Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Peran Caregiver Agar Lansia Tidak Sendiri

By Perawathomecare Writer

 

Beberapa orang mungkin belum mengetahui peran penting caregiver, karena sebagian besar menganggap profesi ini sama dengan perawat. Secara istilah memang benar, tetapi pengertiannya berbeda.

Untuk merawat orang tua atau anggota keluarga yang berusia lanjut memang sulit. Sudah berusaha memenuhi semua keinginan dan mengerti keadaan mereka tetap saja salah, ada rasa lelah dalam hati.

Kondisi tersebut wajar saja terjadi, karena Anda belum mempunyai ilmu untuk menghadapi pola pikir orang tua lanjut usia yang berbeda. Maka dari itu dibutuhkan perawat khusus untuk memahami keadaan tersebut.

Peran Penting Caregiver yang Perlu Diketahui

Caregiver merupakan jasa perawatan atau pengasuhan terhadap seseorang lanjut usia, jadi kalau pada balita sebutannya adalah babysitter. Dari sini Anda sudah paham tentang perbedaannya dengan perawat?

Kalau profesi ini lebih ke mengasuh sampai memenuhi semua kebutuhan tetapi, tidak termasuk tentang kesehatan. Mereka tidak akan masuk ke ranah dalam menentukan obat mana dulu yang perlu diminum.

Karena soal kesehatan tersebut sudah masuk ke ranah perawat. Maka dari itu, mereka hanya menurut kalau harus minum obat ini dulu baru lainnya, bisa dikatakan pekerjaan ini lebih kompleks.

Selain itu membutuhkan jangka waktu lama, bahkan bisa jadi mereka menetap di situ selamanya, Hal tersebut dapat terjadi karena adanya peran penting caregiver yang harus dipenuhinya.

Berikut akan kami sampaikan beberapa peran yang harus dilakukan oleh seorang pengasuh lansia, sebagai berikut

1. Sebagai Educator

Peran penting caregiver pertama adalah sebagai educator. Jadi mereka harus mampu mendampingi para lansia dan memberi tahu semua tentang kondisi kesehatannya. Termasuk kemungkinan terburuk bila memang terjadi.

Bukan hanya itu saja, tetapi pengasuh juga harus mampu memberikan pelajaran penting kepada pasiennya. Misalnya saja, ada orang tua punya penyakit asma dan saat malam hari kambuh.

Untuk pertolongan pertama, harus minum obat yang sudah disiapkan di dekat meja. Dengan begini tidak perlu memanggil orang lain, hanya saja kalau kondisinya masih belum sembuh baru menelponnya.

Caregiver juga harus mengerti bagaimana obat tersebut. Oleh karena itu mereka perlu tahu tentang efeknya setelah minum, berapa menit akan mereda semua informasi penting ini wajib tahu.

Jadi bisa memberikan pengetahuan, setelah minum nanti seperti apa. Kemudian boleh memanggil setelah beberapa menit, atau dalam kondisi bagaimana, semua itu harus diketahui.

Sebagai seorang educator, pengasuh ini juga harus memastikan pantangan makanan atau aktivitas pasiennya. Bila mereka ingin makan ini ternyata tidak boleh, maka wajib menolak dan memberikan pengertian.

Maka dari itu, sangat penting mempunyai orang hebat agar kondisi kesehatan orang tua Anda tetap terjaga dengan baik. Walau di Indonesia masih sangat minim, namun sekarang penyedia jasa banyak.

Hampir semuanya mempunyai tenaga ahli, berkompeten, dan cekatan termasuk para pengasuh kami. Jadi paham harus berbuat apa agar kondisi kesehatan pasien tetap stabil, bagaimana tertarik untuk mencobanya?

2. Sebagai Komunikator

Peran penting caregiver berikutnya adalah sebagai komunikator. Jadi mereka harus mempunyai komunikasi dan perangai yang baik, karena mau tidak mau harus berhubungan dengan orang sekitar pasien.

Mulai dari anak, cucu, dokter, sampai hubungan kolega. Bisa dikatakan posisi ini pada akhirnya menjadi asisten pribadi, yang harus mengikuti ke mana saja pasien tersebut pergi karena merupakan tanggung jawabnya.

