Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Layanan Caregiver Mental Disorder Terbaik

By Perawathomecare Writer

 

Layanan caregiver mental disorder homecare menjadi salah satu solusi untuk perawat pasien tanpa harus ke Rumah Sakit Jiwa. Pasien dengan gangguan jiwa (mental disorder) biasanya akan membutuhkan peran keluarga dalam pemulihannya.

Sehingga, merawatnya di rumah dengan perawat homecare menjadi salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut. Apalagi, para perawat telah dibekali dengan keahlian keperawatan sesuai aturan dan prosedur kesehatan yang berlaku.

Mengenal Apa Itu Mental Disorder?

Mental disorder adalah suatu kondisi yang mempengaruhi perilaku, pola pikir, perasaan, atau aktivitas sehari-hari pasien. Mengenai kondisi ini umumnya sangat bervariasi, mulai dari kondisi yang ringan hingga parah.

Kondisi ini biasanya berhubungan dengan masalah dalam pekerjaan, keluarga, atau fungsi sosial. Untuk itu, pengidap kondisi ini harus segera ditangani. Dalam penagganannya dibutuhkan perawatan dari tenaga kesehatan dan dukungan keluarga.

Caregiver merupakan seseorang yang sudah lulus pelatihan khusus guna melakukan pendampingan kepada para pasien yang dirasa tidak mampu untuk merawat dirinya sendiri. Caregiver akan membantu merawat seseorang yang memiliki keterbatasan fisik atau mental.

Untuk itulah, jika Anda memiliki keluarga dengan kondisi tersebut bisa menggunakan layanan caregiver mental disorder homecare kami untuk mendapatkan perawatan sesuai dengan anjuran dokter.

Ketahui Beberapa Penyebab Mental Disorder

Pada beberapa kasus pasien pengidap mental disorder dapat semakin memburuk jika tidak segera di atasi. Di sisi lain, beberapa kasusnya tidak diketahui secara pasti mengenai penyebabnya.

Tetapi, biasanya kondisi ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti lingkungan sekitar, faktor genetik, atau gabungan dari kedua faktor tersebut, seperti halnya:

  1. Mempunyai keluarga dengan riwayat pengidap mental disorder
  2. Menderita penyakit kronis
  3. Persoalan pribadi pasien
  4. Mengonsumsi alkohol berlebihan dan menggunakan obat terlarang
  5. Memiliki traumatis dalam hidup
  6. Mengalami kerusakan otak
  7. Merasa kesepian dan hidup dengan penuh tekanan
  8. Pernah mengalami Mental Disorder sebelumnya
  9. Perubahan reaksi senyawa dalam otak

Penyebab-penyebab di atas umumnya juga didasari dengan munculnya berbagai gejala Mental Disorder. Gejala yang muncul pada pasien biasanya berasal dari gejala psikologis hingga gejala secara fisik.

Jika tidak segera ditangani, tentu akan membahayakan bagi pasien. Terlebih kondisi pasien sudah dalam keadaan yang membahayakan dirinya sendiri. Sehingga penting bagi Anda untuk menggunakan layanan caregiver mental disorder homecare agar mendapatkan perawatan lebih lanjut bagi pasien mental disorder.

Jenis-Jenis Mental Disorder yang Membutuhkan Caregiver

Setelah mengetahui beberapa penyebab seseorang mengalami Mental Disorder, terdapat beberapa jenis kondisi penderita yang harus Anda ketahui. Jenis kondisi ini sesuai dengan tingkat keparahan dan penyebab yang mendasarinya.

Jenis inilah yang biasanya akan membutuhkan bantuan layanan caregiver mental disorder homecare untuk proses pemulihannya. Adapun jenis mental disorder antara lain sebagai berikut:

  1. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan yang terjadi pada pasien biasanya ditandai dengan munculnya rasa cemas saat merespon objek atau situasi tertentu dan sulit dikendalikan. Situasi seperti itulah yang menyebabkan pasien merasa takut dan panik hingga membuat detak jantung lebih cepat.

  1. Gangguan Psikotik

Pada gangguan psikotik ini bisa mengarahkan kesadaran dan pikiran manusia secara abnormal. Hal ini mengakibatkan pengidapnya bisa halusinasi dan delusi. Kondisi tersebut tentu saja akan mengganggu aktivitas sehari-hari jika tidak segera ditangani oleh caregiver mental disorder homecare.

Adapun contoh jenis gangguan psikotik adalah erotomania. Erotomania merupakan kondisi seseorang mengalami delusi bahwa dirinya merasa ada orang yang mencintainya, tetapi pada kenyataannya tidak ada.

