Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Tips Memilih Perawat Lansia yang Tepercaya

By Perawathomecare Writer

Perawat lansia terdekat adalah solusi tepat apabila Anda ingin memberikan proteksi maksimal kepada orang tua. Menyediakan caregiver bukan berarti Anda tidak peduli pada orang tua, namun bentuk kasih sayang agar mereka mendapatkan perawatan terbaik.

Terlebih jika Anda harus bekerja dan tidak sepanjang hari di rumah, maka perlu adanya bantuan dari tenaga profesional. Sehingga bukan sekadar melihat keadaan orang tua, mereka juga memberikan perawatan sesuai kebutuhan.

Namun memilih perawat lansia terdekat pun tidak semudah itu, karena butuh banyak pertimbangan agar perawatan tersebut maksimal dan sesuai kebutuhan. Untuk membantu Anda, kami sudah menyediakan beberapa tips mendapatkan caregiver terbaik. 

perawat yang mengenakan seragam biru sedang bercengkrama dengan lansia wanita pengguna kursi roda

Tips Memilih Perawat Lansia Terdekat dan Terbaik

Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih orang tepat untuk merawat orang tua dengan maksimal adalah:

     

    1. Memahami Kebutuhan Perawatan di Rumah

    Perawatan terhadap lansia tidak hanya satu saja, karena harus menyesuaikan dengan kebutuhan orang pasien atau lansia tersebut. Oleh karena itu, ketahuilah apa saja kebutuhan saat ini. Beberapa poin pertimbangan dalam memilih perawat lansia terdekat di antaranya adalah:

    • Apakah orang tua memerlukan bantuan dalam fungsi sehari-hari

    • Butuh seseorang yang memastikan bahwa lansia tersebut tidak jatuh

    • Apakah Anda butuh orang untuk siap membawa mereka ke berbagai acara dan aktivitas?

    • Seseorang yang memasak, membersihkan, serta menangani sistem pengobatan

    Karena banyaknya tipe perawatan di atas, maka mulailah menelusuri dari sana. Dari situ, Anda akan lebih mudah menentukan pilihan, karena kriterianya sudah cukup jelas.

       

      2. Mempertimbangkan Kemampuan Finansial

      Ada banyak pilihan biaya perawatan di luar sana, maka sesuaikanlah dengan kondisi keuangan keluarga saat ini. Sebab, mengurus lansia terkadang bisa membuat Anda stres, maka jangan sampai menambahnya mengenai biaya.

      Tapi seharusnya jika sudah mempertimbangkan menggunakan perawat lansia terdekat, Anda telah paham bahwa ada biaya untuk dikeluarkan. Oleh karena itu, maksimalkanlah dana tersebut agar bisa mendapatkan kualitas perawatan setara.

         

        3. Melibatkan Banyak Pihak

        Jika Anda memiliki saudara laki-laki dan perempuan, sepupu, keponakan, atau saudara dekat lainnya, pertimbangkanlah keterlibatan mereka. Caranya ajak diskusi dan menjadi bagian dalam pengambilan keputusan.

        Pastikan juga mengenai kontribusi dari mereka, seperti waktu, uang, makanan, dan sebagainya. Pendapat mereka juga penting agar tidak terjadi kesalahpahaman selama menemukan tenaga bantuan profesional tersebut.

           

          4. Menyiapkan Deskripsi Pekerjaan

          Jika semua sudah bersepakat dalam menggunakan bantuan perawat lansia terdekat, maka mulailah untuk menyusun deskripsi pekerjaan untuk pelamar kerja caregiver ini. Persiapkanlah deskripsi pekerjaan lengkap, rinci, dan akurat

          Di mana semua deskripsi tersebut harus fokus pada kebutuhan pribadi orang terkasih Anda. Jangan sampai ada hal terlewat terlewat, karena ini menyangkut ekspektasi terhadap calon pekerja agar mereka memberikan hasil maksimal.

          Hal ini juga bisa mengurangi kesalahpahaman, karena tidak ada caregiver akan langsung tahu apa harapan Anda. Oleh karena itu, penting sekali menjabarkannya agar pelamar tahu apakah mereka bisa memenuhi syarat tersebut atau tidak.

             

            5. Coba Cari Rekomendasi dari Orang Lain

            Untuk proses pencarian awal, cobalah tanyakan pada tetangga, kompleks, atau di atau di mana pun orang lanjut usia sering berkumpul. Cobalah tanyakan kepada orang dengan pengalaman sama seperti Anda.

            Anda juga dapat bertanya pada tenaga kesehatan langganan, cek informasi secara online, atau sumber tepercaya lainnya. Intinya, perlu kejelian dan kegigihan ketika ingin mendapatkan penyedia jasa terbaik untuk orang tua di rumah.

