, maka silakan simak beberapa penjelasan penting pada artikel di bawah ini.

tangan seorang anak di atas tangan orang dewasa dengan pose berdoa dan terdapat puzzle di atas tangannya

Berikut Tentang Perawatan Homecare Disabilitas

Beberapa informasi penting dan perlu Anda ketahui terkait perawatan homecare disabilitas terkait disabilitas adalah:

1. Jenis-Jenis Disabilitas

Saat ini terdapat beberapa kategori umum disabilitas yang membutuhkan perawatan homecare disabilitas ataupun tidak antara lain:

• Disabilitas Intelektual

Perawatan homecare disabilitas intelektual merupakan suatu kondisi di mana dapat memberikan pengaruh atas kemampuan intelektual individu. Di mana kemampuan intelektual tersebut mencakup kemampuan berpikir, belajar, serta memecahkan masalah.

Pada umumnya individu dengan kondisi ini mempunyai skor IQ di bawah rata-rata. Hal itulah akhirnya turut berperan memengaruhi caranya berinteraksi dengan dunia dan orang-orang di sekeliling.

Ada cukup banyak penyebab terjadinya disabilitas ini, seperti genetik, keracunan atau trauma saat balita, infeksi kehamilan, gangguan prenatal, ketidakseimbangan nutrisi, gangguan metabolik langka, serta faktor lingkungan lainnya. Beberapa contohnya adalah gangguan perkembangan intelektual, down syndrome, autisme, serta lambat belajar.

• Disabilitas Fisik

Jenis ini mencakup beragam kondisi yang bisa memengaruhi fungsi fisik atau mobilitas individu Di mana beberapa contohnya adalah kelumpuhan, spina bifida, cerebral palsy, dan sebagainya.

Dengan keterbatasan pada dirinya, maka individu tersebut akan cukup terganggu melakukan beberapa hal berhubungan dengan keadaannya. Di keseharian, penderitanya biasanya cukup kesulitan saat melakukan aktivitas dan butuh alat batu, seperti kursi roda.

Beberapa disabilitas fisik penyebabnya adalah karena cedera traumatis, misalnya terjatuh, kecelakaan mobil, atau cedera olahraga. Hal tersebut pun membuat terjadinya kerusakan permanen dalam sistem saraf.

Beberapa penderitanya membutuhkan perawatan homecare disabilitas, sedangkan orang lainnya tetap mampu beraktivitas dengan keadaannya tersebut. Penyebab lainnya adalah kondisi medis bawaan, kelainan genetik atau kelainan perkembangan.

• Disabilitas Mental

Merupakan kondisi di mana terjadinya gangguan pada fungsi emosi, perilaku, serta pikiran individu. Istilahnya pun merujuk pada banyak kondisi kesehatan mental memberikan pengaruh atas fungsi psikologis dan emosi.

Hal itu pun juga bisa memberikan batasan kemampuan dalam melakukan fungsi pribadi dan sosial. Penyebabnya juga sangat kompleks karena melibatkan kombinasi berbagai faktor, baik itu genetik, lingkungan, biologis, hingga psikososial.

• Disabilitas Sensorik

Jenis ini merujuk pada pada kondisi di mana dapat memberikan pengaruh terhadap salah satu atau beberapa indera individu (pendengaran, penglihatan, perabaan, pendengaran, penciuman, serta pengecap).

Beberapa contohnya adalah disabilitas penglihatan (buta warna, buta total, dan lainnya), pendengaran (ringan atau parsial), dan lainnya. Beberapa penyebab terjadinya disabilitas sensorik tersebut cukup beragam, seperti genetik, infeksi, trauma kepala, hingga paparan berlebihan atas suara terlalu keras atau cahaya.

• Disabilitas Ganda

Merupakan keadaan yang membuat individu mengalami beberapa jenis disabilitas di atas sekaligus. Penyebabnya juga lebih kompleks dengan melibatkan beragam faktor, seperti lingkungan, genetik, kondisi medis tertentu, hingga trauma.

2. Aspek Penting dalam Memberikan Perawat Kepada Penyandang Disabilitas

Berinteraksi ataupun merawat penyandang disabilitas memiliki hal penting untuk perlu diperhatikan. Sebab, keadaan satu sama lainnya sangat berbeda, mengingat jenis-jenisnya pun tak sama.

