Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Jasa Rawat Kolostomi di Rumah Bersama Kami

By Perawathomecare Writer

Perawat HomeCare dapat memberikan perawatan kolostomi di rumah, kolostomi sendiri merupakan prosedur pembuatan lubang pada bagian perut. Pembuatan lubang ini berfungsi sebagai saluran pembuangan atau feses.

Biasanya pasien yang membutuhkan prosedur ini tidak bisa membuang air besar secara normal karena beberapa faktor seperti masalah pada usus besar, anus atau rektum. Pasien yang sudah mendapatkan prosedur ini tentu harus mendapatkan perawatan khusus.

Tujuan Perawatan Kolostomi di Rumah

Prosedur kolostomi biasanya baru dilakukan jika pasien tidak bisa mengeluarkan feses secara normal. Prosedur pada umumnya harus dilakukan agar pasien tetap bisa mengeluarkan feses dan gas dari dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, biasanya prosedur ini juga dilakukan agar bisa menghentikan infeksi, mengatasi terjadinya sumbatan, serta mencegah kerusakan pada organ usus besar yang lebih serius. Ada beberapa kondisi lainnya yang membuat pasien harus melakukan prosedur kolostomi.

      1. Pasien mengalami kanker usus besar dan kanker rektum
      2. Pasien mengalami penyumbatan atau cedera pada usus besar
      3. Pasien mengidap penyakit crohn dan kolistis ulseratif
      4. Pasien mengalami infeksi pada organ usus besarnya, infeksi yang paling sering adalah diverkulitis
      5. Pasien mengalami kelainan bawaan pada saluran pencernaan. Misalnya adalah atresia ani.

    Perawatan kolostomi bisa dilakukan di rumah ketika pasien sudah diperbolehkan pulang. Namun, perawatan kolostomi di rumah tetap harus dilakukan dengan SOP yang benar agar pasien tidak mengalami infeksi. Secara umum ada dua jenis prosedur kolostomi yaitu kolostomi permanen dan kolostome sementara. Pasien kolostomi permanen dilakukan jika tidak bisa buang air besar akibat kerusakan pada organ usus yang parah dan tidak dapat diperbaiki kembali.

    Biasanya pasien yang mengidap kanker, penyakit crohn, diverkulits, dan polip hingga seseorang yang mengalami cedera serta sumbatan total. Sedangkan kolostomi sementara biasanya dilakukan untuk membantu proses pemulihan ketika organ usus besarnya bermasalah namun masih bisa diperbaiki atau pulih kembali.

    Perawatan Kolostomi di Rumah Meliputi Apa Saja?

    Setelah melalui proses operasi, pasien akan mendapatkan perawatan selama 3 sampai dengan 7 hari pasca operasi. Perawatan ini bisa saja lebih lama jika harus ada tindakan darurat.Setelah rumah sakit mengizinkan Anda pulang, perawatan kolostomi di rumah bisa dilakukan agar bisa menjaga lubang tidak terjadi infeksi hingga komplikasi. Jika Anda tidak yakin dapat melakukannya secara mandiri dan membutuhkan bantukan ahli.

    Anda bisa memanggil Perawat HomeCare untuk membantu Anda secara langsung menjaga lubang kolostomi dan mencegah terjadinya infeksi hingga komplikasi. Prosedur yang akan dilakukan pada perawatan di rumah antara lain.

        1. Memasang serta mengganti kantongnya

      Pada awalnya pasien pasti akan merasa bingung bagaimana cara mengganti kantong dan memasangnya kembali. Perawat HomeCare akan membantu serta menjelaskan bagaimana cara memasang hingga mengganti kantongnya kembali.Selain itu, dalam perawatan kolostomi di rumah perawat juga akan mengganti kantongnya secara rutin. Ada beberapa jenis kantong yang bisa digunakan dalam jangka waktu satu hingga tiga hari.

      Namun, ada juga jenis kantong yang mengharuskan Anda menggantinya setiap hari. Jadi, perawat akan mengganti kantongnya sesuai dengan jenis yang digunakan.Biasanya perawat akan merekomendasikan menggunakan kantong yang sudan terisi sepertiga dari total kapasitasnya. Tujuannya untuk mencegah kantongnya merembas keluar karena dapat mengenai area sekitarnya.

          1. Menjaga kebersihan

        Perawatan kolostomi di rumah juga harus memerhatikan kebersihan sekitar lubangnya. Perawat akan mengelapnya menggunakan air hangan dan juga sabur, hingga membilasnya menggunakan handuk kering yang lembut.

