Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Solusi Luka Sedang dan Berat Mencegah Infeksi

By Perawathomecare Writer

Mengetahui layanan penanganan luka sedang sampai berat sangat penting untuk tempat pelarian penyembuhan secara cepat. Menangani sebuah penyakit bukan perkara mudah bagi siapapun yang mengalaminya. Sehingga, membutuhkan tempat yang tepat untuk membantu mengobati agar tidak menyebar ke mana – mana.

Bahkan luka, mampu mengenai Anda dari dalam ataupun luar yang memengaruhi jenis – jenis pengobatannya. Bukan sembarang tindakan harus Anda lakukan untuk mengobatinya agar cepat sembuh secara total. Menghindarkan dari rasa sakit dengan skala berbeda – beda tentu juga membutuhkan pengobatan berbeda.

Maka dari itu, Anda harus pintar – pintar menemukan layanan perawatan secara tepat sesuai jenis penyakit. Bahkan, mampu membimbing dengan benar menjaga kebersihan area luka, menutupnya, pemilihan obat secara aman. Agar tidak menimbulkan kerusakan pada kulit secara berlebihan pada tubuh manusia.

 

Bahaya Jika Salah Layanan Penanganan Luka

Dalam merawat kerusakan pada fungsi dari kulit harus menemukan dengan benar jenis penanganannya agar tidak menimbulkan infeksi. Kerusakan ini menyebabkan terputusnya suatu kontinuitas dari suatu jaringan karena cederanya pembedahan.

Sehingga, menemukan layanan penanganan luka sedang sampai berat menjadi pokok penting penyembuhan. Terdapat berbagai komplikasi berbahaya yang mampu Anda dapatkan ketika tidak merawatnya dengan tepat.

Salah satunya, semakin menjauh dan lamanya penyembuhan karena terjadi aliran darah dan beberapa suplai oksigen ke area tersebut tidak lancar. Tersumbatnya aliran mampu memicunya komplikasi kronis dan menyebabkan risikonya infeksi berlebihan.

Kemudian, mampu juga menyebabkan timbulnya keloid ataupun hipertrofik sebagai jaringan parut menebal di permukaan kulit. Tentunya akan mengganggu Anda ketika melihatnya dan mampu mengganggu penampilan seseorang. Selain itu, memperlancar infeksi bakteri secara terus menerus serta menimbulkan berbagai penyakit.

Selanjutnya, perawatan salah mampu menumbuhkan nanah maupun kotoran di bawah kulit yang sakit. Apabila keadaan ini tidak kunjung Anda tangani dapat menyebabkan Abses tinggi pemicu demam hebat. Bahkan dapat menyebabkan pembengkakan di bawah kulit beserta rasa nyeri tidak kunjung mereda.

Terakhir, dapat menyebabkan komplikasi berupa peradangan kulit bernama Selulitis karena adanya infeksi bakteri. Keadaan ini memunculkan bintik – bintik merah, melepuh, infeksi, sampai bengkak tidak tertahankan. Kemudian, dapat juga memunculkan komplikasi sepsis karena menyebarnya infeksi ke seluruh tubuh.

Jenis – Jenis Luka dari yang Sedang Hingga Berat

Selain berbagai akibat tidak menangani kerusakan jaringan kulit secara tepat, terdapat berbagai jenis luka yang harus Anda ketahui. Jenis – jenisnya ini akan membantu Anda menetapkan berbagai layanan penanganan luka sesuai kategori. Lalu, mengetahui berbagai jenisnya juga akan membantu dalam rangkaian langkahnya.

Apakah membutuhkan bantuan rumah sakit, perawatan homecare, ataupun langkah mandiri di rumah. Tentunya, hal pertama adalah mengetahui setiap jenisnya sesuai penyebabnya sebagai bekal perawatan, sebagai berikut.

1. Jenis Terbuka atau Robek atau Avulsi

Avulsi terjadi karena sebuah tembakan, kecelakaan berat, ataupun perkelahian yang menyebabkan darah akan keluar. Umumnya sebagian dari jaringan kulit di bawahnya akan robek menyeluruh hingga pendarahan terjadi. Penanganannya termasuk dalam tindakan berat memerlukan bantuan medis secara tepat waktu.

Kerusakannya mampu mencapai ketiga lapisan kulit dan mampu menjadi cedera traumatis parah dan risiko infeksi tinggi. Mengobatinya memerlukan beberapa tindakan seperti, jahitan, menutup pendarahan sebagai pencegahan pertama, maupun tindakan cangkok. Menandakan, Anda harus memilih layanan penanganan luka sedang sampai berat kepada pihak medis professional.

