Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Keuntungan Layanan Homecare Lansia di Rumah

By Perawathomecare Writer

Layanan homecare lansia merupakan suatu pelayanan kesehatan atau perawatan diberikan kepada pasien yang membutuhkan perawatan secara khusus di rumah.

Pada awalnya ketika orang tua sakit, kemungkinan pihak keluarga dalam hal ini anak masih dapat mengingat pengobatan, merencanakan terapi, menyiapkan makanan dan biayanya masih dapat ditanggung.

Namun masalah-masalah tersebut memiliki solusi dengan memanfaatkan layanan homecare. Anda tetap bisa melakukan berbagai aktivitas seperti biasanya dan tenang saat keluar rumah.

Keuntungan-keuntungan Menggunakan Layanan Homecare Lansia

Saat ini ada solusi sederhana yaitu perawatan di rumah Anda. Perawat HomeCare ini akan mendampingi dan menjaga pasien, keuntungannya ialah:

1. Lansia Tetap Merasa Dihargai

Para orang tua atau orang lanjut usia di rumah tentu akan sedih jika mengirim orang tua lanjut usia ke panti jompo untuk dirawat. Oleh karena itu, solusi terbaik apalagi jika Anda tidak memiliki cukup waktu di rumah karena sibuk bekerja namun memiliki orang tua atau lansia yang membutuhkan perawatan di rumah, adalah dengan menghubungi layanan home care.

Dengan layanan homecare lansia Anda tidak hanya memastikan bahwa para lansia dirawat. Tetapi juga menghormati dengan tidak mengirim orang tua ke panti jompo dan lebih memilih merawat di rumah.

Keuntungan layanan homecare adalah pasien bisa dekat dengan orang yang disayanginya. Seperti kita ketahui, pasien tetap bisa merasa kesepian karena meninggalkan rumah dan keluarganya, betapapun bagusnya fasilitas rumah sakit.

Meski keluarga punya kesempatan menjenguk pasien, namun tidak bisa mendampingi pasien 24 jam sehari. Layanan homecare dapat menjadi solusi bagi pasien yang tidak ingin dirawat di rumah sakit.

Perhatian keluarga dapat menjadi dukungan positif bagi pasien, sehingga keinginannya untuk sembuh semakin kuat. Hal ini tentunya akan mempercepat proses pemulihan, terutama pada pasien lanjut usia yang menderita penyakit progresif seperti demensia.

Tentu saja, perawatan medis yang memadai juga harus dijamin melalui layanan homecare lansia. Selain itu, kehadiran keluarga menjadi pendorongnya untuk ingin pulih secepatnya.

2. Orang Tua Tetap Merasa Tenang

Ketika orang sudah lanjut usia, orang tua biasanya lebih menyukai suasana yang tenang dan damai. Kebisingan orang lanjut usia lainnya atau kebisingan mesin di rumah sakit bisa sangat mengganggu orang tua.

Hal ini jika Anda memilih untuk merawatnya di salah satu tempat tersebut. Tentu saja akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang tua atau orang lanjut usia. Namun lain halnya jika Anda dirawat di rumah melalui layanan homecare lansia, Anda akan merasa lebih nyaman dan menikmati lingkungan sekitar yang akrab

Selain itu, Anda akan merasa lebih tenang karena dapat memantau perkembangan kesehatan dan perawatan setiap hari. Pemilihan layanan dari Perawat HomeCare adalah meningkatkan kualitas hidup keluarga.

Dengan adanya layanan tersebut, keluarga tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Anak-anak tetap dapat bersekolah, maka yang seharusnya bekerja akan tetap dapat bekerja. Jika perawatan tersebut dilakukan di rumah sakit, maka anggota keluarga biasanya harus mengambil cuti kerja untuk bisa menjaga anggota keluarga sedang sakit.

Tidak jarang anak-anak harus mengambil izin dari sekolah karena orang tua harus meluangkan waktu dan tenaga untuk mengurus anggota keluarga yang sakit tanpa bantuan layanan homecare lansia.

Hal ini tentu akan mengubah ritme harian ada di dalam keluarga. Dengan memanfaatkan layanan homecare, Anda dan anak-anak tetap dapat beraktivitas seperti biasa sambil tetap memperhatikan keluarga yang sakit.

3. Lebih Efisien

Salah satu alasan perawatan di rumah menjadi semakin populer di kalangan keluarga dan lansia adalah kepraktisannya. Setiap orang bisa mendapatkan perawatan optimal di rumah tanpa mengeluarkan banyak uang.

