Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Tugas Perawat Home Care dan Kategori Layanan

By Perawathomecare Writer

Tugas perawat home care biasanya sangat beragam tergantung dari pasiennya. Salah satu tugas utamanya untuk membantu merawat pasien melalui prosedur kesehatan yang sesuai standar.

Secara umum, peran perawat ini memastikan kebutuhan pasien terpenuhi dengan baik, mulai dari asupan gizi, nutrisi, serta pemberian obat. Hal ini termasuk juga terkait perawatan diri pasien, misalnya seperti mencuci rambut, memandikan sampai memakaikan pakaian.

Tugas Perawat Home Care dan Layanannya

Tugas dan layanan perawat HomeCare sebenarnya berbeda-beda tergantung dari kebutuhan pasien. Sebab, hal tersebut akan berpengaruh terhadap kondisi pasien, jadi perlu berhati-hati dalam memilih agen HomeCare.

Sebaiknya, Anda memilih agen yang sudah berpengalaman dan profesional, meskipun harganya bersaing. Selain itu, pilihlah perawat yang memiliki komunikasi bagus, baik itu kepada pasien maupun dengan keluarganya.

1. Tugas Utama Perawat

Pada umumnya, tugas perawat home care yang paling utama akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pasien, mulai dari pengecekan kesehatan sampai ketersediaan waktunya. Namun, semua tugas tersebut terbagi lagi menjadi beberapa poin, berikut ini:

• Melakukan Pemasangan Alat Medis pada Pasien

Setiap pasien tentu memiliki kebutuhan yang berbeda untuk menghadapi permasalahan pada kesehatannya. Sebab, seluruh alat medis untuk pasien maupun penunjang lain harus perawat sediakan dengan baik.

Nantinya, pengasuh juga akan menjalankan tugas yang lainnya. Khususnya dalam hal menyediakan swab test, injeksi vitamin, oksigen, infus, dan masih banyak lagi.

Biasanya, agar semua alat medis dapat berfungsi dengan sempurna perlu prosedur yang benar. Hal ini juga yang menjadi alasan bahwa tugas utama perawat HomeCare adalah memasang alat medis.

Memberikan Pengawasan dan Perawatan terhadap Pasien di Rumah

Agar kondisi kesehatan pasien selalu terjaga, tugas perawat home care selanjutnya dapat merawat pasien sebaik mungkin. Artinya, mulai dari lingkungan hingga perawatan yang berhubungan dengan medis, perawat harus bisa menjaga kondisi pasien.

Caranya cukup melakukan pemantauan tekanan darah, pemeriksaan rutin, dan masih banyak lainnya, dengan begini misi utama dari pengasuh dipastikan aman terkendali. Khususnya terhadap lansia, umumnya tugas seperti ini harus bisa dilakukan untuk semua jenis pasien.

• Membantu Pasien Melakukan Kegiatan Sehari-hari

Tugas perawat home care berikutnya membantu pasien dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Sebagian pasien, pasti memiliki tubuh yang rentan dan terbatas seperti dalam hal berbicara, pendengaran, maupun mobilitas.

Khususnya, fungsi indera pendengaran pada lansia sudah mulai mengalami penurunan. Oleh karena itu, baik dalam keseharian maupun acara tertentu, perawat juga harus siap menemani pasien setiap kali dibutuhkan.

• Membantu Pasien Mengatur Makan

Secara umum, manusia perlu makanan setidaknya 3 kali dalam sehari. Hal ini juga sangat penting bagi pasien yang berasal dari HomeCare.

Pola makan yang seimbang dan teratur berguna untuk bisa menjaga kesehatan serta membantu proses penyembuhan pasien secara berkala. Hal tersebut tidak hanya soal kualitas makanannya, melainkan kuantitasnya juga harus bisa menjadi pertimbangan.

Tugas perawat home care harus bisa memberikan asupan gizi yang baik dengan makanan berkualitas dan rendah kalori. Tujuannya agar kondisi tubuh pasien lebih cepat pulih dan tidak rentan terkena penyakit lain.

Selain itu, juga akan membantu keluarga pasien. Khususnya, bagi keluarga yang tidak tahu cara mengatur makan sesuai dengan kondisi kesehatan pasiet.

• Memonitoring Kondisi Pasien dan Memberikan Laporan

Tugas perawat home care berikutnya harus bisa memantau kondisi pasien secara berkala dari waktu ke waktu. Artinya, pengasuh harus bisa memahami seluruh cara dalam melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check up.

Tindakan seperti ini nantinya akan langsung dilaporkan kepada dokter. Sehingga dokter akan lebih mudah menentukan langkah kedepannya untuk pasien.

Selain itu, hal ini juga sebagai bukti perkembangan pasien, sehingga perawat bisa menyerahkan laporan kesehatan ke keluarganya.

Bagi keluarga, mengetahui kondisi pasien merupakan hal sangat penting. Sebab, hal seperti ini juga turut memudahkan dan membantu keluarga maupun tim medis untuk kedepannya.

