Perawat Homecare

Artikel Gratis dari Perawathomecare

Pentingnya Personal Hygiene Bagi Tubuh

By Perawathomecare Writer

 

Pentingnya personal hygiene dalam melakukan perawatan diri secara keseluruhan. Istilah ini menyebutkan secara personal berarti perorangan dan hygiene artinya bersih. Oleh karenanya personal hygiene adalah kebersihan diri.

Jika didefinisikan menurut istilahnya yaitu perawatan diri yang dilakukan untuk menjaga kesehatan psikologis dan fisik. Kebutuhan tersebut bisa dilakukan untuk semua usia, apalagi saat sedang sakit hingga memerlukan perawatan penuh.

Layanan caregiver dari Perawat HomeCare menyediakan cara perawatan professional yang bersedia merawat orang tersayang Anda. Namun, sebelum membahas lebih jauh, ketahui dahulu pentingnya personal hygiene bagi tubuh.

Apa Pentingnya Personal Hygiene Pada Tubuh?

Personal hygiene merupakan aktivitas dalam menjaga dan memberi perawatan terhadap tubuh supaya selalu bersih, sehat, dan mampu meningkatkan derajat kesehatan seseorang. Sehingga, efek negatif dari penyakit dapat diatasi dengan baik.

Pentingnya personal hygiene karena bertujuan guna menjaga kebersihan serta kesehatan diri agar terhindar dari virus atau bakteri. Perawatan ini dibutuhkan untuk memperoleh kenyamanan individu, kesehatan, juga keamanan.

Contohnya saja pada orang yang sakit atau memerlukan tantangan fisik. Maka, membutuhkan perawat untuk melakukan praktik kesehatan dengan rutin setiap harinya kepada seseorang yang membutuhkan.

Namun, Anda tidak perlu bingung saat mencari perawat untuk memberi perawatan kepada oran tersayang. Kini sudah hadir, Perawat HomeCare yang menyediakan layanan caregiver dengan penuh pendampingan langsung di rumah.

Layanan caregiver memiliki orang-orang terlatih yang telah terbiasa melakukan perawatan intensif. Layaknya sosok keluarga, bantuan pemberian kesehatan, perawatan, serta dukungan emosional akan diberikan dari layanannya.

Pentingnya personal hygiene pada tubuh memiliki manfaat tersendiri. Manfaat paling utama ialah menjaga kebersihan diri tetap baik. Sehingga, tubuh tidak mudah terserang berbagi virus maupun penyakit.

Kondisi kesehatan bisa dicegah dengan menjaga kebersihan diri, seperti pada penyakit diare, kudis, kurap, cacingan, ruam-ruam, dan lainnya. Bahkan, manfaatnya dapat dirasakan secara sosial, di mana seseorang lebih terlihat percaya diri.

Faktor Beserta Alasan Harus Menjaga Personal Hygiene

Adapun, beberapa faktor yang turut mempengaruhi pentingnya personal hygiene ini. Apa saja faktor-faktornya? Simak informasi berikut untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi seseorang harus melakukan personal hygiene.

  1. Citra tubuh pasien

Penampilan pasien memberi gambaran pentingnya perawatan diri. Citra tubuh seseorang berubah-ubah dikarenakan terdapat pembedahan atau penyakit fisik yang membutuhkan usaha lebih keras dalam meningkatkan kondisi kesehatannya.

  1. Keadaan fisik seseorang

Pada keadaan tertentu, terutama dalam kondisi sakit parah yang membutuhkan perawatan intensif. Kemampuan untuk merawat diri jadi lebih berkurang, sehingga diperlukan bantuan dari orang lain.

  1. Pengetahuan

Pengetahuan mengenai pentingnya personal hygiene serta dampaknya mempengaruhi kesehatan diri. Meski begitu, sumber pengetahuan saja tidak cukup, pasien perlu termotivasi untuk merawat dirinya dengan lebih baik.

  1. Pemilihan pribadi individu

Seseorang memiliki kebebasan untuk memilih kapan waktu terbaik melakukan perawatan diri. Mulai dari memilih produk atau layanan yang ingin dipakai hingga bagaimana cara melakukan perawatan.

Adapun alasan yang membuat Anda harus memberi perawatan terbaik bukan semata-mata hanya karena kesehatan. Tetapi, menjaga kebersihan diri serta lingkungan juga disertai tiga alasan di bawah ini, yaitu.

  1. Alasan kesehatan

Buruknya kebersihan diri pada tubuh mampu meningkatkan risiko terhadap tubuh seseorang mengalami penyakit. Misalnya terserang diare, hepatitis, infeksi saluran kemih, tifus, cacingan, infeksi kulit, dan sebagainya.

