Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Perawat Home Care Tersertifikasi, Ini Alasannya

By Perawathomecare Writer

Jasa perawat home care tersertifikasi telah banyak digunakan di Indonesia karena memberikan banyak manfaat serta kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan jasa ini, nantinya pihak penyedia jasa akan mengirim perawat profesionalnya ke rumah pasien pada batas waktu yang telah disepakati.

Jasa home care ini sebenarnya mempunyai beberapa jenis terkait kegunaannya, seperti perawat khusus untuk lansia, pasien dengan penyakit kronis, merawat Ibu dan Bayi, dan sebagainya. Jasa ini umumnya akan digunakan sesuai dengan keperluan para pengguna jasa.

perawat lansia sedang bercengkrama dengan lansia pria yang duduk di kursi roda

Sekilas Tentang Perawat Home Care dan Prinsipnya

Jika terdapat anggota keluarga yang sedang membutuhkan perawatan intensif di rumah dengan pelayanan sama seperti rumah sakit, maka menggunakan perawat home care menjadi solusinya. Apabila pasien tidak memungkinkan untuk sering kembali ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan, maka pasien bisa dirawat dirumah dengan layanan home care.

Selama di rumah, tentunya pasien harus diperhatikan terkait keamanan dan kenyamanan dengan dukungan medis yang tepat, seperti memberikan layanan perawat home care tersertifikasi ini. Dalam pelayanannya, jasa ini dapat direncanakan, dikoordinasikan, dan bahkan disediakan oleh pihak pelayanan yang telah diorganisir.

Hal tersebut bertujuan untuk bisa memberikan pelayanan di rumah berdasarkan perjanjian kerja atau kontrak sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Selama memberikan pelayanan kepada para pasiennya, jasa home care juga memiliki beberapa prinsip. Adapun prinsipnya adalah sebagai berikut:

  • Mengelola serta menjalankan pelayanan keperawatan dengan didukung oleh tenaga kesehatan ahli serta menyesuaikan kondisi pasien di rumah.
  • Melaksanakan keseluruhan tindakan dengan didasari konsep keperawatan secara tepat.
  •  Melakukan dokumentasi keperawatan secara akurat, sistematis, komprehensif, dan berkelanjutan.
  •  Selalu berpedoman kepada data hasil pengkajian guna untuk bisa melakukan tindakan diagnosa keperawatan lanjutan.
  • Mengembangkan rencana terkait keperawatan dari diagnosa keperawatan yang sudah dilakukan, terlebih yang berhubungan dengan pencegahan, terapi serta pemulihan.
  • Memberikan pelayanan keperawatan kepada pasien agar mendapatkan kenyamanan yang berdampak terhadap peningkatan penyembuhan dan mencegah komplikasi lanjutan.
  • Melakukan evaluasi secara berkesinambungan terkait pelayanan yang diberikan kepada pasien dan keluarga di rumah.
  • Perawat home care tersertifikasi bertanggung jawab secara penuh terhadap pelayanan keperawatan yang sudah dilakukan kepada pasien atau keluarga dengan memakai manajemen kasus.
  • Menjaga serta memelihara hubungan baik dengan semua anggota tim kesehatan.
  • Selalu meningkatkan kompetensi profesional secara individu dan tim tenaga kesehatan lain.
  •  Berpartisipasi serta berkontribusi dalam menjalankan aktivitas riset yang berhubungan dengan pengembangan pengetahuan layanan keperawatan home care.
  •  Selalu menjunjung tinggi kode etik keperawatan setiap melakukan pelayanan home care.

Dengan adanya prinsip di atas tentu akan menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang masih ragu ketika ingin menggunakan jasa ini. Agar tidak salah pilih, maka pilih layanan yang telah tersertifikasi secara resmi oleh kementerian kesehatan (STR Aktif).

Alasan Pentingnya Menggunakan Layanan Perawat Home Care

Sebagian orang mungkin berpikiran bahwa layanan perawat home care tersertifikasi tidak penting dibutuhkan dalam merawat pasien dan lebih memilih untuk merawatnya sendiri di rumah. Padahal kenyataannya, dalam dunia kesehatan pasien harus mendapatkan perawatan dan pelayanan yang sesuai dengan aturan tim medis.

