Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Jasa Perawat Pada Orang Sakit di Rumah

By Perawathomecare Writer

 

Keberadaan jasa perawat orang sakit di rumah merupakan salah satu layanan yang sekarang banyak populer. Layanan ini memang sangat berguna dalam membantu ketika ada anggota keluarga yang sedang sakit dan butuh pendampingan.

Meninggalkan orang tercinta yang sedang sakit di rumah sendirian tentunya sangatlah sulit. Namun, terkadang kondisi seperti itu memang tidak bisa terelakkan karena tuntutan tanggung jawab di tempat kerja atau semacamnya.

Hadirnya layanan caregiver sangatlah membantu. Khususnya ketika Anda memiliki tanggung jawab di tempat kerja sedangkan orang tua atau anak sedang sakit di rumah dan membutuhkan pendampingan.

Mengenal Layanan Perawat di Rumah

Layanan perawat atau caregiver adalah tenaga professional yang bertugas untuk memberikan jasa perawatan atau pengasuhan bagi orang lain. Caregiver akan memberikan dedikasinya penuh waktu untuk merawat atau mendampingi orang sakit maupun lansia.

Layanan jasa perawat orang sakit itu bisa memberikan memberikan pelayanan medis maupun non medis di rumah bagi orang yang membutuhkannya. Misalnya saja mendampingi orang dengan kondisi kesehatan tertentu dan sedang menjalani perawatan di rumah.

Seorang yang ditugaskan sebagai caregiver itu sama halnya perawat di rumah sakit. Karena caregiver memang memiliki kualifikasi yang sama layaknya seorang perawat, namun tugasnya dilakukan di rumah pasien.

Di rumah sakit, perawat hanya bertugas sesuai dengan instruksi dokter. Sedangkan seorang caregiver bertugas sesuai dengan kebutuhan pasien dan memiliki porsi interaksi lebih banyak dibandingkan seorang perawat.

Karena caregiver akan melakukan pendampingan untuk memenuhi kebutuhan pasien setiap harinya sesuai perjanjian. Mulai dari mendampingi, mengganti popok, memberi makan, obat hingga kebutuhan medis.

Layanan jasa perawat orang sakit memang semakin popular seiring dengan meningkatnya kesibukan setiap orang, misal tuntutan pekerjaan. Jadi ketika ada anggota keluarga yang membutuhkan pendampingan, layanan ini bisa menjadi solusi.

Misal anak, pasangan atau orang tua lanjut usia yang membutuhkan pendampingan khusus sedangkan Anda tidak dapat melakukannya karena pekerjaan. Layanan caregiver dapat menggantikan kehadiran Anda dalam merawat atau mendampingi.

Penggunaan Layanan Caregiver Setiap Anggota Keluarga

Layanan jasa perawat orang sakit dapat Anda gunakan untuk mendampingi setiap anggota keluarga yang membutuhkan. Mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga orang tua lanjut usia dalam kondisi kesehatan tertentu.

  1. Anak-anak

Layanan caregiver dapat membantu mendampingi anak-anak tercinta di rumah ketika Anda sedang tidak bisa melakukannya karena urusan lain. Misalnya saja bagi anak-anak berkebutuhan khusus, balita bahkan bayi.

Seorang caregiver dapat membantu Anda dalam kebutuhan sehari-hari anak. Misalnya saja untuk urusan mandi, makan, mengganti popok, memberikan susu, memberikan edukasi hingga memberikan penanganan medis sesuai kebutuhan.

  1. Orang Dewasa

Layanan jasa perawat orang sakit juga bisa melayani orang dewasa. Misal ketika Anda tinggal sendiri di rumah dan membutuhkan perawatan, caregiver dapat membantu memberikan pendampingan.

Layanannya bisa berupa membantu dalam urusan personal hygene, memberikan obat, menyiapkan makanan dan lain sebagainya. Bahkan juga bisa mencakup dalam membantu urusan rumah tangga secara umum.

  1. Lansia

Caregiver juga bisa Anda gunakan untuk mendampingi orang tua di rumah yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan kehadiran caregiver yang mendampingi orang tua Anda, maka Anda bisa melakukan rutinitas sehari-hari tanpa perlu merasa cemas.

Caregiver bagi lansia menawarkan berbagai macam layanan. Mulai dari personal hygene, membantu menyiapkan dan memberi makan, obat, mobilitas, teman berbicara hingga tindakan medis tertentu.

