Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Manfaat 7 Layanan Homecare untuk Kesehatan

By Perawathomecare Writer

Jenis layanan homecare dapat menjadi pilihan untuk membantu merawat keluarga yang sedang sakit tanpa harus pergi ke rumah sakit. Selain menjamin peningkatan kondisi kesehatan dan pemulihan, juga dapat membantu keluarga dalam memperoleh informasi mengenai perawatan medis yang sesuai.

Di Indonesia, layanan homecare sudah terkenal. Pelayanan ini bergantung pada perawat yang siap melaksanakan proses pelayanan rumah sakit di rumah terhadap pasien yang memerlukan perawatan intensif. Layanan diberikan sesuai dengan kontrak dan perjanjian kedua belah pihak, untuk informasi lebih lanjut simak berikut ini.

Mengenal Apa Sebenarnya Layanan Homecare?

Jenis layanan homecare sering juga disebut layanan yang ditawarkan di rumah untuk membantu Anda mengatasi masalah akibat cedera atau penyakit, yang seringkali mengakibatkan keterbatasan mobilitas. Cara ini juga tergolong efektif untuk dilakukan untuk pasien yang sedang melakukan proses pemulihan

Program ini berupaya membantu Anda atau orang yang di cintai dalam pemulihan tanpa mengharuskan untuk meninggalkan rumah. Selain itu, perawatan di rumah dapat membantu perawatan Anda.

Perawat yang datang ke rumah akan memberikan pelayanan sesuai dengan kesepakatan atau rencana. Misalnya, jika Anda meminta jasa perawat medis untuk perawatan luka, perawat tersebut akan datang ke rumah dan merawat luka pasiennya.

7 Jenis Layanan Homecare yang Wajib untuk Diketahui

Tergantung pada penyedia dan kebutuhan, ada berbagai bentuk perawatan di rumah. Bahkan layanan perawatan di rumah dapat berbeda tergantung pada lembaga yang menawarkannya. Namun setidaknya ada kategori layanan homecare di Indonesia yang patut Anda ketahui:

1. Perawat Non Medis Lanjut Usia

Jenis layanan homecare yang pertama adalah perawatan lansia non medis atau pengasuh yang akan mendampingi orang tua Anda di rumah. Pengasuh lansia akan membantu orang-orang terkasih dalam aktivitas rutin mereka. Misalnya, membantu lansia berjalan ke kamar tidur dan kamar mandi, atau mengganti pakaian.

Dengan semakin kompleksnya situasi lansia, penggunaan staf perawat yang terlatih dapat untuk Anda pertimbangkan. Tujuannya untuk mengatasi berbagai tantangan kompleks yang sering terjadi pada lansia seiring bertambahnya usia, seperti penderita sindrom geriatri.

2. Perawat Terdaftar

Lalu ada perawat medis, yang pada dasarnya adalah perawat yang memiliki izin praktik, seperti surat tanda registrasi. Namun mereka jenis layanan homecare ini dapat Anda panggil untuk memberikan perawatan medis. Misalnya saja perawatan luka, pemasangan kateter, pemasangan NGT, penyuntikan, dan pemasangan infus.

Selain itu, perawat medis dapat membantu Anda dalam mengawasi pemberian obat dan memantau efek samping. Sehingga dapat membantu Anda dalam merawat pasien penyakit kronis di rumah. Hal ini juga dapat menghemat uang, karena pasien dapat dirawat di rumah setelah kondisinya stabil.

3. Kunjungan Rumah oleh Dokter

Selain perawat medis, jenis layanan homecare mencakup kunjungan dokter ke rumah. Layanan dokter rumahan ini akan membantu Anda dalam mendapatkan evaluasi medis.

Jadi, jika Anda melakukan pemeriksaan fisik, anamnesis, atau pengambilan sampel untuk pemeriksaan laboratorium. Layanan ini berupaya agar pasien dapat berkonsentrasi bersantai di rumah guna mempercepat pemulihan.

4. Perawatan Rumah Sakit

Perawatan paliatif juga tersedia melalui jenis layanan homecare. Perawatan ini diperuntukkan bagi pasien yang mempunyai penyakit serius seperti kanker, gagal jantung, atau stroke yang tidak dapat disembuhkan dengan perawatan medis.

Bantuan ini sangat penting karena perawatan paliatif dapat berlangsung selama berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun. Pasien dan anggota keluarga yang merawatnya dapat mengalami kelelahan fisik dan mental, oleh karena itu bantuan profesional sangat disarankan.