Jika anggota keluarga tidak memiliki cukup pengetahuan di bidang medis, tentu akan membahayakan bagi pasien karena kurangnya perawatan yang tepat. Untuk itulah, berikut alasan konkrit mengapa harus menggunakan layanan home care:

1. Pelatihan dan Penyuluhan Kesehatan

Alasan menggunakan jasa perawat home care tersertifikasi pertama adalah Anda akan memperoleh pelatihan serta penyuluhan seputar kesehatan. Selain merawat pasien, tugas utama perawat home care adalah memberikan pelatihan dan penyuluhan kesehatan, khususnya berkaitan dengan penyakit yang di derita oleh pasien yang di rawat.

Adanya bekal pengetahuan kesehatan tersebut, maka sebagai pihak keluarga pasien bisa mencegah dan mengatasi penyakit pasien ketika sedang kambuh. Dengan begitu, ketika Anda sudah tidak lagi menggunakan jasa ini maka Anda telah mengerti bagaimana cara untuk merawat pasien dengan benar dan tepat.

2. Pelayanan Rehabilitasi

Jasa perawat home care tersertifikasi akan memudahkan Anda dalam melakukan rehabilitasi ke pasien yang membutuhkan perawatan. Ketika pasien sedang menjalani rawat jalan atau berada di rumah, tentu jasa home care akan sangat membantu dalam memberikan layanan rehabilitasi.

Dengan begitu, maka Anda tidak perlu jauh-jauh lagi untuk datang ke rumah sakit karena pelayanan rehabilitas sudah didapatkan di rumah. Tanpa datang ke rumah sakit, pasien akan bisa melakukan rehabilitasinya bersama dengan perawat sesuai prosedur yang berlaku di rumah sakit.

3. Pelayanan dalam Pemberian Asupan Gizi

Alasan selanjutnya dengan memakai jasa perawat home care tersertifikasi maka bisa memberikan serta mengatur terkait asupan gizi dengan tepat. Perawat akan mengontrol menu makanan untuk pasiennya, sehingga pasien akan mendapatkan gizi cukup dan seimbang.

Apalagi jika pasiennya menderita penyakit tertentu yang mengharuskan untuk tidak makan sembarangan, maka perawat ini bisa mengatur makanan apa saja yang boleh dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi. Dengan begitu, maka akan sangat membantu dalam kesembuhan pasien.Selain itu, layanan ini juga akan memberikan saran terkait makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan rekomendasi dari dokter yang bersangkutan.

4. Perawatan Stand By di Rumah

Jasa perawat home care tersertifikasi juga akan memberikan pelayanan dengan selalu berada dirumah sampai batas waktu yang telah disepakati. Sehingga pasien akan selalu ditemani dan dilayani mulai dari menyiapkan makanan dan obat-obatan, mengatur jadwal minum obat, memandikannya (bagi lansia), menemani komunikasi, dan sebagainya.Dengan demikian, maka anggota keluarga tidak khawatir ketika meninggalkan pasien dirumah jika terdapat urusan yang tidak bisa ditinggalkan.

Keberadaan perawat ini akan selalu stand by di rumah untuk menemani pasien. Beberapa alasan terkait pentingnya menggunakan jasa home care ini akan membuat Anda tidak terlalu khawatir terkait perawatan anggota keluarga yang sedang sakit. Selain itu, Anda juga akan sangat diuntungkan, karena perawat home care telah dibekali pengetahuan khusus dan rekomendasi dari dokter yang bersangkutan.

Rekomendasi Perawat Home Care Tersertifikasi Terbaik

Perawat HomeCare adalah layanan perawat home care tersertifikasi yang bisa Anda gunakan untuk keperluan perawatan Anda di rumah. Perawat HomeCare telah tersertifikasi resmi oleh kementerian kesehatan (STR Aktif) dan telah berpengalaman minimal 2 tahun.Dengan menggunakan layanan ini, maka Anda akan mendapatkan berbagai manfaat, seperti tidak perlu repot mengantre di RS, mendapatkan pelayanan yang memuaskan dan profesional, ditangani langsung oleh perawat yang memiliki Surat Tanda Registrasi, dan sebagainya.

Perawat HomeCare akan memberikan pelayanan kepada Anda terkait injeksi vitamin, perawat medis visit, caregiver, dan perawat medis inap. Layanan ini akan melakukan tindakan sesuai dengan prosedur kesehatanDemi kenyamanan dan keamanan pasien, setiap perawat akan mendapatkan intruksi dari dokter sebelum melakukan tindakan medis dengan cara pesan layanan terkonsultasi Dokter.

Bagi Anda yang membutuhkan perawat home care tersertifikasi maka bisa menggunakan layanan dari Perawat HomeCare, untuk informasi lebih lanjut terkait layanan ini bisa hubungi kami melalui +62 895-03800-997.