Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Jasa Rawat Homecare, Layanan, dan Tugasnya

By Perawathomecare Writer

Jasa rawat homecare merupakan salah satu layanan Kesehatan yang dilakukan di rumah. Pasien-pasien yang membutuhkan perawatan medis di mana tidak dapat pergi ke rumah sakit dapat mendapatkan perawatan di rumah dengan bantuan tenaga medis profesional.

Ada banyak layanan rawat homecare yang tersedia, termasuk vaksinasi, perawatan pasca cedera, dan perawatan paliatif. Apa saja bentuk layanan dan manfaat layanan ini bisa disimak melalui informasi di bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Jasa Rawat Homecare

Homecare adalah layanan kesehatan di mana tenaga medis memberikan perawatan seperti fisioterapi, vaksinasi, atau kebutuhan kesehatan lainnya di rumah pasien. Meski demikian, layanan kesehatan yang diberikan tetap pada pengawasan langsung dari dokter.

Adapun pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit di sini tidak terbatas. Oleh karena hal tersebut, jasa rawat homecare dapat membantu aktivitas sehari-hari pasien, seperti memantau makanan mereka atau memantau obat-obatan mereka.

Layanan homecare dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien individu maupun keluarga, serta dapat disediakan, direncanakan, dan dikoordinasikan oleh rumah sakit atau jasa pembeli pelayanan yang terorganisir. Ada beberapa tujuan tujuan dari perawatan tersebut yaitu:

1. Mengoptimalkan kondisi pasien dan mendampingi mereka selama rawat jalan di rumah, sehingga pasien tidak perlu dirawat di rumah sakit untuk waktu yang lama.

2. Meningkatkan fungsi tubuh dan kualitas hidup pasien, seperti terapi untuk membuat pasien lebih nyaman dan percaya diri menjalani aktivitas sehari-hari.

Beberapa dokter di rumah sakit biasanya menyarankan jasa rawat homecare bagi pasien yang membutuhkan, meski demikian pasien juga bisa memintanya secara khusus.

Tugas dan Layanan Jasa Rawat Homecare

Jasa rawat homecare tentu memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk menjalankan peran dan tugasnya sebagai tenaga medis profesional. Adapun beberapa kualifikasi yang harus dimiliki, di antaranya sebagai berikut.

1. Memegang STR (Surat Tanda Registrasi)

2. Memiliki sertifikasi dalam pelatihan home care

3. Memiliki SIP (Surat Izin Praktik)

4. Memiliki pengalaman minimal dua tahun sebagai perawat

Setelah seorang perawat memenuhi semua kualifikasi di atas, selanjutnya perawat tersebut telah resmi untuk memberikan pelayanan khusus di rumah. Adapun tugas dan peran perawat tersebut antara lain.

1. Merawat, mendampingi, dan mengawasi pasien.

2. Merawat dan membantu pemasangan alat medis, seperti kateter dan ventilator.

3. Memberi obat-obatan dan mengatur waktu untuk berkonsultasi dengan dokter.

4. Memastikan jadwal makan pasien secara rutin.

5. Memberi pasien sanitasi pribadi.

6. Menjaga kebersihan lingkungan pasien.

7. Memeriksa detak nadi, kadar gula darah, dan tanda vital pasien lainnya.

8. Mengawasi dan melaporkan kondisi pasien kepada keluarga dan dokter.

9. Memberikan pertolongan darurat kepada pasien.

10. Bekerja sama dengan tenaga kesehatan lainnya untuk membantu pasien mendapatkan perawatan di rumah.

Jenis Layanan Jasa Rawat Homecare

Setelah di atas dijelaskan mengenai tugas dan peran homecare itu sendiri, selanjutnya akan dibahas beberapa jenis layanan yang bisa pasien pilih untuk mendapatkan perawatan. Apa saja jenis layanan tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Layanan Penanganan Orang Tua

Menghubungi homecare adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk merawat orang tua mereka. Dengan layanan ini, perawat akan membantu Anda mengawasi dan merawat orang tua di rumah.

2. Layanan untuk Mengobati Luka

Pasien diabetes yang mengalami luka biasanya menggunakan layanan ini karena luka yang disebabkan oleh diabetes membutuhkan perawatan khusus dan telaten, sehingga akan lebih baik jika dirawat secara langsung oleh profesional medis.