Terlebih, tidak semua penyandang disabilitas membutuhkan bantuan atau perawatan orang lain, karena mereka bisa berdaya sendiri. Oleh karena itu, aspek atau tips penting di bawah hanya berlaku bagi mereka yang memang butuh perawatan saja.

Bagi mereka yang memang membutuhkan pendampingan dari orang terdekat ataupun perawat home care, maka hal yang harus diperhatikan adalah:

• Edukasi Diri Sendiri

Ini berlaku khusus bagi pendamping dari keluarga atau orang terdekat, karena biasanya perawatan homecare disabilitas sudah paham mengenai edukasi ini. Anda harus punya pengetahuan mengenai keadaan orang yang dirawat.

Tujuannya bukan sekadar memahami, tapi juga bisa menjadi antisipasi mengenai tantangan yang mungkin Anda hadapi nanti. Sehingga, manfaatkanlah informasi dari tenaga medis, buku, dan sumber informasi kredibel lain.

• Mengedukasi Sekitar

Salah satu tantangan terbesar merawat penyandang disabilitas tanpa dampingan perawatan homecare disabilitas ialah saat mengondisikan lingkungan sekitar paham situasinya. Hal tersebut karena orang di sekitar juga harus melakukan adaptasi dengan kondisi mereka.

• Fokus Terhadap Hal yang Bisa Anda Lakukan

Fokuslah untuk tahu apa saja hal yang bisa Anda lakukan dengan cara merancang sendiri program atau ha-hal yang bisa membantu mereka. Dengan fokus seperti itu, bukan hanya menguntungkan Anda, namun juga bagi penyandang disabilitas yang dirawat.

Di mana mereka bisa termotivasi dan lebih banyak memiliki pikiran positif, karena hal yang mereka dapatkan memiliki keberhasilan realistis. Dampaknya, tingkat stres pada mereka pun bisa berkurang, karena tidak seperti diberi harapan palsu oleh terlalu banyaknya program atau hal yang dijanjikan.

• Menyeimbangkan Waktu

Bagi Anda yang merawat tanpa dampingan perawatan homecare disabilitas dan memiliki anggota keluarga lainnya, maka penting sekali untuk bisa membagi atau menyeimbangkan waktu. Khususnya dengan anggota keluarga lain, selain yang Anda rawat.

Membagi waktu dengan bijak untuk seluruh anggota keluarga juga berperan penting dalam memastikan bahwa kebutuhan setiap anggota keluarga terpenuhi. Selain itu, hal ini juga bisa menjaga situasi dalam keluarga agar tetap kondusif dan tidak ada kesenjangan.

Sebab, terkadang beberapa orang terlalu fokus pada anggota keluarga yang dirawat, sehingga tanpa sadar mengabaikan yang lain. Maka, hal itu harus dihindari.

Maka, sesekali Anda juga membutuhkan perawatan homecare disabilitas dari profesional sementara yang bisa menggantikan dalam beberapa waktu. Dengan begitu, Anda bisa menghabiskan waktu dengan anggota keluarga lainnya.

• Memperhatikan Diri Sendiri

Selain membagi waktu dengan anggota keluarga lainnya, tetaplah perhatikan diri Anda sendiri. Di mana penting sekali dalam menjaga kesehatan mental dan fisik, supaya bisa mencegah terjadinya hambatan saat melakukan perawatan tersebut.

Hal yang bisa dilakukan adalah tetap melakukan hobi dan minat serta menjalin komunikasi dengan orang terdekat. Menyadari bahwa tidak bisa sempurna juga penting, tapi akali dengan menerapkan target yang masuk akal saja,

3. Perawat HomeCare Solusi Terbaik untuk Bantu Anda

Dari beberapa penjelasan di atas, terlihat bahwa terkadang bantuan profesional juga diperlukan agar Anda bisa menyeimbangkan berbagai hal. Bantuan mereka juga membantu agar bisa mengatasi hal yang tidak bisa diatasi sendiri.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan layanan dari Perawat HomeCare. Tim kami terdiri atas profesional yang berpengalaman dan paham dengan kebutuhan setiap orang.

Anda bisa meminta bantuan untuk pendamping inap ataupun home visit, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Jika tertarik menggunakan layanan perawatan homecare disabilitas kami tersebut, silakan hubungi +62 895-03800-997 untuk informasi lebih lengkapnya.