Seorang pengasuh lansia ini juga harus pandai membaca situasi dan kondisi. Sebagai contoh saat orang tua marah dengan anaknya, mereka wajib menjadi penghubung serta mampu menjelaskan satu sama lain.
Bagaimana keinginan orang tua kepada anak tersebut, begitu pula sebaliknya. Dengan begini kondisinya akan jauh lebih tenang, pada dasarnya lansia ini hanya butuh diperhatikan agar tidak kesepian.

Maka dari itu. peran penting caregiver sebagai komunikator juga termasuk menjadi pendengar setia. Harus mampu membuat pasien merasa tenang, walau kondisi sebenarnya sangat tegang, namun situasi seperti tidak ada apa-apa.

Untuk peran satu ini tidak semua jasa perawatan homecare mempunyainya. Karena kemampuan komunikasi tersebut datang dari hati, menariknya semua tim kami sudah terlatih dan berpengalaman.

Maka dari itu, tidak akan terlalu sulit untuk berperan sebagai seorang komunikator. Situasinya pasti menyenangkan walau ada konflik, tidak membuat hubungan renggang dan kurang nyaman.

3. Pemberi Bimbingan

Peran penting caregiver selanjutnya adalah pemberi bimbingan, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan educator. Hanya saja untuk tugas ini lebih meluas, karena berhubungan tentang perubahan perilaku pasien.

Sebagai contoh saat orang tua ini sedih akibat sikap anaknya, sehingga kondisinya memburuk. Mereka harus paham bagaimana membuat kondisi tersebut tidak terjadi sehingga, minim sekali keluhan.

Misalnya saja, mengalihkan perhatian dengan cara pergi ke suatu tempat atau menikmati makanan kesukaan. Hal kecil-kecil demikian perlu dilakukan agar mereka bisa mengurangi rasa sakit agar tidak kambuh.

Oleh karena itu, penting sakali bagi para pengasuh mengetahui kondisi pasiennya dengan detail. Termasuk bagaimana cara menumbuhkan mental yang terkadang selalu tergerus akibat rasa sepi dan sendiri.

Peran penting caregiver sebagai pembimbing seperti ini juga harus disertai dengan kasih sayang tinggi. Dengan begini, akan enak mengaturnya karena setiap tingkah laku mereka seperti sudah biasa.

Kebiasaan kecil juga harus paham, sebagai contoh minum teh di pagi hari. Kondisi yang membuat mereka bahagia dan mampu melupakan yang namanya kesendirian serta kesepian agar sakitnya tidak kambuh.

Bahkan, para pengasuh ini juga harus mampu sebagai seorang penyemangat agar kondisi kesehatannya terus membaik. Hal seperti ini tidak mudah dilakukan, perlu orang professional dan berpengalaman.

Karena memahami orang lain bukanlah pekerjaan mudah. Terlebih kalau dampaknya ternyata langsung kepada Anda, untuk itulah dalam menyewa jasa pengasuh kami sarankan jangan sembarangan dan melihatnya dari faktor harga.

4. Sebagai Teman

Peran penting caregiver berikutnya adalah sebagai teman. Kondisi yang tidak semua orang mampu karena mereka harus menekan ego dan emosi dalam menghadapi pola pikir para lansia tersebut.

Menjadi teman harus selalu mampu membaca situasi dan mengerti kondisi. Sebagai contoh pengasuh ini tahu kapan memberikan waktu kepada lansia untuk menyendiri dan sendiri, memahami semua kejadian.

Sekaligus, mereka juga harus paham kapan waktu yang tepat untuk para pengasuh ini masuk, memberikan akses lainnya agar bisa berbicara. Bahkan mengatur caranya mengungkapkan sesuatu agar kondisinya stabil.

Peran penting caregiver ini terkadang tidak mampu dilakukan sebagai seorang anak karena butuh dari hati ke hati secara langsung. Melihat dari sisi para lansia tentang keinginan serta kenyataan seperti apa.

Bila melihat seluruh peran yang ditanggung oleh Caregiver bisa disimpulkan sangat sulit mencari orang seperti ini. Oleh karena itu, perlu jasa terpercaya dan benar-benar mempunyai kualitas bagus.

Maka dari itu, tidak ada salahnya menghubungi Perawat HomeCare di nomor +62 895-03800-997. Kami siap melayani dan memberikan tenaga-tenaga terbaik sehingga orang tua Anda tidak akan merasa kesepian.

Mereka semua sudah berpengalaman, berkompeten, dan paham bagaimana menjadi seorang pengasuh. Dengan begini peran penting caregiver dapat terpenuhi sehingga Anda tidak perlu khawatir atau cemas lagi.