Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Solusi Ulkus Diabetikum dengan Perawat HomeCare

By Perawathomecare Writer

 

Merawat ulkus diabetikum tidak boleh dilakukan sembarangan agar terhindar dari infeksi. Jika sudah infeksi maka memperparah gejala sehingga harus diambil tindakan amputasi.

Jadi tidak ada salahnya untuk Anda mempertimbangkan menggunakan jasa perawat luka diabetes. Sehingga proses pengobatan bisa dilakukan dengan tepat dan mempercepat proses penyembuhan.

Apalagi tidak semua orang awam mampu merawat ulkus diabetikum dengan tepat dan sabar. Perlu orang yang telaten sehingga bisa membersihkan dengan baik dan terhindar dari infeksi. Namun perlu untuk mengetahui tentang penyakit ini sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa perawat luka.

Gambaran Dasar Mengenai Ulkus Diabetikum

Ulkus diabetikum merupakan kondisi kaki mengalami cedera disertai cairan nanah sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Kondisi ini umum terjadi di penderita diabetes di mana gejalanya berupa luka yang sulit sembuh tetapi tidak terasa nyeri.

Penting untuk merawat ulkus diabetikum dengan tepat dan cepat sehingga tidak menimbulkan permasalahan kesehatan lainnya. Sebenarnya penyakit ini bisa muncul di berbagai bagian tubuh yang menahan beban seperti jempol dan telapak kaki.

Kondisi yang muncul juga memiliki tingkat keparahan yang berbeda mulai dari ringan sampai parah. Apabila terus dibiarkan tanpa merawatnya maka bisa berbahaya karena menimbulkan komplikasi seperti pembusukan jaringan.

Jika berada dalam kondisi seperti ini maka amputasi adalah jalan satu-satunya. Inilah alasan mengapa sebelum parah terus dilakukan perawatan. Bahkan tidak boleh sembarangan agar tidak menimbulkan infeksi yang memicu terjadinya kematian jaringan.

Penyebab dari munculnya permasalahan tersebut adalah sirkulasi darah yang buruk di mana aliran menuju kaki terhambat. Kondisi seperti ini bisa dipicu karena berbagai macam faktor salah satunya penurunan kemampuan saraf akibat kadar gula darah yang tinggi. Inilah penyebab mengapa permasalahan ini banyak ditemukan oleh penderita diabetes.

Penyebab lainnya bisa jadi akibat berat badan berlebihan, kelainan bentuk kaki, kebiasaan merokok serta konsumsi alkohol secara berlebihan. Bahkan kondisi berikut juga berpotensi terjadi pada pria berusia lanjut sehingga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat untuk menekan resiko nya

Cara Membedakan Ulkus Diabetikum dengan Luka Biasa

Agar bisa mendapatkan langkah merawat ulkus diabetikum dengan tepat maka mengetahui mana luka yang diakibatkan penyakit ini dengan biasa. Karena banyak orang yang menganggap remeh gejalanya sehingga terlambat mendapatkan penanganan. Inilah ciri-ciri gejala dari penyakit ini yaitu:

  1. Susah sembuh

Luka yang diakibatkan oleh penyakit ini sangat sulit untuk sembuh karena dipengaruhi oleh kadar gula yang tinggi. Kondisi ini memperburuk sirkulasi darah sehingga menimbulkan infeksi yang berakibat kematian jaringan.

Jika dalam kondisi seperti ini amputasi adalah solusi yang tepat agar jaringan lain tidak bermasalah. Saat Anda mengalami cedera ringan umumnya sembuh dalam waktu 4 sampai 6 minggu. Jika luka tersebut bertambah parah maka kemungkinan Anda terkena penyakit ini.

  1. Tidak merasakan sakit

Saat Anda terluka biasanya akan merasakan sakit tergantung dengan tingkat keparahannya. Namun harus waspada ketika mengalami cedera tetapi tidak terasa nyeri karena kemungkinan besar terkena penyakit ini.

Kehilangan rasa nyeri ini karena sel saraf sudah rusak terutama di bagian ujung tubuh seperti tangan dan kaki. Inilah alasan mengapa walaupun luka Anda mati rasa. Jadi harus merawat ulkus diabetikum sesuai prosedur yang berbeda dengan tata cara merawat luka biasa.