  1. Gangguan Afektif

Pada jenis afektif ini biasanya ditandai dengan adanya perubahan suasana hati dalam waktu sangat singkat. Contoh kasusnya adalah gangguan bipolar dan depresi.

Pada kondisi ini akan sangat membahayakan pasien jika tidak diawasi dan dikontrol terkait konsumsi obatnya. Peran caregiver mental disorder homecare di sini adalah untuk mengurangi gejala dan penyebab yang bisa untuk dikendalikan, seperti menjauhkan dari hal-hal yang menjadi penyebab kambuhnya kondisi tersebut.

  1. Gangguan Disosiatif

Pada jenis ini seringkali disebut sebagai gangguan kepribadian ganda. Kondisi ini merupakan kondisi seseorang yang mengalami masalah pada ingatannya, identitasnya, dan kesadarannya terhadap diri sendiri dan lingkungan tempat tinggalnya.

Kepribadian ganda tersebut dapat mengambil alih kesadaran para pengidapnya. Biasanya kondisi ini muncul ketika seseorang telah mengalami peristiwa traumatis dalam hidupnya.

  1. PTSD

PTSD adalah Mental Disorder yang diakibatkan oleh gangguan traumatis si penderitanya. Misalnya, bencana alam, pelecehan seksual, kematian orang tercinta, atau bahkan kecelakaan.

Untuk memulihkan kondisi pasien agar normal seperti sediakala, dibutuhkan caregiver mental disorder homecare yang membantu terapi pemulihan atau menghilangkan rasa traumatis pada diri pasien. Dengan begitu, maka penderitanya akan pulih secara perlahan.

Perawatan Layanan Caregiver Mental Disorder Homecare pada Pasien

Jika Anda tidak ingin membawa pasien ke rumah sakit, maka alternatifnya menggunakan layanan homecare untuk perawatan di rumah. Perawat yang akan merawat pasien akan mengontrol terkait emosi serta pola hidup sehat si pasien.

Hal ini bertujuan agar pasien dengan Mental Disorder bisa pulih secara perlahan dan bisa menjalani aktivitasnya tanpa terganggu. Berikut perawatan homecare yang akan dilakukan pada pasien, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Perawatan Fisik

Perawatan fisik yang akan diberikan oleh caregiver mental disorder homecare kepada pasien ini meliputi pemenuhan kebutuhan self-care dan manajemen nutrisi. Sebab, pasien yang mengalami kerusakan interaksi sosial akan berpengaruh terhadap pemenuhan self-care dirinya sendiri.

Selain itu, pasien juga seringkali tidak memperhatikan asupan nutrisinya. Sehingga membuat dirinya semakin lemah dan kurus.

  1. Perawatan Psikologis

Selain perawatan secara fisik, perawat homecare juga akan melakukan perawatan dari segi psikologisnya. Biasanya untuk menangani masalah ini, perawat akan mengurangi munculnya gejala dan mencegah kondisi yang lebih parah.

  1. Manajemen Lingkungan

Biasanya, lingkungan menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengalami Mental Disorder lebih parah. Lingkungan dengan banyak benda tajam akan lebih mudah mempengaruhi pasien untuk melakukan bunuh diri.

Hal inilah yang menjadi tugas caregiver mental disorder homecare untuk melakukan manajemen lingkungan. Manajemen lingkungan ini dapat berupa lingkungan fisik dan lingkungan sosial.

Pada manajemen lingkungan fisik, perawat dapat memberikan kondisi lingkungan yang jauh dari hal-hal yang berpotensi membahayakan pasien. Selain itu, perawat juga akan memberikan pengawasan serta mengontrol terkait obat-obatan yang harus dikonsumsi.

Sedangkan pada manajemen lingkungan sosial, caregiver mental disorder homecare bisa melakukan sosialisasi kecil kepada keluarga pasien mengenai pentingnya dukungan dari keluarga untuk kesembuhannya.

Rekomendasi Layanan Caregiver Homecare Terbaik

Setelah mengetahui berbagai informasi di atas, pastinya penanganan pasien dengan kondisi tersebut harus diatasi oleh tenaga ahli berpengalaman. Jika tidak, maka kondisi penderita mental disorder akan semakin memburuk dan akan menganggu aktivitas kesehariannya.

Bila Anda masih bingung dengan layanan caregiver, tenang saja. Sebab Perawat HomeCare dengan senang hati melayani konsultasi dengan pelayanan memuaskan.

Apalagi didukung dengan tenaga ahli dan berpengalaman di bidangnya, pasti mampu memberikan pelayanan terbaik kepada para pasiennya. Untuk menggunakan jasa Perawat HomeCare, Anda bisa langsung menghubungi kami di nomor +62 895-03800-997 untuk mendapatkan layanan caregiver mental disorder homecare terbaik.