Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Pentingnya Makanan Bergizi untuk Lansia

By Perawathomecare Writer

 

Makanan bergizi untuk lansia perlu diperhatikan dengan baik sehingga kesehatan bisa dijaga semaksimal mungkin. Menjelang usia lansia, terkadang orang tua menjadi lebih memilih makanan.

Mereka terkadang ingin makanan yang enak, tetapi tidak memperhatikan kesehatan yang dikandung dalam makanan tersebut. Ketika memasuki usia lanjut, terkadang orang tua mengalami penurunan nafsu makan karena perubahan alami tubuh dan berbagai faktor kesehatan yang terjadi.

Penurunan nafsu makan pada lansia sering kali disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kesulitan menelan (disfagia), kesulitan mengunyah, masalah pencernaan, efek samping obat-obatan, hingga penurunan sensitivitas terhadap rasa dan masalah kesehatan mental seperti depresi atau kesepian.

Namun, penting untuk segera mengatasi masalah penurunan nafsu makan pada lansia karena dapat menyebabkan masalah gizi yang serius. Malnutrisi dapat mengakibatkan penurunan berat badan yang signifikan dan meningkatkan risiko penyakit lainnya.

Kenapa Makanan Bergizi untuk Lansia Dibutuhkan?

Berupaya untuk mengatasi masalah penurunan nafsu makan pada lansia dapat membantu memastikan bahwa kebutuhan gizi mereka terpenuhi, yang pada gilirannya dapat membantu menjaga kesehatan mereka dan memungkinkan mereka tetap aktif secara mandiri.

Untuk memastikan kebutuhan gizi lansia terpenuhi, penting untuk memberikan makanan yang sehat dan menarik bagi mereka. Selain itu, kondisi kesehatan individu harus dipertimbangkan dalam penyusunan menu makanan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa makanan bergizi untuk lansia dibutuhkan agar tidak ada terjadinya malnutrisi yang bisa menurunkan berat badan signifikan sehingga menyebabkan beberapa penyakit berisiko muncul. Apalagi di usia lansia banyak sekali penyakit yang mungkin bisa datang.

Jika merasa bingung, untuk memberikan gizi yang sesuai. Anda dapat berkonsultasi dengan Perawat HomeCare sehingga ada banyak menu yang bisa disarankan.

Pilihan Makanan Bergizi untuk Lansia

Memilih makanan yang tepat bagi lansia memang tidak mudah. Terkadang sebagai seorang anak atau cucu, kita merasa dilemma untuk memberikan asupan terbaik tetapi rasanya tetap enak. Sehingga orang tua lebih merasa senang ketika makan.

Sebenarnya memilih makanan untuk lansia tidak sulit, sebab bahan-bahan bisa ditemukan di sekitar. Jika masih merasa bingung dan ragu untuk memilih bahan makanan yang tepat bagi usia lansia, maka berikut ini beberapa bahan makanan yang direkomendasikan.

  1. Makanan dari Olahan Ikan

Ikan merupakan pilihan makanan yang sangat baik untuk lansia. Selain kaya akan protein, ikan juga memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya seperti daging merah.

Makanan bergizi untuk lansia yang satu ini begitu istimewa sebab ada kandungan lemak sehatnya, terutama asam lemak omega-3. Asam lemak ini telah terbukti membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan bahkan memperlambat penurunan fungsi kognitif pada lansia. Ditambah lagi, tekstur lembut dari ikan membuatnya sangat cocok untuk dikonsumsi oleh lansia.

Beberapa contoh ikan yang kaya akan omega-3 antara lain tuna, salmon, dan mackerel. Dengan mengonsumsi ikan secara teratur, lansia dapat memperoleh manfaat kesehatan yang besar dari kandungan gizinya.

  1. Makanan dari Telur

Selain ikan, telur juga makanan bergizi untuk lansia sebab sumber protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan lansia. Tidak hanya mengandung protein, tetapi telur juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan, seperti vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, folat, dan zat besi.

Selain nutrisinya yang kaya, telur juga merupakan makanan yang umumnya disukai oleh banyak orang, termasuk lansia. Selain itu, cara memasak telur yang sehat dan lezat juga umumnya sudah dikenal oleh banyak orang.

