Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Tips Merawat Pasien Alzheimer

By Perawathomecare Writer

Tips merawat pasien alzheimer wajib diketahui oleh Anda yang mempunyai keluarga dengan kondisi tersebut. Untuk proses perawatannya sendiri memang membutuhkan kesabaran dan tidak boleh tersulut emosi sehingga tidak memperkeruh suasana.

Seperti sudah diketahui bahwa penyakit satu ini memang dapat menurunkan kemampuan seseorang dalam melakukan komunikasi secara perlahan. Adapun pasien biasanya juga akan mengalami adanya sejumlah perubahan yang terjadi.

Meski begitu para pasien biasanya juga akan mengalami kesulitan untuk memilih kata yang mereka maksud tersebut. Sehingga tidak jarang mereka sering menggunakan kata yang sering didengarkan dibandingkan mencari kata lain.

Pasien biasanya juga akan menemukan adanya kesulitan ketika menemukan nama benda yang mereka maksud serta hanya akan menjelaskan bentuknya saja. Tidak heran kalau mereka biasanya lebih sering menggunakan bahasa isyarat.

Kondisi tersebut apabila tidak memperoleh perawatan yang tepat ternyata bisa berdampak pada memori, proses berpikir hingga tingkah laku mereka. Untuk itulah penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana tips merawat pasien Alzheimer tersebut.

Tips Merawat Pasien Alzheimer dengan Tepat

Sebelum Anda mengetahui bagaimana tips merawat pasien Alzheimer, maka penting agar memahami pengertiannya terlebih dahulu. Alzheimer sendiri merupakan sebuah kondisi otak degeneratif yang mengakibatkan adanya penurunan progresif di dalam sejumlah aspek.

Mulai dari mengganggu ingatan, kemampuan kognitif atau cara berpikir hingga kemampuan dalam bicara sekaligus perilaku. Walaupun penyakit tersebut lebih banyak terjadi pada usia lansia, tetapi bukan berarti anak muda tidak bisa terserang.

Di tahap awal, biasanya para penderita akan mengalami gejala dimana daya ingatnya menjadi terganggu. Sebagai contohnya adalah lupa nama benda, percakapan dengan siapa hingga suatu peristiwa tertentu.

Tidak heran kalau bagi sebagian besar orang yang mempunyai anggota keluarga dengan kondisi tersebut merasa ingin menyerah ketika menghadapi perilaku mereka. Terlebih lagi karena penderita biasanya harus membutuhkan bantuan saat sedang menjalani hari.

Walaupun Anda mungkin merasa ingin menyerah ketika harus merawat mereka, sebaiknya jangan sampai mengurungkan niat tersebut. Beberapa tips merawat pasien Alzheimer di bawah ini mungkin sangat bermanfaat:

  1. Mulai Menciptakan Lingkungan Nyaman dan Aman

Tips paling utama yang perlu Anda lakukan untuk memberikan perawatan kepada pasien adalah menciptakan lingkungan nyaman sekaligus aman. Sebab biasanya penderita masih dapat beraktivitas seperti berjalan, berdiri hingga duduk secara normal.

Di samping itu, cobalah memberikan bantalan empuk di setiap sudut seperti di almari, tembok, meja dan lainnya. Jangan lupa untuk menyamarkan pintu karena biasanya pasien sering keluar rumah begitu saja.

  1. Perhatikan Pola Makan

Tips merawat pasien Alzheimer berikutnya adalah dengan memperhatikan pola makan mereka. Terlebih lagi penderita biasanya tidak makan dan minum karena adanya gangguan daya ingat.

Jika dibiarkan begitu saja, maka akan membuat penderita tidak memperoleh asupan gizi yang cukup sehingga bisa mengakibatkan dehidrasi serta kekurangan nutrisi. Cobalah untuk membuat jadwal untuk makan sekaligus minum bagi pasien.

  1. Perhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Walaupun Anda sudah membuat jadwal makan untuk pasien, tetapi jangan lupa untuk selalu memperhatikan jenis makanan untuk mereka. Jika perlu cobalah membuat makanan yang memang khusus buat penderita Alzheimer.

Misalnya saja adalah makanan yang tidak mempunyai kandungan garam sekaligus gula berlebih. Di samping itu, Anda juga bisa memberikan sayuran, buah, biji-bijian serta produk susu dengan kandungan lemak rendah.

  1. Buatlah Catatan Kecil

Dengan membuat catatan kecil juga menjadi tips merawat pasien Alzheimer berikutnya yang bisa Anda terapkan. Terlebih lagi penderita kondisi tersebut sering mengalami gangguan daya ingat sehingga mudah lupa.

