Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Jasa Homecare Pasang Kateter Pasien di Rumah

By Perawathomecare Writer

 

Gunakan pelayanan homecare pasang kateter pasien yang melakukan rawat jalan di rumah. Pemasangan kateter ini penting, khususnya pada pasien yang sulit buang air kecil sendiri.

Jika Anda belum tahu, kateter adalah alat medis yang berupa selang kecil yang elastis berukuran kecil dan tips. Biasanya terbuat dari karet dan plastik yang berguna untuk membantu mengeluarkan urine.

Anda tidak bisa memasangnya sendiri, harus menggunakan tenaga medis profesional karena berkaitan dengan anggota tubuh yang cukup sensitif. Untuk itulah, perlu menggunakan jasa pelayanan homecare pasang kateter pasien dengan kualitas terbaik.

perawat yang sedang membantu lansia wanita berdiri

Penggunaan Kateter Urine untuk Kondisi Medis Tertentu

Alasan kenapa Anda perlu mendapatkan pelayanan homecare pasang kateter pasien dari ahli medis, karena pemasangannya cukup sulit. Jika Anda bukan dari kalangan medis, tentu akan bingung memasukkan selang kecilnya agar bisa mengeluarkan urin dari kantong kemih.

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, kateter adalah alat medis yang bentuknya adalah selang kecil, tipis, dan lentur. Fungsi utamanya adalah mengeluarkan urine bagi pasien yang tidak bisa melakukan buang air kecil sendiri.

Untuk bisa memasukkannya, petugas medis biasanya memasukkan kateter melalui uretra ke dalam kandung kemih. Kemudian, pasien bisa mengeluarkan urine yang akan ditampung pada kantong. Penggunaan alat ini bisa berlangsung selama 5 sampai 8 hari selama masa pengobatan.

Akan tetapi, ada jenis kateter tertentu yang bisa tahan 1-2 minggu. Biasanya itu digunakan untuk pasien yang mengalami kondisi kesehatan parah seperti koma atau stroke.

Meski penggunaannya lama, Anda harus meminta kepada petugas medis untuk melakukan penggantian seara rutin. Jika digunakan terlalu lama, itu bisa mengakibatkan infeksi.

Untuk jenis kateter sendiri secara umum ada empat, pertama ada yang dari bahan plastik biasanya digunakan dalam jangka waktu pendek dan tidak lentur. Kedua ada kateter dari bahan logam yang hanya digunakan dalam jangka waktu sangat pendek biasanya akan digunakan setelah persalinan.

Ketiga dari bahan lateks dan bisa digunakan dalam jangka waktu kurang dari 3 Minggu ini lentur dan tidak mudah rusak. Keempat kateter yang terbuat dari bahan silikon yang bisa bertahan 2 sampai 3 bulan karena cenderung lebih lentur dan tidak mudah rusak.

Paket Pelayanan Homecare Pasang Kateter yang Lengkap

Jika menggunakan pelayanan homecare pasang kateter, harus lihat dulu paket yang ditawarkan. Pastikan satu paket sudah include secara keseluruhan.

Paket yang diberikan juga tidak terlalu mahal, sesuai dengan jasa layanan yang tertera. Umumnya, jasa pelayanan medis di rumah memang akan menunjukkan paketannya.

Pemasangan kateter terkadang sudah masuk dalam pelayanan homecare medis secara umum. Contohnya saja, pasca operasi dan belum bisa bergerak leluasa, itu juga masih dipasang kateter.

Jadi, pelayanan alat medis tersebut sudah masuk ke dalam paket yang Anda pesan. Namun, jika Anda ingin pemasangan kateter saja tanpa berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam paket layanannya:

1. Menyediakan Alat Kateter

Pertama, pihak Homecare biasanya akan menyediakan alat kateter dengan jenis yang diminta oleh keluarga pasien.

2. Mensterilkan Kateter

Setelah menyediakannya, tidak langsung digunakan begitu saja, tapi pihak tenaga medis juga harus mensterilkan dulu agar semuanya bersih ketika dipasang.

3. Melakukan Pemasangan

Ini adalah tindakan inti yang dilakukan oleh tenaga medis yang melakukan pemasangan kateter di rumah, yaitu memasangkan ke kandung kemih melalui uretra. Dilakukannya secara berhati-hati.

4. Mencatat Kegiatan Pemasangan

Jangan lupa dicatat, ini berkaitan dengan jadwal pemasangannya yang harus diingat. Sebab, pelepasannya juga harus sesuai dengan masa guna dari kateter tersebut.

