Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Manfaat Baby Spa Bersama Perawat HomeCare

By Perawathomecare Writer

Di jaman yang serba praktis, buah hati perlu mendapatkan manfaat baby spa dari bantuan care giver berbentuk pijatan hangat, pemberian nutrisi, dan perlindungan dari bahaya dan infeksi.

Adapun perawatan yang diberikan kepada anak terutama bayi saat baru lahir yakni pengeringan menyeluruh, pemeriksaan pernapasan, kontak kulit-ke-kulit, dan inisiasi menyusui dini untuk sang ibu.

Sentuhan lembut adalah salah satu hal yang paling krusial. Menurut penelitian, kontak dan pijatan rutin orang tua atau pengasuh lainnya sangat penting untuk perkembangan, komunikasi, dan pembelajaran bayi.

Memandikan atau mengajak bayi berenang, dan memijat bayi adalah dua pendekatan alternatif untuk melakukan perawatan pada anak.

Kemampuan motoriknya akan terstimulasi oleh gerakan di dalam air. Hal ini karena berenang tidak hanya akan membantu bayi menjadi lebih mahir dengan seluruh tubuhnya, tetapi juga akan meningkatkan kontrol motoriknya.

Sementara tujuan pijat adalah untuk meningkatkan daya tanggap bayi, kontak mata saat menyapa, tersenyum, berbicara, merespons, kecepatan dalam lingkungan belajar, dan persepsi lingkungan.

Aktivitas Baby Spa Dalam Perkembangannnya

Para orang tua mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah spa. Layanan perawatan bayi ini mulai bermunculan beberapa tahun belakangan ini, terutama di daerah perkotaan. Anda bisa melihat foto-foto bayi para ibu muda yang sedang mendapatkan perawatan spa, seperti pijat atau terapi air pada akun media sosialnya.

Aktivitas perawatan bayi jenis ini memberikan ibu dan bayi berbagai macam aktivitas. Namun, apakah baby spa ini hanya sekadar tren, atau benar-benar baik untuk si kecil?

Seiring dengan kemunculannya, penawarannya pun turut berkembang dengan memasukkan pijat tubuh selain perawatan mandi. Kini, anak-anak dan bayi baru lahir dapat menikmati layanan perawatan bersama orang dewasa.

Seiring dengan kemunculannya, penawarannya pun turut berkembang dengan memasukkan pijat tubuh selain perawatan mandi. Kini, manfaat baby spa dapat dinikmati bersama orang dewasa.

Baby Spa dengan Metode Hidroterapi

Anak-anak idealnya berpartisipasi dalam kegiatan perawatan di bawah bimbingan terapis berlisensi. Dan biasanya, dalam prakteknya menawarkan dua kategori kegiatan:

Hidroterapi adalah jenis terapi air, di mana anak menggunakan pelampung di lehernya untuk membantunya berenang sambil mengambang di kolam. Setelah itu, anak akan dapat menggerakkan tungkai dan kakinya dengan bebas, seperti saat dirinya berada di dalam rahim.

Para ahli menduga bahwa saat Si Kecil menendang-nendang di dalam air, ombak akan mendorongnya untuk melatih keseimbangan dan koordinasi sehingga akan mendorong otot lengan dan kaki anak menjadi lebih berkembang.

Sebuah penelitian di Finlandia menemukan, bahwa bayi yang menjalani hidroterapi dapat berjalan lebih cepat dibandingkan bayi yang tidak mendapatkan terapi karena otot-otot kakinya lebih berkembang.

Terapi air kini terbukti dapat membantu Si Kecil tidur lebih nyenyak, tidak mudah lapar, dan rileks. Bahkan beberapa mengatakan dapat menumbuhkan kemampuan motorik, sosial, dan kognitif yang lebih kuat.

Baby Spa dengan Metode Pijat Bayi

Selain hidroterapi, kegiatan perawatan di bawah bimbingan terapis berlisensi juga menawarkan Teknik perawatan pijat bayi, yang terbukti memiliki sejumlah manfaat bagi Si Kecil, seperti:

1. Menurunkan Hormon Stres

Meskipun stres adalah bagian alami dari kehidupan, stres yang berkepanjangan dapat membahayakan kesehatan mental dan fisik. Dengan menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, penelitian telah menunjukkan bahwa terapi pijat untuk bayi dapat membantu mengurangi stres pada bayi dan orang tuanya.

