Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Tips Memilih Caregiver untuk Orang Tersayang

By Perawathomecare Writer

Jika Anda membutuhkan jasa caregiver, maka sebaiknya ketahui dulu apa saja tips memilih caregiver yang tepat. Karena tentunya, Anda menginginkan seseorang yang tepat serta berdedikasi dalam profesinya ini.

Meskipun demikian, istilah caregiver sendiri masih sedikit asing di Indonesia. Padahal profesi satu ini terbilang menjanjikan di luar negeri. Orang-orang dalam profesi ini siap mendampingi serta membantu kegiatan sehari-hari pada lansia (lanjut usia).

Ketahui Mengenai Tujuan Caregiver Dipekerjakan

Sebelum mengetahui apa saja tips memilih caregiver yang tepat, mari ketahui terlebih dahulu tujuan dari profesi ini. Pada dasarnya, caregiver atau pengasuh dipekerjakan untuk kegiatan sehari-hari seperti mempersiapkan makan, memakaikan baju, dan lain sebagainya.

Aktivitas-aktivitas ini tergantung pada kondisi dari lansia yang dirawat oleh pengasuh tersebut. Misalnya saja jika lansia menggunakan kursi roda dalam beraktivitas. Maka sudah menjadi tugas pengasuh untuk membantunya duduk atau keluar dari kursi roda.

Modal utama profesi ini adalah kewajiban moral, pengertian, juga kesabaran agar mampu memperlakukan lansia seperti keluarganya sendiri. Bahkan di Australia perawat lanjut usia membutuhkan pendidikan formal terlebih dahulu.

Tips Memilih Caregiver untuk Orang Tersayang

Setelah mengetahui mengenai tujuannya dan merasa Anda membutuhkan jasa ini, maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah tips-tips dalam memilih agar tepat bagi orang tersayang:

  1. Pertimbangkan Lokasi dan Akses

Ketika memilih seorang perawat atau pengasuh sebaiknya pertimbangkan lokasi rumah Anda terlebih dahulu. Apakah lokasinya mudah diakses kendaraan umum atau membutuhkan kendaraan pribadi untuk mencapainya.

Informasi seperti ini sangat penting sebagai pertimbangan jasa home care yang akan dipilih. Jadi pastikan mengenai lokasi dan akses terlebih dahulu.

  1. Lihat Kondisi Medis Lansia

Salah satu tips memilih caregiver berikutnya adalah memperhatikan kondisi media dari lanjut usia. Misalnya saja seperti menentukan hal-hal darurat apa terkait kesehatan yang dimiliki oleh lanjut usia.

Hal ini sangat penting untuk diberitahukan kepada perawatnya demi menghindari risiko buruk. Karena dengan mengetahuinya, maka jika ada penyerta seperti pikun atau lainnya perlu diberikan pengawasan ekstra.

  1. Perhatikan Kondisi Rumah Masing-masing

Selain memperhatikan lokasi serta akses rumah, penting juga bagi Anda memperhatikan kondisi rumah sendiri. tujuan dari tips memilih caregiver ini adalah untuk menilai apakah rumah memungkinkan untuk diadakannya perawat home care.

Hal tersebut karena tentunya perawat akan membutuhkan ruangan tambahan serta fasilitas-fasilitas tertentu. Oleh karena itu, pastikan kondisi rumah memang memadai untuk jenis perawatan ini.

  1. Buat Perhitungan dalam Keuangan

Dalam hal melakukan perawatan jenis apapun, tentunya keuangan adalah satu hal yang tidak bisa dihindari. Jika Anda memang menginginkan perawatan home care untuk lansia, maka sebaiknya buatlah perkiraan biaya pengeluaran terlebih dahulu.

Apabila sudah memperkirakan biayanya, maka Anda juga bisa mengetahui dan menentukan layanan yang akan dipilih. Proyeksi awal bisa dimulai dari perawatan penuh dengan merekrut caregiver untuk stand by 24 jam.

Tetapi jika ternyata biayanya belum memungkinkan, maka bisa mencari alternatif yang lebih terjangkau. Semuanya menyesuaikan dengan kesanggupan ekonomi masing-masing.

  1. Meminta Pendapat Kerabat

Tips memilih caregiver yang tidak kalah penting adalah meminta atau menanyai pendapat dari para kerabat. Karena beberapa kerabat mungkin saja bisa memberikan masukan terkait layanan home care atau hal-hal lain berkaitan dengan pasien.

  1. Mencari Seseorang yang Mampu Beradaptasi Cepat

Dalam hal memilih perawat pun tentunya tidak bisa sembarangan orang, sebaiknya carilah orang yang cepat beradaptasi di lingkungan baru. Adaptasi ini bukan hanya dilakukan pada pasien saja melainkan juga kepada anggota keluarga lainnya.