Perawatan paliatif bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup pasien melalui pendekatan psikologis dan spiritual. Tujuan dari mempekerjakan perawat paliatif di rumah adalah untuk memberikan perawatan yang nyaman bagi pasien, terutama mengurangi depresi yang dapat memperburuk kondisi pasien.

Perawatan paliatif juga memantau dan menangani berbagai masalah, termasuk nyeri, kecemasan, dan luka kronis. Jadi, untuk Anda yang ingin lebih praktis berobat bisa menggunakan pilihan ini.

5. Perawatan Lanjutan

Perawatan pasca operasi merupakan bentuk jenis layanan homecare selanjutnya. Layanan ini tersedia jika Anda atau anggota keluarga baru saja menjalani operasi. Perawatan pasca operasi di rumah akan membantu Anda merawat bekas luka setelah operasi.

Misalnya, jika Anda baru saja menjalani operasi caesar atau operasi penggantian lutut atau pinggul, perawat akan datang ke rumah Anda untuk memeriksa sayatan. Perawat juga dapat mengganti perban dan memeriksa masalah infeksi hingga pemeriksaan rumah sakit berikutnya.

6. Perawatan Setelah Bersalin

Lalu ada perawatan maternitas yang bermanfaat bagi ibu hamil dan ibu nifas. Ibu baru dan calon ibu memerlukan dukungan dan pengawasan agar kehamilannya aman dan mudah. Di sinilah perawat homecare berguna.

Selain memberikan pengawasan, perawat akan menemukan kesulitan, menawarkan terapi intravena, dan memberikan obat kepada saya dikasih. Tidak hanya itu, perawat juga akan mengedukasi ibu mengenai perawatan bayi.

7. Terapi Rehabilitasi Fisik

Jenis layanan homecare terapi rehabilitasi akan membantu Anda atau orang yang di sayangi dalam pemulihan dari keterbatasan gerak akibat pembedahan atau stroke. Fisioterapi, terapi okupasi, terapi menelan, dan terapi wicara adalah modalitas rehabilitasi yang umum.

Teknik rehabilitasi ini dapat digunakan untuk anak-anak dengan gangguan spektrum autisme serta pasien lanjut usia dan pasca stroke. Pasalnya, terapi okupasi memungkinkan anak autis berlatih memperkuat keterampilan motorik, komunikasi, dan perawatan diri.

Siapa yang Membutuhkan Layanan Homecare?

Orang-orang yang membutuhkan layanan perawatan di rumah seringkali memiliki sejumlah masalah yang menyulitkan mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa kelompok masyarakat yang memerlukan pelayanan homecare atau perawatan di rumah:

1. Pasien dengan Penyakit Kronis

Individu memiliki riwayat kondisi kronis seperti stroke, diabetes, kanker, hipertensi, atau penyakit kardiovaskular. Homecare dituntut untuk mengawasi atau memonitor kondisi mereka, serta menangani atau mengatur aktivitas dan pola hidup sehat agar terapi yang mereka dapatkan dapat efektif.

Penerapan lainnya termasuk terapi menelan dan bicara, pemeliharaan dan penggantian perangkat medis seperti selang makanan, dan pemberian obat suntik atau infus. Dengan adanya kemudahan ini tentunya Anda tidak perlu memusingkan untuk pergi ke rumah sakit untuk melakukan terapi dan kontrol.

2. Lansia

Orang lanjut usia dengan sindrom geriatri juga termasuk di antara mereka yang memerlukan jenis layanan homecare, terutama jika tidak ada anggota keluarga yang bisa memberikan perawatan tersebut. Meski kondisinya masih baik, memiliki pendamping di rumah sangatlah penting dan bermanfaat.

Pasalnya, orang lanjut usia dengan sindrom geriatri sering kali mengalami masalah mobilitas. Karena kesehatannya yang menurun, pada lansia juga rentan mengalami depresi.

Jika Anda memerlukan informasi berbagai layanan perawatan di rumah, Anda dapat menghubungi Perawat HomeCare. Sebagai usaha jasa perawatan di rumah dapat membantu Anda dalam merawat keluarga di rumah.

Perawat akan tinggal bersama di rumah untuk memberikan perawatan khusus kepada pasien. Pelayanan Perawat HomeCare tersedia 24 jam, untuk Anda yang berminat bisa menghubungi langsung di +62 895-03800-997 untuk menjawab pertanyaan Anda.

Untuk Anda yang saat ini kebingungan untuk mencari jasa yang berkualitas untuk memenuhi jenis layanan homecare, Anda bisa mencari jasa yang bisa melakukan perawatan dan pemantauan dengan seseorang yang sudah ahli dalam bidang tersebut.