Terdapat beberapa fasilitas perawatan di rumah yang menawarkan layanan medis dan non medis tergantung pada kebutuhan pasien sudah disediakan melalui layanan tersebut. Jika pasien dirawat di rumah dengan layanan homecare lansia, maka keluarga dapat memantau kondisi pasien secara cermat.

Jika kondisi pasien berubah, ia dapat segera menghubungi dokter layanan perawatan di rumah atau melakukan tindakan pencegahan yang sebelumnya diperintahkan oleh dokter.

Dengan cara ini, Anda dan keluarga tidak perlu membuang waktu untuk mengunjungi atau menunggu pasien setiap hari. Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga sambil memantau kesehatan pasien di rumah.

Lebih baik lagi bila perawatan di rumah dipadukan dengan perawatan pribadi dari fasilitas kesehatan. Dengan didampingi tenaga kesehatan, seperti perawat, tindakan pertolongan pertama dapat dilakukan sambil menunggu kedatangan dokter keluarga.

Dengan layanan homecare lansia, keluarga tidak perlu membuang waktu setiap hari pergi ke rumah sakit untuk menjenguk atau menunggu pasien.

Tentunya bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga sambil memantau kesehatan pasien di rumah. Keputusan mengenai pengobatan pasien dapat diambil dengan cepat karena keluarga melihat langsung kondisi pasien.

4. Membuat Jadwal untuk Lansia

Perawat biasanya dipekerjakan untuk membantu prosedur non-medis. Tugas-tugas dasar kehidupan seperti memberi makan, membersihkan, memindahkan orang tua dari tempat tidur ke kursi roda dan mandi adalah tanggung jawab pengasuh.

Perawat biasanya diperuntukkan bagi pasien yang kesehatannya stabil dan tidak memerlukan pengobatan khusus. Perawat HomeCare pandai membuat dan mengatur rencana kegiatan untuk orang lanjut usia.

Layanan homecare lansia mengatur jadwal mulai dari jadwal makan, jadwal pengobatan, menjaga asupan gizi seimbang bagi lansia dan jadwal minum, semuanya diatur dengan baik oleh perawat layanan tersebut.

5. Sedikit Meringankan Beban Keluarga

Meskipun tanggung jawab utama perawatan dan dukungan terhadap kerabat lanjut usia ada pada keluarga. Namun kebutuhan medis dapat dipastikan tidak dapat dipenuhi dan dilaksanakan secara mandiri. Untuk itu pelayanan perawatan ini hadir untuk merawat dan memenuhi segala kebutuhan lansia terutama mengenai aspek medis dan psikologis lansia.

Dengan cara ini, beban keluarga dalam mendampingi pengasuh lansia di rumah dapat dikurangi. Demi riwayat kesehatan pasien, penting bagi pengasuh atau perawat untuk mencatat perkembangan pasien.

Baik yang melibatkan aktivitas perawatan di rumah dengan atau tanpa peralatan medis. Merawat melalui layanan homecare lansia memerlukan keterampilan khusus.

Akan lebih baik lagi jika Anda memilih layanan homecare terlatih dan terpercaya. Sekurang-kurangnya lulusan pendidikan tinggi keperawatan yang telah mendapat pelatihan khusus dari lembaga sosial.

6. Perawatan Lebih Lengkap

Menyediakan perawatan luka, terapi insulin, perawatan selang trakeostomi. Trakeostomi atau trakeostomi adalah prosedur pembedahan leher di mana sebuah selang dimasukkan secara permanen atau sementara ke dalam tenggorokan seseorang.

Selama trakeostomi, dokter memasukkan selang yang dimasukkan melalui sayatan di leher di bawah pita suara. NGT, nebulizer, kateter dan berbagai perawatan lainnya yang memerlukan prosedur rumit.

Selang nasogastrik (NGT) atau biasa dikenal dengan selang adalah selang khusus yang dimasukkan melalui hidung, ke tenggorokan, kemudian melalui kerongkongan dan masuk ke lambung.

Nebulizer adalah alat dapat mengubah obat cair menjadi uap. Alat yang dipasang di hidung ini dihubungkan dengan mesin fungsinya mendorong gas dengan tekanan dan kecepatan tinggi sehingga obat cair diubah menjadi uap.

Anda bisa memesan Perawat HomeCare sebagai layanan homecare lansia yang dapat memberikan perawatan kepada pasien bila diperlukan melalui nomor +62 895-03800-997.