Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Penyebab Depresi dan Pilihan Homecare Terbaik

By Perawathomecare Writer

 

Pada usia senja rata-rata manusia akan mengalami namanya depresi dan faktor penyebab depresi dipengaruhi oleh beberapa hal yang tidak bisa disamakan. Hanya saja meski penting untuk diketahui tetapi banyak orang mengabaikannya.

Menurut masyarakat, depresi adalah salah satu hal wajar untuk terjadi di masyarakat. Sehingga membuat banyak orang makin depresi dan tidak mau memeriksakan diri lebih lanjut agar mendapatkan penanganan terbaik.

Padahal jika terus dibiarkan akan memicu komplikasi pada penyakit yang lainnya. Mungkin bisa menjadi penyakit jantung dan bahkan kematian jika adanya penyakit lain yang serius. Untuk itu mari bersama ketahui apa penyebabnya.

Berikut Ini Faktor Penyebab Depresi

Masuk ke dalam pembahasan kali ini, menurut data dari WHO menyebutkan bahwa populasi manusia lansia yang sudah berusia 60 tahun ke atas makin meningkat. Tidak tanggung-tanggung juga jumlah persentase yang terjadi hanya dalam lima tahun saja.

Dalam waktu lima tahun terjadi peningkatan lebih dari 2 kali lipat, di mana terjadi pada 2015 lalu persentase keseluruhan hanya 12 persen saja. Namun, dalam survei empat tahun terakhir menunjukkan kenaikan sampai 22 persen.

Kondisi ini tentu terjamin makin meningkat pada tahun 2025 mendatang, semua terdiri dari depresi serta gangguan lainnya. Seperti juga demensia, kecemasan, dan lain sebagainya, semua meningkat pesat dan harus diketahui penyebabnya.

  1. Isolasi pada lingkungan sosial

Mungkin ini bisa menjadi faktor penyebab depresi yang ditabung sejak dari usia dini. Umumnya, ketika masih kecil anak-anak akan memiliki teman yang sefrekuensi dan tentu saja menenangkan seseorang harus pergi ke lingkungan baru guna memulai hidup baru serta mengejar impian.

Kondisi ini terus tertabung dalam diri dan pada akhirnya pada masa tua akan memberikan sekat antara hubungan sosial. Sehingga membuat diri saat sudah menikmati masa tua malah akan mengalami depresi dan masalah sosial lainnya.

Apalagi jika sampai sudah berusia senja tidak memiliki pasangan atau orang terdekat. Sudah pasti risiko untuk terkena depresi pada usia senja akan semakin besar. Sebab, tidak ada tempat untuk berbagi keluh kesah terhadap masalah sehari-harinya.

  1. Kurang tidur

Sebenarnya ini merupakan kelanjutan dari bagaimana seseorang tidak bisa bersosial dengan lingkungan sekitar. Akibat dari itu semua tentu akan membuat diri jadi linglung dan tidak bisa tidur cukup.

Semua itu karena masalah over thinking yang membuat pikiran jadi kacau. Insomnia terjadi dan jika sampai meminum obat tidur secara rutin, apalagi pada usia senja sudah pasti akan memengaruhi bagaimana masalah kesehatan juga.

Pada akhirnya faktor penyebab depresi ini akan menjadi latar belakang dari faktor lainnya juga. Sehingga bisa kami katakan bahwa satu faktor yang tidak segera ditangani akan menyebar jadi faktor lainnya, ibaratnya seperti virus ganas menyerang tubuh manusia.

  1. Stres atau gangguan jiwa

Karena tidak bisa tidur dan terus over thinking akan membuat seseorang menjadi stres. Apalagi jika itu terjadi pada orang dengan usia senja karena sudah pasti kesehatan tubuh sudah tidak seperti pada saat masih muda.

Kondisi ini tentu terjadi makin parah jika tubuh tidak mendukung, tidak mendapatkan perhatian dari keluarga, kesehatan mental lemah (low mental health), dan lain sebagainya. Tentu untuk faktor penyebab depresi ketika sudah mencapai level ini harus segera diobati.

Sebab, stres akan membuat hal-hal lainnya makin parah dan mengancam jiwa. Hal ini bisa terjadi karena jika sampai kondisi mental pikiran lemah, penyakit potensial lainnya yang berada pada tubuh akan berkembang lebih mudah.

