Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

7 Perawatan Homecare yang Wajib Anda Pahami

By Perawathomecare Writer

 

Penting bagi seseorang untuk mengetahui mekanisme perawatan homecare yang ditawarkan oleh pihak jasa layanan. Ini penting dilakukan, yakni untuk memudahkan bagi pengguna dalam mendapatkan pelayanan perawatan kesehatan dari rumah nantinya.

Terlebih lagi, setiap pelayanan tersebut juga biasanya menawarkan beberapa tahapan yang berbeda-beda. Akan tetapi jika dilihat secara keseluruhan mekanisme pelayanan kesehatan dari rumah kepada pasien umumnya hampir sama.

Bagaimana Mekanisme Perawatan Homecare yang Umum Dilakukan Bagi Pasien?

Permasalahan kesehatan, umumnya bisa datang kapan saja tanpa bisa diprediksi oleh diri sendiri. Agar tidak memberikan dampak serius bagi kesehatan di kemudian hari, maka diperlukan adanya tindakan penanganan sesegera mungkin.

Untuk mendapatkan penanganan kesehatan secara cepat dan tepat, Anda bisa memanfaatkan penggunaan layanan home care. Dalam menggunakan pelayanan kesehatan dari rumah, Anda perlu memahami beberapa mekanisme perawatan homecare berikut.

  1. Melakukan Sesi Konsultasi dengan Dokter Terkait

Salah satu mekanisme perawatan homecare yang perlu Anda ketahui dan pahami, yakni harus melakukan konsultasi dokter. Sesi konsultasi yang dilakukan ini, berlaku untuk tipe pasien pasca rawat inap atau jalan.

Melakukan konsultasi dengan pihak dokter terkait, tentunya memiliki tujuan tertentu. Khususnya, apabila Anda ingin melakukan perawatan kesehatan cukup dari rumah saja tanpa harus pergi ke fasilitas kesehatan yang jauh.

Adapun tujuan dari konsultasi dengan dokter ini, yakni untuk menentukan kelayakan pasien dalam melakukan perawatan dari rumah. Apabila pasien layak mendapatkan layanan kesehatan dari rumah, maka diperbolehkan melakukan hal tersebut.

Sementara jika pasien tidak mendapatkan persetujuan, perawatan dari rumah tidak bisa dilakukan. Namun ada pasien yang tidak perlu sesi konsultasi ketika menggunakan layanan kesehatan tersebut, seperti misalnya pendampingan lansia.

  1. Koordinator Kasus Melakukan Pengkajian Khusus

Mekanisme perawatan homecare berikutnya, yaitu pihak koordinator kasus akan melakukan sesi pengkajian secara khusus. Biasanya, tahapan pelayanan ini akan dilakukan setelah dokter memberikan persetujuan kelayakan rawat kepada pasien.

Setelah itu, pihak dari layanan rawat dari rumah dan keluarga pasien akan menentukan masalah serta membuat perencanaan. Dalam hal ini, pihak keluarga juga dapat berdiskusi seputar beberapa latar belakang pasien.

Seperti rutinitas yang dilakukan pasien sehari-hari, penggunaan obat-obatan, alat bantu medis dan lain-lain. Setelah itu, nantinya akan dibuat keputusan dan kesepakatan mengenai pelayanan perawatan kesehatan pasien yang dirasa paling tepat.

Adapun kesepakatan yang dibuat juga meliputi beberapa hal penting yang dapat menunjang perawatan pasien nantinya. Yakni mulai dari jenis pelayanan, jangka waktu layanan, peralatan yang digunakan dan sistem pembayaran.

  1. Membantu Proses dalam Perencanaan Perawatan Kesehatan

Perencanaan perawatan kesehatan, juga menjadi salah satu mekanisme perawatan homecare yang perlu Anda pahami. Hal ini dikarenakan, seseorang akan mengetahui detail-detail yang sudah dijelaskan oleh pihak penyedia jasa layanan.

Ketika Anda ikut berperan serta dalam membuat perencanaan perawatan, maka proses layanan akan dapat berjalan sesuai harapan. Dan pastinya, ini akan memberikan dampak pelayanan kesehatan terbaik bagi pasien.

Apabila proses perencanaan perawatan sudah dibuat dan disepakati bersama, maka nantinya hanya perlu pelaksanaannya saja. Di mana, proses pelaksanaan ini biasanya akan dilakukan oleh pihak tenaga medis khusus.

Tenaga medis yang melakukan perawatan kesehatan di rumah, biasanya memiliki kriteria tertentu. Bahkan, pihak tersebut juga nantinya akan mendapatkan pemantauan langsung oleh dokter terkait dalam menjalankan pekerjaannya.