• Memberikan Obat dan Jadwal Konsultasi ke Dokter

Tugas perawat home care juga harus bisa memastikan secara teratur bahwa pasien telah meminum obat sesuai dengan arahan dokter. Apalagi secara umum, obat pasien sangat berhubungan langsung dengan kondisi kesehatan pesakit.

Selain itu, pengasuh juga harus bisa mengatur jadwal konsultasi antara pasien maupun keluarganya dengan dokter. Hal ini untuk membahas kondisi kesehatan pasien secara rinci.

Tidak sama seperti rumah sakit, karena HomeCare jauh lebih fleksibel. Sehingga untuk semua proses penjadwalan harus dibicarakan terlebih dahulu antara pasien/pihak keluarga dan dokter.

2. Kategori Layanan Perawat HomeCare

Biasanya, HomeCare memiliki beberapa layanan agar pasien bisa mendapatkan penanganan yang terbaik. Tentu, hal ini karena setiap perawat memiliki keahlian yang berbeda sehingga terbagi ke dalam beberapa kategori pelayanan.

Jadi sebelum menggunakan layanan pengasuh HomeCare Anda harus tahu dulu layanannya agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini sudah ada beberapa jenis layanan perawat Home Care, antara lain:

• Pengasuh Lansia Profesional

Sikap yang sabar harus dimiliki oleh pengasuh satu ini, karena tingkah laku seseorang lansia tidak bisa terprediksi. Bahkan, para lansia sebagian besar cenderung memiliki sifat seperti anak kecil.

Oleh karena itu, terkadang sebagian besar anak mengalami kebingungan untuk menghadapi orang tuanya. Hal inilah yang berujung salah mengambil keputusan, bahkan sampai terjadi penelantaran.

Tidak hanya soal tindakan, perawat lansia juga harus bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Oleh karena itu, tugas perawat home care lainnya harus bisa memantau tekanan darah dan gula, dan menangani penyakit kronis.

Bahkan, juga harus memenuhi kebutuhan kesehatan umum lansia, serta membuatnya nyaman di lingkungan rumahnya. Semua tugas tersebut sangat penting pengasuh ketahui, karena kondisi kesehatan lansia sewaktu-waktu dapat berubah.

Oleh karena itu, pengasuh juga harus bisa menyesuaikan diri dan mudah beradaptasi terhadap kondisi maupun lingkungan pasiennya. Pastinya, semua hal ini harus dilakukan secara ramah dan profesional.

Pengasuh Anak

Bagi orang tua, lahirnya sang buah hati tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Namun, jika Anda sebagai seorang ibu masih belum paham dan tidak berpengalaman dalam merawat anak.

Maka, pilihan tepatnya adalah perawatan dari rumah yang akan membantu menjaga bayi untuk memberikan pelayanan tepat. Tidak hanya merawat anak, namun nantinya pengasuh akan membantu ibu dengan memberikan pengetahuan terkait hal-hal yang diperlukan.

Selain itu, juga memberikan berbagai macam informasi terkait cara mengurus bayi ketika baru lahir. Bahkan, untuk bisa memastikan tumbuh kembangnya, perawat juga akan berperan mengasuh balita tersebut. Tentu saja, tindakan tersebut sudah termasuk ke dalam pemeriksaan seluruh kesehatan ibu maupun anak.

• Perawat Medis

Secara umum, jenis pengasuh ini akan melayani seluruh tindakan medis serta pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan pasien. Pengasuh ini cenderung bekerja dalam kasus umum, mulai dari kebutuhan khusus hingga kondisi penyakit tertentu.

Terutama, bagi pasien dengan penyakit keras atau berjangka panjang. Tugas perawat home care ini kurang lebih sama seperti penjelasan sebelumnya, yaitu: melakukan perawatan dan mengawasi pasien, serta membantu pemasangan alat medis.

Selain itu, turut membantu pasien dalam menjalani aktivitas kesehariannya, memberikan sekaligus menjaga pola makan pasien. Terakhir, tugas perawat HomeCare, memonitoring kondisi, memberikan obat, dan mengatur jadwal konsultasi dengan dokter.

Bagi pengasuh selama bertugas wajib sekali beradaptasi dengan semua kondisi yang mungkin saja terjadi. Semua harus bisa dilakukan secara hati-hati dan profesional karena berhubungan erat dengan kesehatan orang lain.

Bagi Anda yang ingin menggunakan Perawat HomeCare bisa langsung menghubungi +62 895-03800-997. Nantinya, Anda akan mendapatkan pelayanan kesehatan dan konsultasi paling terbaik di Indonesia.

Tenang saja, untuk customer care sudah tersedia selama 24 jam. Sehingga akan langsung merespon segala kebutuhan Anda dengan cepat. Segera kunjungi laman resmi kami untuk informasi lebih lanjut terkait tugas perawat home care dan layanannya.