5. Membantu Mobilitas Pasien

Pemasangan kateter terkadang membuat mobilitas pasien menjadi terbatas, maka, perawat yang berkunjung ke rumah harus membantu mobilitas pasien tersebut. Arahkan bagaimana pergerakan yang benar, agar tidak terjadi gesekan hingga membuat alatnya terlepas.

6. Melakukan Pelepasan Alatnya

Kemudian yang terakhir, jasa pelayanan homecare pasang kateter pasien juga harus datang kembali untuk melakukan pelepasan alatnya. Biasanya tidak perlu membayar lagi, karena sudah termasuk paket pada awal Anda membayar jasanya.

Hal yang Harus Diketahui dari Pelayanan Homecare Pasang Kateter Pasien

Ini yang mungkin masih belum dipahami oleh banyak orang yang baru pertama kali menggunakan pelayanan homecare pasang kateter pasien. Ketika ingin menggunakan pelayan tersebut, banyak dari keluarga pasien yang bingung bagaimana cara memesan dan informasi tambahan terkait pemasangan kateter.

Maka dari itu, sebelum menghubungi perusahaan layanan medis di rumah, berikut hal penting yang perlu Anda ketahui dalam pemasangan kateter melalui homecare:

1.Hanya Perawat yang Memasang Kateter

Tidak boleh ada yang memasang kateter kecuali perawat. Jadi, meski Anda sudah memiliki alatnya di rumah, jika tidak ada keahlian, jangan lakukan sendiri. Nanti perusahaan homecare juga akan mengirimkan perawat yang benar-benar ahli dan profesional di bidangnya.

2. Masa Pemakaian Kateter

Masa pemakaian kateter itu tergantung dari jenis yang digunakan. Biasanya dokter atau perawat akan memberitahu kepada keluarga pasien. Proses pemasangannya juga dicatat tanggal, hari dan jamnya, sehingga pada saat proses penggantian alat, tidak telat.

3. Durasi Pemasangan Kateter

Durasi pelayanan homecare pasang kateter pasien biasanya tidak begitu lama. Hanya perlu 5 sampai 10 menit saja juga sudah terpasang. Bahkan jika semuanya lancar, kurang dari 5 menit sudah selesai.

4. Kenali Tanda-Tanda Infeksi Penggunaan Kateter

Keluarga pasien harus mengetahui tanda-tanda infeksi selama penggunaan alat ini. Biasanya warna urine keruh dan berdarah, perut sakit, dan merasakan nyeri ketika buang air kecil.

5. Pasien yang Menggunakan Kateter Boleh Mandi

Apakah pasien yang menggunakan kateter boleh mandi? Tentu saja diperbolehkan. Menjaga kebersihan tubuh itu wajib saat sakit.

Prosedur Pemesanan HomeCare Pasang Kateter yang Benar

Mungkin bagi Anda yang belum pernah menggunakan jasa pelayanan homecare pasang kateter pasien akan bingung bagaimana cara memesan HomeCare untuk pemasangan kateter di rumah.

Jangan khawatir, karena Anda bisa dengan mudah memesan layanan Perawat HomeCare dari kami hanya melalui WhatsApp saja. Melayani perawatan medis di rumah untuk daerah Jabodetabek, kami siap untuk datang ke kediaman Anda dan melakukan tindakan medis.

Kami memiliki ahli medis profesional dan juga berpengalaman semuanya lulusan D3 atau S1 Keperawatan dengan status STR masih aktif. Untuk melakukan pemesanan, kalian hanya perlu menghubungi nomor WA kami, yaitu +62 895-03800-997. Lakukan chat dengan customer service kami untuk berkonsultasi atas tindakan medis yang Anda butuhkan.

Setelah proses konsultasi telah berhasil, nanti akan kami konfirmasi nama perawat yang akan dayang ke alamat rumah Anda. Jangan lupa, tuliskan alamat yang lengkap agar bisa cepat sampai tujuan.

Dan terakhir, bisa langsung konfirmasi pemesanannya dengan mengisi formulir dan melakukan pembayaran. Tunggu beberapa saat, nanti Perawat HomeCare kami akan langsung datang ke rumah Anda.

Kini, tidak usah khawatir untuk melakukan tindakan medis pada pasien yang rawat jalan di rumah. Gunakan jasa pelayanan homecare pasang kateter pasien milik kami, semuanya beres hubungi Perawat HomeCare saat ini juga.