  1. Mulai Memilih Tenaga Medis Profesional

Mekanisme perawatan homecare selanjutnya, yaitu Anda akan memilih tenaga medis profesional. Tugas dari seorang tenaga medis ini, nantinya akan membantu dalam memberikan perawatan kesehatan optimal bagi pasien dengan kondisi tertentu.

Baik itu pasien dengan penyakit kronis (demensia, diabetes dan lain-lain), perawatan khusus luka, ibu melahirkan dan bayi serta kondisi lainnya. Untuk memperoleh tenaga medis profesional, biasanya akan ada sesi interview.

Dalam prosesnya sendiri, nantinya akan ada beberapa kandidat perawat yang sudah ditawarkan oleh pihak jasa layanan. Nantinya, Anda bisa melakukan sesi interview kepada beberapa kandidat tenaga medis tersebut.

Agar mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam perawatan, pastikan memilih tenaga medis yang profesional. Selain itu, pastikan juga agar tenaga medis tersebut memberikan pelayanan kesehatan dengan sopan dan ramah tamah.

  1. Layanan Perawatan di Rumah Mulai Dilaksanakan

Apabila semua hal sudah disepakati pihak keluarga pasien dan layanan home care, proses perawatan di rumah bisa segera dilaksanakan. Untuk mekanisme perawatan homecare ini, nantinya akan langsung dikoordinasi pihak terkait.

Di samping itu, proses pelaksanaan perawatan pasien juga akan mendapatkan pemantauan dan pengawasan langsung dari dokter. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan dilakukan, yakni karena memiliki tujuan tertentu.

Ketika perawatan di rumah yang dilakukan tenaga medis diawasi oleh dokter, maka pelaksanaannya akan lebih terjamin. Pasalnya, proses ini biasanya diwajibkan untuk dilakukan sesuai dengan prosedur kesehatan yang berlaku.

Sehingga risiko terjadinya tindakan kesalahan dalam perawatan di rumah bisa diminimalisir dengan baik. Di samping itu, hal ini juga dapat mengoptimalkan perawatan pasien di rumah.

  1. Proses Monitoring dan Evaluasi

Dalam mekanisme perawatan homecare, juga ada yang namanya proses monitoring dan evaluasi. Tahapan pelayanan kesehatan di rumah ini, dilakukan untuk mengetahui bagaimana layanan tersebut dilakukan oleh tenaga medis.

Dengan cara ini, pihak dari koordinator akan tahu apakah pelayanan yang diberikan sesuai dengan kesepakatan atau sebaliknya. Dan begitupun sebaliknya jika nantinya didapati pelayanan tidak sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Biasanya, hal ini akan menjadikan koordinator mengambil tindakan tegas untuk menindaklanjuti pelayanan kesehatan tersebut. Cara ini, tentunya dilakukan untuk memperbaiki kualitas pelayanan perawatan ke depannya nanti.

Selain itu, juga ada yang namanya evaluasi layanan perawatan kesehatan di rumah. Ini biasanya menyangkut masalah bagaimana efektivitas dan efisiensi tindakan pelayanan yang dilakukan tenaga medis kepada pasien.

  1. Tahap Pemberhentian Layanan Perawatan Kesehatan di Rumah

Adapun yang terakhir, yaitu ada mekanisme perawatan homecare berupa pemberhentian layanan perawatan kesehatan di rumah. Berkaitan dengan hal tersebut, pemberhentian layanan homecare biasanya dilakukan dengan tahap dan kriteria tertentu.

Karena itulah, dikatakan bahwa pemberhentian layanan kesehatan tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa alasan jelas. Sebab, ada beberapa kriteria tertentu yang perlu Anda pahami ketika akan menghentikan penggunaan layanan tersebut.

Yakni mulai dari sudah tercapainya pelayanan kesehatan sesuai tujuan, kontrak sudah habis, pasien menolak layanan lanjutan dan lain-lain. Jadi dalam hal ini, Anda tidak bisa memberhentikan pelayanan tersebut begitu saja.

Apabila ingin menghentikan pelayanan perawatan kesehatan di rumah, pastikan kriteria tersebut sudah dipenuhi. Sehingga, pelayanan perawatan kesehatan di rumah tersebut bisa segera dihentikan oleh pihak terkait.

Menggunakan layanan perawatan kesehatan di rumah memang memiliki banyak manfaat bagi pasien. Namun tetap saja pahami lebih dulu mekanisme perawatan homecare, untuk layanan terbaiknya Anda bisa menggunakan Perawat HomeCare dengan menghubungi kami di +62 895-03800-997.