Oleh sebab itulah, cobalah membuat catatan kecil sehingga para pengidapnya bisa mengingat. Adapun catatan tersebut dapat berupa nomor telefon dari anggota keluarga, alamat hingga bagaimana menggunakan sebuah alat tertentu.

  1. Jangan Pindahkan Lokasi Penyimpanan Benda

Tidak bisa dipungkiri bahwa pengidap dari penyakit satu ini akan sering lupa sehingga tidak mudah mengingat apapun termasuk letak dari suatu benda. Oleh sebab itulah, sebisa mungkin selalu menyimpan benda di tempat sama.

Dengan cara inilah akan memudahkan pasien di dalam menemukan sebuah benda seperti dompet, kunci, HP ataupun lainnya. Terlebih lagi lupa dalam menaruh benda seakan menjadi masalah besar bagi penderita.

  1. Pastikan Mereka Mendapatkan Waktu Tidur Malam Cukup

Tips merawat pasien Alzheimer selanjutnya adalah memastikan bahwa mereka memperoleh tidur malam yang cukup. Seperti sudah diketahui bahwa istirahat serta tidur berkualitas sangat dibutuhkan oleh siapapun termasuk penderita dari penyakit ini.

Karena biasanya pasien kesulitan tidur maka sebaiknya batasi waktu tidur siang hari serta kurangi asupan cairan dalam tubuh. Jangan lupa juga ciptakan suasana kamar yang nyaman dan tenang agar mereka cepat tidur.

  1. Jangan Lupa Kesehatan Mental

Kondisi kesehatan mental siapapun termasuk penderita dari Alzheimer memang harus diperhatikan dengan baik. Tips merawat pasien Alzheimer dalam hal ini adalah memastikan bahwa mereka memperoleh kasih saya cukup.

Selain itu, penderita biasanya juga akan merasa senang dan aman apabila diperdulikan oleh orang disekitar. Jangan lupa sebagai anggota keluarga, Anda juga wajib memberikan motivasi mereka agar tetap bersemangat dalam menjalani hari.

  1. Jangan Lupa Ajak Mereka untuk Berolahraga

Bukan hanya kesehatan mentalnya saja yang harus memperoleh perawatan lebih lanjut, tetapi kesehatan fisik mereka juga demikian. Tips merawat pasien Alzheimer adalah mengajak mereka untuk melakukan latihan sekaligus aktivitas fisik.

Aktivitas fisik inilah dapat mendorong adanya mobilitas, mencegah terjadinya kekakuan otot, membuat sirkulasi darah meningkah, membuat tubuh menjadi relaks. Cobalah minta saran ke pihak dokter seperti apakah jenis latihan tepat untuk mereka.

  1. Jangan Menemani Mereka Saat Sedang Pergi

Penderita dari Alzheimer mungkin sering merasa bosan ketika berada di rumah dan sesekali ingin keluar. Tetapi sebaiknya jangan pernah membiarkan mereka untuk pergi keluar rumah sendiri karena bisa jadi akan kesulitan menemukan jalan pulang.

Oleh sebab itulah sebaiknya harus selalu menemani mereka ketika sedang berpergian ke luar rumah. Jika Anda tidak bisa menemani mereka, cobalah bawakan tanda pengenal ataupun ponsel sehingga bisa mengetahui lokasinya.

  1. Jangan Pernah Membantah

Perlu dicatat bahwa penderita dari Alzheimer biasanya akan membuat mereka lebih sensitif sehingga menjadi cukup pemarah. Bahkan tidak jarang mereka dapat berlaku secara kasar baik berupa tindakan ataupun sekedar lisan saja.

Cara menghadapi pasien yang keras kepala ini sebenarnya tidaklah sulit buat dilakukan yakni jangan pernah membantah mereka. Di samping itu, cobalah lebih memahami emosional pada pasien.

Di samping jangan pernah membantah pasien, Anda sebaiknya juga bisa mengalihkan perhatian mereka ketika sedang marah. Misalnya saja adalah dengan mengajaknya keluar rumah untuk melihat pemandangan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam merawat pasien Alzheimer sebaiknya harus selalu sabar dan memberikan perhatian. Anda juga bisa menggunakan layanan Perawat HomeCare untuk menerapkan beberapa tips merawat pasien Alzheimer di atas segera hubungi kami melalui +62 895-03800-997 agar perawatan lebih optimal.