  1. Penyakit potensial pada lansia

Penyakit yang potensial untuk mengancam jiwa lansia akan semakin menjadi jika ditambah dengan adanya stres. Berbagai macam penyakit yang mungkin akan terjadi jika Anda tidak hidup sehat pada saat mudah ada banyak.

Mungkin akan mengalami masalah hipertensi karena banyak makan kolesterol, stroke karena hipertensi tidak tertangani, diabetes yang tidak bisa mengelola gula darah secara bijak, jadi penyakit lain menjadi faktor penyebab depresi makin parah.

Itu semua makin parah jika pada masa muda, Anda mengonsumsi alkohol secara membabi buta. Banyak orang yang pada usia muda mengonsumsi minuman keras, pada akhirnya pada usia senja harus menelan pil pahit akibatnya.

  1. Masa pensiun yang membosankan dan tidak seperti harapan

Kebanyakan faktor penyebab depresi yang akan menyerang orang-orang zaman sekarang tidak lain adalah masa pensiun membosankan. Khususnya yang terjadi pada orang-orang dengan banyak kegiatan pada masa muda.

Lalu memutuskan untuk pensiun tanpa mencari pekerjaan lain yang lebih mudah. Orang-orang yang memutuskan untuk melakukan hal tersebut tentu akan mengalami banyak masalah sosial dan juga fisik.

Sebab, dari segi mana saja akan terjadi pemberhentian aktivitas yang membuat kondisi tubuh akan makin melemah. Khususnya dari segi fisik dan pikiran yang tiba-tiba langsung tidak melakukan apa pun.

  1. Semua tergantung pikiran masing-masing orang

Pada dasarnya semua faktor penyebab depresi tersebut dapat terjadi karena pikiran. Pikiran adalah sumber utama dari kehidupan dan sudah seharusnya tidak boleh berpikiran negatif apalagi bila belum terjadi indikasi terhadapnya.

Pikiran negatif hanya akan membuat alam bawah sadar seseorang makin ketakutan, dan pada akhirnya membuat diri menjadi tidak percaya diri. Maka dari itu banyak aktivitas pada masa tua akan memberikan dorongan untuk lebih sehat.

Sebab, pikiran tidak menjadi berpikir ke mana-mana, dan semua hanya berpusat mencari kesenangan. Banyak kegiatan yang bisa dipilih saat menemani masa pensiun, tidak harus fisik keluar tetapi juga di dalam rumah juga sudah bisa.

Mengetahui apa saja penyebab tersebut, akan memberikan langkah penanganan terbaik yang bisa orang terdekat lakukan. Jadi, Anda harus lebih peka terhadap apa yang dialami oleh orang tua di rumah.

Sebab, ketika orang tua sudah menginjak usia yang senja, kemungkinan besar akan menjadi bayi kecil lagi. Dan itu membuatnya jadi susah untuk diatur dan mungkin juga akan sungkan untuk meminta pertolongan kepada anaknya.

Dengan begitu jika memang Anda ingin memberikan kesembuhan khususnya masalah depresi pada orang tua. Serahkan semua pada pilihan layanan homecare terbaik untuk depresi yaitu Perawat HomeCare.

Kami siap membantu Anda untuk mengurangi faktor penyebab depresi yang mungkin dialami oleh orang tua. Dengan pelayanan terbaik yang tidak perlu membuat Anda antre di pusat kesehatan seperti biasanya.

Tentu akan menunjang persentase kesembuhan pada orang tua, apalagi orang tua jelas sudah tidak mau bepergian ke sana kemari bahkan untuk berobat. Tinggal duduk manis di rumah maka tim perawat kami akan datang menyambangi.

Berbagai peralatan canggih juga tersedia demi menunjang kesembuhan dalam penyakit depresi. Anda tinggal pesan sekarang juga ke nomor +62 895-03800-997 lalu pilih paket perawatan yang diperlukan.

Konsultasikan saja kepada tim costumer service dari kami jika masih ada pertanyaan yang ditanyakan. Tentu saja dengan semua itu Anda tidak perlu kawatir lagi mengenai faktor penyebab depresi pada orang tua.