  1. Alasan sosial

Menjaga kebersihan diri membantu seseorang menghindari munculnya citra negatif pada tubuh. Sehingga, pentingnya personal hygiene memang perlu diperhatian, baik dari sisi kesehatan maupun kebersihan diri.

  1. Alasan psikologis

Kebersihan dan kesehatan diri yang baik membuat pasien menjadi lebih percaya diri. Terutama dalam kondisi sosial ketika bertemu banyak orang, layanan caregiver Perawat HomeCare memberi perawatan yang hangat kepada pasien.

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan atau Perawatan Diri?

Pentingnya personal hygiene membuat Anda harus memperhatikan bagaimana cara menjaga kebersihan diri. Dengan demikian, perawatan yang Anda berikan tak sekedar kesehatan, melainkan juga kebersihan diri dari berbagai penyakit.

  1. Mencuci tangan menggunakan sabun

Beberapa penyakit disebabkan oleh infeksi dikarenakan seseorang menyentuh mulut atau makanannya dalam keadaan kotor. Cucilah tangan Anda menggunakan sabun di bawah air mengalir, atau pakai hand sanitizer.

Setidaknya, hand sanitizer memiliki kandungan 60% alkohol untuk membersihkan tangan, bila Anda belum menemukan akses air. Menjaga kebersihan dan perawatan diri dengan lebih intensif memperhatikan kesehatan Anda.

  1. Perhatikan kebersihan makanannya

Kebersihan makanan yang akan dikonsumsi juga penting untuk menjaga diri melawan berbagai penyakit seperti cacingan. Baik itu dari makanan yang dimakan sampai mencuci peralatan memasaknya sebelum digunakan.

  1. Menjaga kebersihan organ reproduksi

Pentingnya menjaga kebersihannya untuk menghindari penyakit infeksi kelamin. Seperti infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual, serta vaginosis bakteralis. Hindari pemakaian sabun saat membersihkannya karena menyebabkan iritasi di area sensitif.

  1. Jangan merawat kuku panjang

Membiarkan kuku dalam kondisi kotor dan panjang menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit infeksi. Tidak menggigit kuku, memotongnya ketika sudah mulai panjang, dan bersihkan area bawah kuku merupakan hal mendasar.

  1. Jaga kebersihan gigi, tubuh, dan kaki

Mencegah timbulnya bau mulut, infeksi, plak gigi membuat Anda harus menyikat gigi dengan rutin minimal dua kali sehari. Lalu, jangan memakai sepatu atau sandal saat lembab karena bakteri mudah muncul.

Terakhir, biasakan untuk mandi 2 kali sehari agar menjaga kebersihan tubuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Pastikan sudah membilasnya bersih, terutama di bagian ketiak atau area kelamin karena mudah berkeringat.

Kelima cara di atas merupakan panduan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, untuk membutuhkan perawatan diri dari segi professionalitas, percayakan pada layanan caregiver Perawat HomeCare.

Layanan Caregiver Homecare Berikan Perawatan Intensif Terbaik

Pentingnya personal hygiene menjadi salah satu aspek penting dari asuhan caregiver yang disediakan oleh Perawat HomeCare. Kenapa harus Perawat HomeCare? Layanan terbaik kini sudah hadir di tengah-tengah masyarakat.

Mengasuh layaknya seorang keluarga yang memberikan kepedulian secara penuh terhadap pasien. Layanan ini memiliki tenaga professional yang tidak akan membuat pasien merasa cemas hingga stress berkelanjutan.

Mengasuh seseorang memanglah menjadi hal paling penting dan menuntut kebutuhan fisik. Tetapi, Anda tidak sendiri dengan hadirnya layanan caregiver ini, Perawat HomeCare membantu secara personal serta mengambil peran aktif.

Jadi, jangan biarkan Anda sendiri bingung mengatur perawatan intensif kepada keluarga tersayang. Perawat homercare bukan hanya sekedar perawat, namun juga menjadi teman, kerabat, hingga asisten pribadi yang penuh perhatian.

Selain personal hygiene, asuhan yang diberikan oleh Perawat HomeCare juga beragam. Di antaranya seperti memberi obat, mendampingi aktif, menyiapkan makanan dan minuman, membantu proses mobilisasi, check up, dan banyak lagi.

Anda bisa menghubungi nomor berikut +62 895-03800-997 untuk menggunakan layanan caregiver ini. Perawat HomeCare bersedia membantu datang langsung ke rumah Anda dalam memberi perawatan secara penuh.

Sehingga, pasien akan merasa aman dan nyaman menggunakan layanan Perawat HomeCare. Pentingnya personal hygiene sebagai salah satu aspek terpenting menjaga kebersihan dan perawatan diri terhadap kondisi tubuh.