Dengan mempertimbangkan tips memilih caregiver satu ini, Anda bisa mendapatkan perawat yang memahami pasien dan orang sekitarnya. Karena dengan memahami orang sekitarnya, perawat dapat mengetahui harus melakukan apa pada kondisi tertentu.

  1. Mencari Seseorang yang Memiliki Keterampilan Berkomunikasi

Penting bagi seorang pengasuh untuk memiliki kemampuan berkomunikasi karena hal itu bisa menjadi bekal dalam mengambil hati lansia. Pengasuh harus berusaha menyelami karakter atau kepribadian pasiennya agar bisa menyesuaikan gaya komunikasi.

Selain pintar dalam membawakan diri, dirinya juga harus bisa menjadi teman bagi para lanjut usia. Dengan begitu, akan terbangun suatu hubungan yang nyaman antara keduanya.

  1. Mencari Seseorang dengan Rasa Empati Tinggi

Rasa empati merupakan salah satu bagian dari tips memilih caregiver karena itu adalah kunci keberhasilan perawatannya. Rasa empati yang tinggi akan berujung pada kesabaran dan keikhlasan sebuah pengabdian diri sehingga tidak boleh dilewatkan.

Apalagi tingkat sensitivitas lanjut usia tentunya berbeda dengan orang-orang di masa produktif. Mereka cenderung selalu merasa ingin dimengerti juga dihormat. Sehingga caregiver tidak bisa mengesampingkan rasa empatinya.

  1. Mencari Pengasuh dengan Program Memandirikan

Tips memilih caregiver berikutnya adalah terkait dengan pola pengasuhan yang diberikan. Seorang perawat atau pengasuh dengan pelatihan yang baik tidak akan memanjakan pasiennya seperti menuruti semua keinginan pasien.

Justru mereka harus mampu memberikan dorongan halus kepada para lanjut usia untuk bisa melakukan segala sesuatunya sendiri. Hal itu bertujuan agar para lanjut usia tidak terus bergantung pada orang lain, terutama pengasuhnya.

Tahapan Rekrutmen Caregiver yang Harus Diperhatikan

Sebelum merekrut seseorang untuk mengasuh orang tua tersayang, Anda harus melakukan beberapa langkah. Berikut adalah urutan langkah sebelum merekrut seorang perawat atau pengasuh atau caregiver:

  1. Wawancara Secara Mendalam

Setelah mengetahui beberapa tips memilih caregiver, selanjutnya Anda bisa memulai langkah pertama dalam rekrutmen, yaitu wawancara. Silahkan untuk wawancara perawat dari home care terkait untuk bisa mengenal lebih baik.

Tidak perlu takut dalam menanyakan hal seputar perawat tersebut beserta informasi lengkapnya. Karena semakin Anda memahami personalnya, maka akan semakin mudah pula menentukan apakah orang tersebut sudah tepat atau belum.

  1. Menjelaskan Jobdesk

Jelaskan mengenai tugas apa saja yang perlu dilakukan oleh caregiver nantinya dengan sedetail mungkin. Misalnya saja dengan menjelaskan jadwal harian dari keluarga seperti pukul berapa pasien harus mandi, dan kebiasaan-kebiasaan lainnya.

  1. Mengecek Informasi

Tahapan rekrutmen satu ini juga bisa menjadi salah satu tips memilih caregiver, yaitu dengan mengecek informasi dari dokumen perawat. Pastikan bahwa segala informasi dalam dokumen masih berlaku dan bisa dipertanggung jawabkan keasliannya.

  1. Memberi Masa Percobaan

Tidak masalah jika Anda ingin melakukan masa percobaan terlebih dahulu dalam jangka waktu tertentu. Karena dari situ, keluarga bisa menilai terlebih dahulu bagaimana kinerja dan kecocokannya.

Gunakanlah masa percobaan dengan sebaik mungkin dan perhatikan secara seksama terkait kinerjanya. Karena nantinya lansia lah yang akan berinteraksi, sehingga kenyamanan harus menjadi pertimbangan utama.

  1. Teliti

Dan di tahapan terakhir, teliti lah dalam hal-hal detail seperti biaya, syarat-syarat, dan informasi penting lainnya. Jika merasa belum menemukan kecocokan maka tidak perlu ragu untuk segera mencari penggantinya.

Jika Anda membutuhkan layanan perawatan di rumah terbaik dan terpercaya, maka bisa menghubungi kami Perawat HomeCare di nomor +62 895-03800-997. Dan tentunya jangan lupa untuk tetap memperhatikan tips memilih caregiver serta tahapan rekrutmen di atas.