2. Jenis Tusuk dan Sayat/Insisi

Terdapat Insisi sebagai kerusakan jaringan kulit yang umum mengenalnya dengan sayat karena luka tajam, silet, ataupun pecahan kaca. Lalu, sayat juga mampu terjadi karena adanya prosedur dari pembedahan. Sama seperti sebelumnya, tingkatnya bisa berbahaya sesuai dengan lokasi pendarahan dan membutuhkan tindakan cepat.

Selanjutnya, untuk memilih layanan penanganan luka sedang sampai berat juga bisa melihatnya dari kerusakan karena tusukan. Mulai dari benda tajam yang panjang, seperti paku, pisau, jarum, atau lainnya menyebabkan darah keluar. Maka dari itu, perlu tindakan ke medis secara professional agar tidak menimbulkan infeksi.

3. Laserasi dan Jenis Baret atau Abrasi

Terakhir, terdapat kerusakan pada jaringan kulit bernama Laserasi atau terkenalnya goresan ringan dari berbagai penyebab. Anda juga bisa mengalaminya berupa luka dalam pada bentuk tidak teratur, karena kecelakaan ataupun terkena benda lain saat bekerja. Kemudian, dalam mengobatinya juga bisa memilih layanan penanganan luka sedang sampai berat tergantung pada pendarahanannya.

Tergantung pada tingkat berat – ringannya untuk menemukan jenis pengobatannya agar tidak salah. Sama seperti jenis Abrasi sebagai kerusakan goresan atau pergesekan pada permukaan kasar. Namun, jenis Abrasi tidak tergolong sebagai kerusakan berat, hingga tidak membutuhkan perawatan yang berat.

Prosedur Pengobatan dan Pemilihan Tempat Berobat

Pentingnya melakukan prosedur pengobatan ketika terjadi kerusakan pada jaringan kulit adalah karena bagian tersebut sebagai area terluas. Bahkan menjadi bagian terluar dari tubuh sebanyak 16 persen dari berat badan Anda.

Maka dari itu, memilih layanan penanganan luka sedang sampai berat berperan penting menjaga kesembuhan sampai kesehatan kulit, seperti berikut ini.

1. Prosedur Bagi Luka Ringan

Pertama, Anda harus melakukan tindakan menghentikan pendarahan dengan memakai kain melalui penekanan. Pakailah kain atau kasa steril untuk menekannya sampai darah tidak terlihat.

Selain itu, rajin membilas luka memakai air bersih jangan membersihkan memakai sabun pada area sakit. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir iritasi secara berlebihan.

Apabila area sakit terdapat tancapan benda segeralah mencabutnya memakai pinset. Namun, jika masih terdapat benda kecil yang tertanam dalam area tersebut mintalah pertolongan dokter.

Anda juga bisa menutupnya memakai perban steril agar terjaga kebersihan dan tetap membuatnya lembab. Perlu menggantinya secara berkala agar tidak kotor ataupun basah menghindari infeksi.

2. Prosedur Bagi Luka Berat

Layanan penanganan luka sedang sampai berat tergantung pada jenis penyebab kondisinya, Anda perlu mengamatinya secara berkala. Namun, kerusakan pada jaringan kulit ini bisa mengeluarkan darah sangat banyak.

Pertama memerlukan perawatan primer ataupun lanjutan, lalu mengamati apakah akan ada tindakan lainnya atau tidak. Paling penting adalah Anda harus membawanya secara langsung kepada pihak medis.

Pemilihan Tempat Perawatan Terbaik Bagi Kerusakan Kulit

Dalam memilih sebuat tempat untuk mengobati area sakit dari kulit Anda memerlukan banyak kecermatan. Mulai dari penyediaan peralatan yang sangat steril dan mampu menangani keluhan pasien secara tepat guna. Bagaimana tenaga professional dapat mendampingi Anda terkait kondisi pengobatannya.

Selain itu, memilih tempat layanan penanganan luka juga meninjau dari segi harganya apakah mempunyai patokan sama untuk semua jenis ataukah mempunyai perbedaan dari tiap kategori dan penyebabnya. Hal seperti ini, perlu Anda cermati agar mengetahui lebih luas dan dapat mempersiapkannya ketika saudara ataupun lainnya mengalaminya.

Terdapat salah satu tempat pelayanan terbaik yang dapat mendampingi Anda dalam mengobati kerusakan kulit tersebut. Perawat HomeCare menyediakan berbagai layanan mulai dari Injeksi Vitamin, Caregiver, Medis Visit, ataupun inap. Anda bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan darurat dan bisa menghubunginya melalui nomor +62 895-03800-997.

Layanan Perawat HomeCare kapan saja terhubung dengan segala kondisi pasien yang membutuhkan pengobatan. Melalui layanan penanganan luka sedang sampai berat Perawat HomeCare akan dengan cepat menyembuhkan secara tepat.