               

              6. Cari Orang dengan Rasa Empati Tinggi

              Salah satu kesuksesan saat merawat lansia adalah karena memiliki rasa empati yang tinggi. Di mana rasa sabar dan ikhlas untuk membantu harus tinggi dalam berbagai momen merawat mereka.

              Seperti yang Anda tahu, tingkat sensitivitas yang dimiliki lansia tentu berbeda dengan orang yang berada di masa produktif. Hal tersebut terlihat dari rasa sensitivitas yang terhitung tinggi, sehingga emosionalnya kurang stabil.

              Selain itu, rasa untuk ingin dimengerti ataupun dihormati sering hadir, sehingga rasa empati haruslah tinggi. Dengan begitu, pastikanlah bahwa calon pekerja Anda mempunyai rasa empati cukup tinggi.

                 

                7. Memiliki Kemampuan Fisik Mumpuni

                Rata-rata lansia memiliki kemampuan fisik yang semakin menurun, sehingga harus sering mendapat bantuan atau topangan dari sekitarnya. Oleh karena itu, tanyakanlah mengenai kemampuan fisik dari calon perawat lansia terdekat tersebut.

                Mereka haruslah orang yang memiliki kemampuan fisik kuat agar bisa membantu mobilitas, di mana terkadang harus bisa mengangkat sendiri.

                   

                  8. Saran dari Orang Tua

                  Jangan sampai terlewatkan poin ini, karena bagaimana pun yang akan membutuhkan jasa dan banyak terlibat pembicaraan adalah orang tua Anda. Maka ketika ingin menyediakan opsi ini, tanyakanlah opini dan saran mereka terlebih dahulu.

                     

                    9. Memiliki Skill Komunikasi yang Baik

                    Seorang perawat lansia terdekat harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik secara tertulis tertulis atau verbal. Poin ini berperan penting dalam melakukan komunikasi bersama lansia yang tidak mampu berkomunikasi dengan cara berbicara atau menulis.

                    Tidak hanya itu, sang perawat juga harus bisa berinteraksi secara baik dan profesional dengan anggota keluarga untuk bisa mendiskusikan perawatan lansia yang ditanganinya. Keterampilan sosial juga bisa menjadi poin plus dan perlu Anda pertimbangkan.

                    Dengan kemampuan sosial cukup baik, maka mereka bisa membangun hubungan, meningkatkan kepercayaan, serta memelihara hubungan yang kuat dengan lansia. Hal ini akan mempermudah mereka menggali informasi dan tahu kebutuhan orang tua Anda.

                       

                      10. Cek Latar Belakang

                      Apabila Anda menggunakan agen, maka pastikanlah untuk bertanya mengenai latar belakang calon perawat lansia terdekat tersebut. Di mana Anda bisa menanyakan mengenai latar belakang dan beberapa dokumen yang digunakan.

                      Ini termasuk hak sebagai penerima jasa, karena tentu Anda harus kenal siapa orang yang masuk ke rumah dan merawat orang terkasih. Hal ini juga berlaku apabila mempekerjakan seseorang sendiri, Anda sehingga proses pemeriksaan mungkin harus lebih ekstra.

                         

                        11. Terbuka Ketika Melakukan Wawancara

                        Ketika sudah ada kandidat yang diajak untuk melakukan wawancara, maka jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan sulit. Cari tahu apakah mereka pernah melakukan pekerjaan sejenis ini sebelumnya.

                        Tanyakan juga pada perawat lansia terdekat mengenai kepribadian klien yang pernah mereka hadapi. Tanyakan juga mengenai preferensi kerja dan hal yang diharapkan dari kerja sama ini.

                        Meskipun haus mencari informasi detail, namun jangan sampai bersikap kasar atau sombong. Karena ingatlah bahwa mereka adalah manusia yang sedang melakukan pekerjaan yang sulit dan penting untuk membantu Anda,

                        Namun pastikan juga bersikap tegas dan jujur mengenai ekspektasi kerja sama. Dengan memberikan informasi dan wawancara detail di awal, maka ekspektasi satu sama lain dapat terpenuhi.

                           

                          12. Gunakan Penyedia Jasa Terbaik

                          Jika merasa kesulitan menemukan sendiri caregiver yang cocok, maka Anda bisa menggunakan jasa dari Perawat HomeCare. Kami sudah berpengalaman menangani berbagai klien dengan tenaga caregiver profesional terbaik di bidangnya.

                          Bukan sekadar merawat, namun juga menganggap klien seperti keluarga yang harus menerima perawatan dengan hati peduli. Jika ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai perawat lansia terdekat dari Perawat HomeCare segera hubungi ke +62 895-03800-997.