Bayi dapat dibuat merasa lebih nyaman dan rileks oleh care giver dengan menggunakan teknik yang menenangkan dan sentuhan ringan saat dipijat. Kadar kortisol bayi dapat turun sebagai hasilnya.

Dengan mendapatkan manfaat baby spa berupa pijatan, niscaya produksi kortisol akan menurun sehingga tidak mengganggu pencernaan, kekebalan tubuh, dan kesehatan secara umum.

2. Kebiasaan Tidur yang Lebih Baik

Meningkatkan kualitas tidur bayi baru lahir dan ibunya merupakan salah satu manfaat baby spa. Perawatan pijat yang lembut juga dapat membantu anak tidur lebih nyenyak dan berhenti menangis lebih cepat.

Siklus tidur-bangun alami tubuh, atau ritme sirkadian, dapat diatur sedemikian rupa dengan menggunakan pijatan, sehingga menghasilkan tidur yang lebih teratur dan nyaman.

Dan lagi-lagi, hasil dari tidur yang cukup dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kinerja kognitif.

Selain itu, tidur yang lebih berkualitas dapat menurunkan kemungkinan timbulnya masalah perilaku dan gangguan emosional di kemudian hari.

3. Meningkatkan Pencernaan

Ini adalah fakta yang tidak banyak diketahui bahwa manfaat baby spa dapat meningkatkan pencernaan. Saluran pencernaan dapat dirangsang dengan menggunakan teknik pemijatan yang lembut, yang dapat meningkatkan penyerapan nutrisi.

Tekanan yang digunakan pada perut bayi selama pemijatan, dapat membantu menstimulasi sistem pencernaan dan mendorong produksi enzim pencernaan.

Masalah pencernaan yang umum atau yang paling sering dialami bayi, termasuk sembelit, gas, dan kembung dapat diatasi dengan melakukan hal ini.

Banyak manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan bayi yang dapat diperoleh dari pencernaan yang lebih baik, diantaranya memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan insiden masalah seperti kolik.

4. Mendorong Perkembangan Pancaindra

Saat lahir, indera peraba bayi Anda adalah yang paling berkembang dari semua inderanya. Bayi menerima input sensorik dari pijatan yang membantu dalam pembelajarannya tentang tubuh dan lingkungannya.

Ini adalah komponen penting dari integrasi sensorik-kemampuan untuk menafsirkan, dan memanfaatkan data yang diberikan oleh indra serta perkembangan motorik kasar.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kontak dan stimulasi yang konsisten, dengan kata lain manfaat baby spa dapat membantu meningkatkan jalur saraf yang sangat penting untuk perkembangan fungsi motorik dan kognitif.

Saat memijat bayi, tekstur, tekanan, dan suhu yang bervariasi dapat membantu mengaktifkan persepsi sentuhan, suhu, dan tekanan – yang semuanya sangat penting untuk perkembangan sensorik.

Selain itu, mengoleskan minyak atau losion selama prosesnya dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menenangkan bagi bayi, yang dapat mendukung emosi relaksasi dan kesehatan secara umum.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa manfaat baby spa menawarkan diantaranya menurunkan stress pada bayi, membuat kebiasaan tidur yang lebih baik, meningkatkan pencernaan, dan mendorong perkembangan indra.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengajak Si Kecil secara berkala untuk menikmatinya. Di sisi lain, Anda perlu memastikan bahwa terapi ini dilakukan di bawah bimbingan tenaga profesional berlisensi.

Layanan Baby Spa Perawat HomeCare

Ingatlah bahwa sebelum memulai terapi pijat, Anda harus mendiskusikan masalah medis atau perkembangan yang mungkin dialami Si Kecil dengan dokter anak atau praktisi berlisensi lainnya.

Oleh karena itu, tim Perawat HomeCare menyediakan perawatan bayi yang jelas disediakan oleh bidan terampil yang memiliki Surat Izin Praktik (SIP), Surat Tanda Registrasi (STR), dan sertifikat pelatihan baik.

Hubungi +62 895-03800-997 untuk mendaftar dan untuk informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi website kami. Kami juga menawarkan berbagai layanan non-medis untuk individu yang membutuhkan seperti pengingat untuk minum obat, pendampingan, bantuan kebersihan diri di luar layanan manfaat baby spa.