3. Layanan Bantuan Medis untuk Pendamping

Anda dapat memanfaatkan jasa rawat homecare pendamping untuk acara kesehatan seperti vaksinasi massal. Layanan ini juga dapat digunakan untuk acara besar lainnya seperti konser. Selain itu, beberapa rumah sakit juga kini sudah banyak yang menawarkan berbagai layanan vaksinasi di rumah.

4. Layanan Rehabilitasi Setelah Operasi

Anda dapat memanfaatkan homecare daripada harus pergi ke rumah sakit berulang kali untuk kontrol pasien yang baru saja menjalani operasi. Pasien yang menderita stroke, kanker, infeksi, atau gangguan mental sangat membutuhkan perawatan khusus dan perawatan jangka panjang.

5. Layanan Kesehatan Bayi

Anda yang baru melahirkan juga dapat memanfaatkan jasa rawat homecare mulai dari perawatan ibu hingga bayi, semua layanan terbaik bisa Anda dapatkan.

Daftar Pasien yang Direkomendasikan Menggunakan Homecare

Umumnya setiap pasien yang menjalani perawatan di rumah dapat menggunakan layanan Kesehatan ini, terutama jika mereka disarankan oleh dokter. Meski demikian, berikut beberapa daftar pasien yang memerlukan perawatan di rumah.

1. Pasien yang dirawat di rumah sakit

2. Pasien lanjut usia

3. Pasien rawat jalan

4. Pasien dengan kebutuhan alat medis selama rawat inap

5. Pasien dengan kondisi kronis

6. Pasien dengan perawatan medis karena cedera

7. Pasien cacat

8. Seorang ibu yang baru saja melahirkan

9. Bayi baru lahir

10. Anak yang memiliki kebutuhan khusus

11. Pasien dengan sejarah penyakit seperti diabetes, alzheimer, penyakit jantung, dan lainnya

Perawat untuk homecare dapat dibagi menjadi tiga jenis utama berdasarkan pendidikan mereka. Pertama tentu pada perawat umum yang memiliki kualifikasi D3/S1 dalam bidang keperawatan dan Kesehatan.

Kedua merupakan perawat atau pendamping lansia yang biasanya memiliki kualifikasi setara SMK dalam bidang Kesehatan. Terakhir merupakan perawat/bidan untuk ibu dan anak yang memiliki kualifikasi kebidanan.

Pasien yang membutuhkan layanan ini harus lebih teliti dan hati-hati dalam memilih perawat karena ini akan menentukan kenyamanan dan kesehatan pasien. Untuk alasan ini, pastikan Anda memilih Perawat HomeCare dengan segera menghubungi kami.

Biaya Layanan Jasa Rawat Homecare

Biaya perawatan homecare biasanya dipengaruhi oleh jenis layanan yang dibutuhkan, lama layanan yang dibutuhkan, lokasi, dan jenis perawat yang dipilih. Terlepas dari hal tersebut, di bawah ini beberapa rincian biaya layanan kesehatan ini.

1. Biaya perawat pendamping sekitar jutaan rupiah per bulan atau sekitar 30 hari kerja di rumah pasien dengan kondisi yang ringan seperti lansia, stroke ringan, diabetes type 1, atau pasien pasca operasi ringan.

2. Biaya perawat ahli sekitar jutaan rupiah per bulan untuk pasien yang menggunakan alat bantu jalan atau makan, yang biasanya memiliki kondisi yang relatif ringan namun masuk ke dalam kategori sedang.

3. Biaya perawat ICU mulai dari sekitar puluhan juta rupiah sebulan dengan kondisi pasien yang masih menggunakan alat bantu ICU, perawat ini masuk dalam kategori yang paling tinggi karena mereka membutuhkan perawatan terbaik di bidangnya.

4. Biaya perawat ibu dan anak juga mulai dari sekitar puluhan juta rupiah sebulan, perawat ini diperlukan saat pasien seoarang ibu selesai melahirkan atau saat proses persalinan. Selama pemulihan, perawat akan membantu ibu dan anak.

Demikian beberapa ulasan mengenai jasa layanan kesehatan homecare. Ingat, jangah pernah sembarangan dalam memilih jasa layanan sebab jika salah pilih akan membahayakan kesehatan Anda atau keluarga. Gunakan jasa rawat homecare terbaik dengan menghungi kami Perawat HomeCare melalui nomor +62 895-03800-997 yang tentu sudah aman.