Meskipun demikian, perlu diingat bahwa beberapa lansia mungkin memiliki alergi terhadap telur, sehingga perlu diperhatikan dengan hati-hati sebelum memberikannya.

  1. Makanan dari Olahan Ayam

Ayam juga merupakan pilihan makanan sehat untuk lansia. Selain mudah ditemukan, makanan ini umumnya disukai oleh banyak orang. Kandungan nutrisi yang tinggi dalam ayam dapat membantu lansia memenuhi kebutuhan gizinya, seperti protein, vitamin B12, dan zat besi.

Namun, penting untuk memasak ayam dengan benar agar matang secara sempurna dan memberikan nutrisi secara optimal. Mengonsumsi ayam yang belum matang bisa membahayakan kesehatan, sehingga perlu berhati-hati dalam proses memasaknya. Tetapi untuk membuat makanan bergizi untuk lansia, penting juga agar memperhatikan proses memasaknya ya.

  1. Makanan dari Olahan Kacang

Meski memiliki tekstur yang sedikit kasar, kacang-kacangan seperti almond, kenari, atau kacang tanah, dapat menjadi tambahan yang sehat pada menu lansia. Mereka merupakan sumber protein nabati yang baik, kaya akan serat, vitamin B6, kalsium, kalium, magnesium, dan rendah lemak jenuh.

Untuk memperoleh manfaat maksimal dari makanan ini, kacang dapat dihaluskan atau dibuat menjadi pasta yang dapat dicampur dengan makanan lain. Bagi yang masih dapat mengunyah dengan baik, mengonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan langsung juga merupakan opsi yang baik.

  1. Makanan dari Olahan Buah

Makanan bergizi untuk lansia selanjutnya adalah sayuran. Sayuran memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan lansia dengan kandungan serat, vitamin, dan mineralnya. Salah satu rekomendasi yang sangat baik adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam. Bayam kaya akan kalsium, zat besi, kalium, vitamin K, vitamin C, dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi lansia.

Bayam juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan, mulai dari sup hingga variasi resep lainnya. Namun, disarankan untuk beragam dalam memilih sayuran setiap hari, termasuk tomat, wortel, dan berbagai jenis sayuran lainnya, untuk memastikan asupan nutrisi lansia tetap optimal.

Selain beberapa jenis bahan makanan tersebut, tentu saja masih banyak bahan makanan lain yang direkomendasikan seperti sayur-sayuran, olahan Produk susu, makanan yang mengandung pati, dan lain sebagainya.

Memilih Makanan Bergizi untuk Lansia dengan Bantuan Perawat HomeCare

Terkadang beberapa orang masih khawatir untuk memilih asupan makanan yang tepat bagi lansia. Mungkin bahan-bahan dipilih bisa sesuai dengan kebutuhan gizi dari lansia, tetapi proses pengolahan yang salah justru bisa mengakibatkan beberapa penyakit, misalnya kolesterol.

Untuk itu lebih baik jika Anda memutuskan untuk menggunakan Perawat HomeCare yang akan membantu memilih makanan bergizi untuk lansia. Perawat HomeCare yang sudah tepercaya dan berkualitas bisa memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan lansia.

Selain itu, sebelum memberikan beberapa rekomendasi makanan, biasanya perawat akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Jadi perawat sudah mengetahui dengan baik kondisi pasien sehingga bisa memberikan asupan nutrisi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Apabila masih merasa ragu untuk mencari perawat yang berkualitas, Anda bisa menggunakan jasa dari Perawat HomeCare. Agar bisa mendapatkan informasi lebih lanjut terkait layanan yang ditawarkan, serta menanyakan berbagai macam fasilitas serta kualitasnya maka Anda bisa menghubungi nomor +62 895-03800-997.

Ada banyak sekali hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan lansia, salah satunya adalah makanan. Pastikan Anda dan keluarga mampu menjaga asupan makanan untuk orang tua, sehingga mereka mendapatkan makanan bergizi untuk lansia yang sesuai.