        Keringkan kantungnya juga menggunakan handuk yang lembut dan bersih. Sebelum melakukannya perawat akan memastikan tangannya bersih sesuai dengan prosedur agar mencegah risiko terkenal infeksi.

            1. Lebih cepat mengenali gejala infeksi hingga komplikasi

          Selain melakukan perawatan, perawat juga akan langsung mengambil tindakan cepat ketika terjadi gejala infeksi hingga komplikasi. Infeksi tersebut akan ditangani lebih cepat sebelum menjadi komplikasi yang dapat berdampak pada kondisi pasien.

              1. Membantu saat harus menjalani diet khusus

            Biasanya pasien harus menjalani diet khusus, biasanya pasien akan disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah serat. Diet ini dilakukan agar feses yang dikeluarkan tidak keras dan berukuran besar.Jika terjadi akan berisiko menyumbat usus dan membahayakan diri. 

            Perawat akan membantu menyiapkan menu-menu yang dapat dikonsumsi agar bisa mengurangi risiko penyumbatan usus akibat feses terlalu keras dan dapat meningkatkan produksi gas di usus.Dengan adanya perawatan kolostomi di rumah dari Perawat HomeCare, pemulihan pasca operasi akan lebih cepat serta dapat mencegah terjadinya infeksi hingga komplikasi yang dapat berdampak pada kesehatan Anda.

            Alasan Harus Menggunakan Jasa Perawatan Kolostomi dari Perawat HomeCare

            Perawat medis HomeCare tidak hanya bertindak sebagai penolong medis saja, kami akan menjadi teman terbaik Anda yang selalu mengerti bahwa setiap orang memiliki caranya sendiri melalui proses penyembuhannya.

            Termasuk bagi Anda yang membutuhkan perawatan kolostomi di rumah. Perawat kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk merawat Anda pasca operasi kolostomi dari rumah untuk mencegah terjadinya infeksi dan komplikasi. Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa Anda harus memilih kami sebagai perawat medis Anda.

                1. Sudah Terpercaya

              Perawat HomeCare telah menangani lebih dari 50.000 pasien lebih pada 12 wilayah di sekitar Jabodetabek. Kami selalu berdedikasi untuk memberikan perawatan dan pelayanan terbaik untuk para pasien.

                  1. Dapat membantu dalam banyak hal

                Perawat kami bisa membantu Anda dalam banyak hal, selain menjadi perawat medis kami juga bisa bertindak sebagai asisten dokter, perawat pribadi, bendahara medis hingga teman bicara. Kami juga akan memberikan solusi-solusi medis yang bisa dilakukan untuk membantu Anda dalam proses pemulihan.

                    1. Profesional dan sudah terlatih

                  Tenang saja, semua perawat kami sudah melalui proses pelatihan yang ketat sehingga menghasilkan perawat-perawat terbaik yang profesional dan sudah terlatih. Jangan sampai salah memilih perawat karena langkah Anda akan menentukan bagaimana kondisi pasien selanjutnya.

                  Sebaiknya memilih tenaga medis yang sudah terlatih untuk membantu perawatan kolostomi dari rumah dan melakukan pendampingan medis. Perawat yang profesional juga memiliki kejelian dalam mendeteksi gejala infeksi atau komplikasi yang bisa saja terjadi kapan saja.

                      1. Menyediakan Tindakan Keperawatan yang lengkap

                    Selain memberikan perawatan kolostomi di rumah, perawat kami juga akan memberikan tindakan-tindakan keperawatan lainnya jika diperlukan. Beberapa tindakan keperawatan tersebut adalah pasang dan pemberian makan melalui NGT/sonde, memasang dan memonitor infus, memasang dan merawat kateter, suntik injeksi, dan masih banyak lagi.

                        1. Memberikan Asuhan Keperawatan

                      Perawat HomeCare kami juga sudah terlatih untuk memberikan asuhan keperawatan seperti personal hygene, memberikan obat tepat waktu, melatih gerak-gerak sederhana, membantu mobilisasi, menjadi pendamping dan masih banyak lagi.

                      Perawat HomeCare terdiri dari tenaga profesional yang sudah terlatih dan berpengalaman. Pesan pelayanan Perawat HomeCare melalui Whatsapp +62 895-03800-997 sekarang juga.Nikmati semua layanan Perawat HomeCare sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan memilih perawat, pastikan perawatan kolostomi di rumah ditangani oleh tenaga profesional.