Jenis Perawatan dari Caregiver Kepada Pasien

Layanan jasa perawat orang sakit di rumah itu dapat membantu berbagai macam kebutuhan pasien sehari-hari mulai dari kebutuhan personal sampai pengobatan. Berikut adalah beberapa jenis perawatan dari caregiver kepada pasiennya.

  1. Personal Hygene

Ketika seseorang sedang sakit atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, umumnya akan mengalami kesulitan dalam berakitvitas sehari-hari. Misalnya saja dalam hal mandi, buang air, ganti baju, makan dan lainnya.

Caregiver dapat membantu pasien dalam melakukan hal-hal tersebut setiap harinya. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan kebutuhan pasien dalam lingkup personal hygene, karena caregiver pastinya akan membantu.

  1. Mengawasi dan Membantu Pengobatan

Ketika sakit, pasien tentu akan membutuhkan perawatan tertentu guna mendukung kesembuhannya. Misalnya saja mengganti perban pada luka, memberikan obat, infus, suntik atau tindakan medis lainnya.

Layanan jasa perawat orang sakit dapat Anda andalkan karena caregiver memanglah orang-orang berkualifikasi di bidang kesehatan. Bukan sekedar mengawasi pengobatan, caregiver juga dapat membantu mengontrol makanan yang pasien konsumsi.

  1. Membantu Urusan Rumah Tangga Umum

Selain membantu dalam urusan personal hygene dan pengobatan, caregiver juga dapat membantu untuk basic housekeeping atau urusan rumah tangga umum. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang kondisi kebersihan rumah.

Misalnya saja untuk urusan mencuci, menyapu dan urusan rumah tangga umum lainnya, caregiver dapat Anda andalkan. Bahkan juga dapat membantu untuk urusan menyiapkan makanan bagi pasien.

  1. Menjadi teman

Satu hal yang penting dan sangat berharga dari layanan jasa perawat orang sakit adalah keterikatan emosional bersama pasien. Jadi, caregiver juga akan menjadi teman mengobrol bagi pasien ketika Anda sedang tidak bisa mendampingi.

Dengan demikian, orang yang Anda cintai tidak akan kesepian karena ada teman berbicara. Ketika kondisi mental pasien baik, maka proses penyembuhan juga akan lebih cepat.

Tips Memilih Jasa Perawat Orang Sakit di Rumah

Menggunakan layanan jasa perawatan orang sakit memang menjadi pilihan tepat. Jadi, orang yang Anda cintai tetap bisa mendapatkan perawatan sebaik-baiknya namun aktivitas keseharian Anda tidak terganggu.

Jika berminat menggunakan caregiver, penting untuk memilihnya dengan tepat. Pertama, tentu perlu memilih penyedia jasa caregiver yang memang sudah memiliki reputasi bagus untuk menjadi pendamping orang tercinta di rumah.

Bukan hanya itu, namun ada beberapa tips lain yang perlu Anda perhatikan ketika memilih jasa perawat orang sakit di rumah. Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat memili caregiver.

  1. Wawancara dan Cek Informasi Perawat

Lakukan wawancara kepada calon perawat yang hendak Anda pilih. Pastikan untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung guna mengenal lebih baik calon perawat yang akan Anda pilih.

Cek juga informasi calon perawat tersebut, mulai dari kualifikasinya, pengalaman dan lain sebagainya. Ini untuk memastikan bahwa calon perawat dari layanan jasa perawatan orang sakit tersebut memang bagus.

  1. Jelaskan Tugas-Tugas

Kemudian, Anda bisa menjelaskan tugas-tugas yang perlu perawat lakukan nantinya di rumah. Jelaskan saja kebutuhan-kebutuhan yang biasa pasien perlukan setiap harinya kepada calon perawat.

  1. Masa Percobaan

Anda bisa minta masa percobaan kepada pihak penyedia jasa layanannya dan calon perawat. Dengan demikian, Anda bisa menilai dahulu apakah perawat tersebut layak atau tidak untuk mendampingi pasien.

Jika membutuhkan jasa caregiver, Anda bisa hubungi Perawat HomeCare melalui nomor +62 895-03800-997. Kami menawarkan jasa perawat orang sakit professional dan terlatih untuk Anda dengan berbagai paket layanan sesuai kebutuhan.