Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Layanan Perawat Medis Inap, Perawatan Paliatif

By Perawathomecare Writer

Layanan perawat medis inap menjadi salah satu layanan home care yang cukup diminati oleh masyarakat. Dengan menggunakan perawat homecare memungkinkan seseorang yang membutuhkan perawatan khusus bisa mendapatkannya tanpa harus rawat inap di rumah sakit.

Pelayanan ini bisa Anda gunakan pada pasien dalam proses penyembuhan pasca operasi, memiliki disabilitas sehingga membutuhkan bantuan beraktivitas, hingga pasien penyakit kronis yang membutuhkan perawatan paliatif.

Mengenal Perawatan Paliatif dan Alasan Membutuhkan Layanan Perawat Medis Inap

Penyakit kronis seperti kanker bisa terjadi pada semua orang dan pada semua kalangan tidak peduli usia muda atau tua. Dampak dari penyakit kronis ini tidak hanya pada kondisi fisik tetapi juga mental atau psikologisnya.

Oleh karena itu, pasien penyakit kronis biasanya membutuhkan bantuan untuk mendapatkan kualitas hidup lebih baik. Memberikan perawatan paliatif adalah salah satu solusinya. Salah satu jenis perawatan medis khusus ini bertujuan untuk bisa meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga.

Perawatan ini biasanya hanya ditujukan untuk penyakit serius dan sudah sulit disembuhkan. Seperti kanker, AIDS, alzheimer, gagal ginjal, demensia, multiple sclerosis, penyakit hati stadium akhir, dan masih banyak lagi.

Biasanya layanan perawat medis inap dibutuhkan dalam perawatan paliatif untuk meningkatkan dan menjaga fisik serta mental, dan mencegah terjadinya penurunan kondisi. Apalagi perawat inap merupakan tenaga medis berpengalaman dan memiliki kemampuan dalam memberikan tindakan medis.

Selain itu layanan homecare ini juga bisa Anda dapatkan jika tidak ada anggota keluarga lain memiliki kesibukan seperti bekerja dan melakukan kegiatan lainnya. Apalagi efektivitas perawatan paliatif terletak pada pendampingan untuk menjaga mental tetap kuat.

Oleh karena itu, dengan adanya layanan ini perawat bisa berinteraksi secara intens dengan pasien dari mulai teman mengobrol, dan membantu semua aktivitas dari mulai lansia, hingga berkebutuhan khusus.

Jenis-Jenis Perawatan Paliatif yang Dibutuhkan oleh Pasien

Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan pada pasien yang menerima perawatan paliatif. Berikut ini jenis-jenis perawatan paliatif yang akan diberikan pada pasien oleh layanan perawat medis inap.

1. Tindakan

Idealnya ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan dalam prosedur perawatan agar lebih efektif. Tindakan ini memiliki tujuan agar bisa membantu dalam mengintegrasi kebutuhannya.

• Tindakan fisik

Tindakan ini dapat membantu penderita penyakit kronis terutama kanker mengatasi keluhan yang dialami. Seperti pasien kanker biasanya akan mengalami gejala seperti mual, muntah, sesak nafas hingga merasakan nyeri.

• Tindakan emosional

Dalam merawat penderita penyakit kronis, pasien tidak hanya membutuhkan perawatan medis saja tetapi tindakan emosional. Tindakan ini akan membantu pasien menangani emosi, kecemasan hingga depresi.

• Tindakan mengasuh

Terakhir tindakan mengasuh, layanan perawat medis inap akan memberikan tindakan ini jika orang menderita penyakit yang parah sehingga membutuhkan pengasuhan yang ekstra. Seperti membantunya saat makan, minum obat, hingga memastikan pasiennya sedang tidur tenang.

2. Terapi

Tidak hanya memberikan tindakan saja, perawat medis jangka panjang juga biasanya akan memberikan perawatan paliatif terapi. Ada beberapa jenis terapi yang biasanya akan dilakukan oleh orang yang mengidap penyakit kronis.

• Terapi seni

Terapi seni akan memberikan pasien untuk mengekspresikan diri, tujuannya untuk mengurangi kecemasan serta meningkatkan ketenangan pada hati serta pikirannya.

Pada orang yang mengidap kanker dan penyakit kronis lainnya, terapi ini sangat membantu untuk bisa meredakan rasa sakit. Kegiatan seni yang biasanya dilakukan sebagai terapi adalah merajut, melanggar, membuat kerajinan tangan, dan masih banyak lagi.

• Terapi hewan

Terapi hewan bisa jadi salah satu alternatif lainnya, berinteraksi dengan hewan akan memberikan energi positif dan mengurangi rasa kesepian yang biasanya dirasakan oleh pasien.