  1. Kondisi semakin memburuk

Kondisi yang satu ini sering tidak disadari oleh para penderitanya sehingga membuat pasien terlambat mendapatkan penanganan medis. Luka akibat kondisi ini biasanya terus memburu sampai jaringan di sekitar area luka menjadi mati. Jadi selalu waspada jika mengalami luka yang awalnya ringan tiba-tiba menjadi memburuk

Cara Tepat Merawat Ulkus Diabetikum

Sebenarnya merawat ulkus diabetikum sangat mudah tetapi jika sembarangan dilakukan bisa memicu terjadinya infeksi dan permasalahan kesehatan yang lebih parah. Untuk merawat cedera akibat penyakit ini maka harus menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

Hal ini bertujuan agar kadar gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol menjadi terkontrol. Apalagi gula darah memiliki peran penting dalam proses penyembuhan penyakit ini serta mencegah komplikasi.

Selain itu untuk merawat ulkus diabetikum sekaligus mencegah infeksi maka harus membalut dengan perban sekaligus menggantinya secara rutin. Adanya perban ini agar melindungi luka dari kontaminasi lingkungan dan gesekan sehingga proses penyembuhan tidak terganggu.

Namun sebelum mengganti perban penting untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik untuk menjaga kebersihan dan menghindari transfer kuman yang bisa menyebabkan infeksi . Langkah ini sangat sederhana tetapi tidak semua orang mampu menjaga kebersihan secara maksimal.

Merawat ulkus diabetikum selanjutnya baru membersihkannya menggunakan air hangat dan sabun ringan. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran di area luka tanpa merusak jaringan di sekitarnya. Lalu gosok luka dengan secara hati-hati sehingga jaringan di sekitar tidak rusak.

Jadi tidak boleh menggunakan benda kasar dan kapas yang bisa tertinggal di serat luka. Dalam proses pembersihan penting untuk menggunakan antiseptik sehingga mikroorganisme berbahaya tidak masuk ke dalam luka. Langkah ini harus dilakukan dengan telaten sehingga tidak membahayakan pasien.

Setelah melakukan proses tersebut penting untuk melakukan pemantauan luka secara rutin agar mengetahui apakah ada tanda infeksi atau tidak. Jika ada maka bisa langsung diberikan penanganan yang tepat sebelum parah.

Layanan Homecare Solusi yang Tepat dalam Perawatan Ulkus Diabetikum

Dalam proses merawat ulkus diabetikum memang terlihat sederhana tetapi ada banyak langkah-langkah yang harus dilakukan untuk proses perawatan berjalan dengan maksimal. Apalagi dalam merawat luka wajib menjaga kebersihan sehingga terhindar dari infeksi.

Namun hal remeh seperti ini tidak semua orang bisa melakukannya sehingga tidak menutup kemungkinan walaupun luka telah dibersihkan maka terjadi infeksi. Bahkan selain membersihkan luka secara teratur harus dilakukan pemantauan untuk mengetahui apakah proses penyembuhan sudah memiliki kemajuan.

Jadi Anda harus mengetahui seperti apa tanda-tanda infeksi di luka seperti kemerahan, bengkak, dan keluar nanah. Jika jadi kondisi ini maka harus langsung mendapatkan penanganan yang cepat.

Apabila Anda tidak mampu membersihkan secara telaten maka bisa menggunakan jasa perawat luka diabetes yang telah ahli di bidang ini. Pastinya perawat ini bisa membersihkan luka dengan baik dan benar sehingga terhindar dari infeksi. Selain itu perawat ini juga selalu mengontrol pasien sehingga tidak memperparah gejala yang membuat luka sulit sembuh.

Walaupun perawat luka diabetes sudah banyak tetapi tidak boleh sembarangan memilihnya di mana harus memastikan terpercaya. Bisa menggunakan internet untuk mencari informasi seputar penyedia jasa sehingga bisa menilai apakah berkualitas atau tidak.

Jangan lupa pula untuk mengecek apakah perawat yang bekerja sudah memiliki STR atau belum. Apalagi STR bisa menunjukkan apakah perawat tersebut memang ahli di bidang ini atau tidak sehingga memberikan pengaruh pada saat bekerja.

Salah satu jasa yang bisa Anda gunakan dan sudah terbukti kualitasnya adalah Perawat HomeCare. Apabila Anda ada pertanyaan maka bisa menghubungi +62 895-03800-997, pastinya tidak perlu meragukan lagi kualitas layanan ini karena mampu merawat ulkus diabetikum dan luka lainnya.