Tidak perlu khawatir dengan infeksi, karena biasanya layanan perawat medis inap sudah berpengalaman dalam menjaga kebersihan hewan-hewan yang digunakan.

• Terapi musik

Musik juga menjadi salah satu bentuk seni yang bisa dijadikan sebagai terapi dalam perawatan paliatif. Terapi ini dapat berpengaruh pada seseorang dalam segi spiritual, emosi, hingga fisik.

Musik digunakan sebagai salah satu bentuk terapi dalam perawatan paliatif, dilakukan oleh pelayanan perawat ke rumah sebagai upaya membantu mengatasi berbagai emosi negatif tersebut.

Keuntungan Layanan Medis Inap Home Care untuk Perawatan Paliatif

Ada keuntungan yang bisa dirasakan langsung saat menggunakan layanan perawat medis inap atau home care untuk pasien yang membutuhkan perawatan paliatif. Berikut ini daftar keuntungan yang akan Anda dapatkan saat menggunakan pelayanan ini.

1. Pasien berada dekat dengan keluarga

Salah satu keunggulan menggunakan perawat homecare adalah pasien jadi selalu berada di dekat keluarga. Walaupun memang fasilitas di Rumah Sakit akan lebih lengkap namun jika pasiennya merasa kesepian dan tidak bahagia akan sangat mempengaruhi kemajuan kesehatannya.

Namun, melakukan perawatan dari rumah bukan berarti pasien akan kesulitan mendapatkan tindakan medis. Dengan menggunakan layanan perawat medis inap atau homecare masih bisa mendapatkan pelayanan dari dokter dan tenaga kesehatan.

Jadi, pasien tetap bisa mendapatkan perawatan dari petugas medis profesional, sekaligus dukungan positif dari keluarga pasien untuk bisa segera sembuh dan semakin kuat.

2. Meningkatkan kualitas hidup keluarga

Kelebihan selanjutnya adalah dapat meningkatkan kualitas hidup sekaligus keluarganya. Dengan menggunakan layanan ini, semua anggota keluarga bisa menjalani aktivitas seperti biasa tetapi pasien tetap berada di rumah.

Sedangkan jika dirawat inap di rumah sakit tentu anggota keluarga harus mengambil cuti agar bisa menjaga anggota keluarga lainnya yang sakit. Jika hal ini terjadi akan mengubah ritme harian setiap anggota keluarga.

Tetapi dengan memanfaatkan layanan perawat medis inap, Anda masih bisa tetap beraktivitas dan pasien tidak akan merasa kesepian karena tetap berada di rumah bersama keluarga.

3. Sesuai dengan kebutuhan

Bila pasien memiliki kesulitan dalam mobilitas, tetapi biasanya seseorang tidak mau mengakuinya karena takut merepotkan. Tetapi dengan menggunakan layanan ini, perawat akan selalu mendampingi dan membantu aktivitas sehari-hari sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, petugas medis yang bertugas juga akan menjaga agar tetap bisa mandiri. Hal ini sangat penting dalam perawatan paliatif.

4. Memberikan kebebasan

Dengan layanan ini tenaga medis akan memberikan kebebasan. Pasien bisa melakukan apa saja di dalam rumah dalam pengawasan. Dari mulai berjalan, mengobrol dengan anggota keluarga, atau sekedar menikmati pemandangan di halaman rumah.

5. Ditangani oleh Tenaga profesional

Anda bisa memilih penyedia layanan homecare live-in atau layanan perawat medis inap untuk mendapatkan tenaga medis profesional untuk menjaga anggota keluarganya yang sakit selama 24 jam. Pastikan perawat telah berlisensi (STR) sehingga akan memberikan perawatan dan melakukan prosedur medis jika diperlukan.

Seperti pemberian obat, memeriksa tanda vital, mengendalikan nyeri yang dirasakan, hingga memberikan dukungan kesehatan lainnya.

Ingin memesan layanan jasa perawat homecare ke rumah dengan mudah dan cepat serta terjamin, Anda bisa percayakan pada kami. Perawat Homecare menyediakan perawat handal dan berpengalaman untuk membantu Anda menjaga kesehatan pasien dari rumah.

Perawat Homecare menyediakan beberapa jenis layanan antara lain Caregiver, Perawat Medis jangka panjang hingga perawat medis visit. Kami sudah menangani lebih dari 35 ribu pasien dan tersedia di lebih dari 10 Kota di Indonesia.

Ingin dapatkan informasi lebih lanjut tentang layanan Perawat HomeCare hubungi +62 895-03800-997. Tidak perlu repot lagi mencari layanan perawat medis inap dan layanan homecare lainnya, karena Perawat Homecare telah terpercaya melayani puluhan ribu pasien dan memiliki jam terbang tinggi.